Cara Membuat Meeting di Google Meet Beserta Fiturnya

08 Sep 2021 by Laruan, Last edit: 08 Sep 2021

Perlu diketahui bahwa saat ini banyak pengguna yang juga menggunakan aplikasi selain Zoom Meeting Cloud, banyak dari pengguna di dunia telah menggunakan aplikasi Google Meet karena terbilang cukup mudah dalam mengaplikasikannya. Aplikasi yang dimiliki Google ini sudah lama ada sebelum pandemi sejak Maret 2017 dengan fungsi utama sebagai aplikasi konferensi video ramah yang diluncurkan resmi sebagai penerus aplikasi Hangouts Meet. Selama masa working from home (WFH), banyak orang ingin mengetahui cara membuat meeting di Google Meet untuk keperluan bekerja.

Google Meet merupakan aplikasi video conference yang bisa digunakan secara gratis melalui browser maupun dengan aplikasi yang ada di smartphone. Google Meet juga menyediakan fitur gratis yang bisa digunakan hingga limit peserta maksimal 100 peserta dengan waktu maksimal 60 menit.

Lalu, bagaimana cara membuat meeting di Google Meet, dan apa saja keuntungan dan kekurangannya yang ada?. Sebelum jauh melangkah, ada baiknya untuk mengetahui fitur-fitur unggulan lain yang dimiliki oleh Google Meet berikut ini:

Cara Membuat Meeting di Google Meet Beserta Fiturnya

Fitur Terbaru pada Google Meet

Ada beberapa fitur yang menjadi unggulan yang terdapat pada aplikasi Google Meet yang tidak ada di aplikasi penyedia konferensi video lainnya yang mana membuat Google Meet menjadi pilihan beberapa pengguna. 

Dan fitur paling baru dari Google Meet yakni fitur efek dan animasi sudah tertanam di dalam aplikasi ini dengan basis Augmented Reality (AR).

Berikut ini beberapa fitur lain yang ada di Google Meet:

1. Cross Domain Live Streaming

Dengan menyiarkan rapat video sebagai live stream, yang mana jika Sobat Pintar mengaktifkan fitur ini untuk akun Sekolah atau perkantoran maka dapat mengizinkan orang di dalam satu organisasi untuk dapat menonton video. Sedangkan untuk limit peserta livestream bisa sampai seratus ribu penonton.

Berikut edisi Google Workspace pada Cross Domain Live Streaming:

  • Enterprise Plus
  • Enterprise Standard
  • Education Plus, hingga
  • Teaching and Learning Upgrade.

2. Google Meet Recording (Rekaman pada Google Meet)

Fitur ini akan dapat digunakan pada pengguna yang memiliki license Student Education Plus, apabila diaktifkan maka pelajar dapat merekam dan membantu mengevaluasi pelajaran di kemudian hari. 

Berikut edisi Google Workspace pada fitur Google Meet Recording:

  • Education Plus yang sebelumnya adalah Google Suite Enterprise for Education

3. Add Caption to Livestreams (memberi penerjemah pada live stream)

Fitur tambahan dari Google Meet yang satu ini tersedia di semua edisi Google Workspace yang mana dapat memudahkan komunikasi penonton pada sesi rapat / konferensi apabila suara tidak bisa terdengar dengan jelas.

4. Admin Setting for Joining Meeting (pengaturan admin dalam mengelola bergabung dalam rapat)

Para pengguna Google Meet juga dapat dengan mudah bergabung hanya dengan panggilan video saja, ataupun akun Gmail dan terkadang juga bisa tanpa menggunakan akun Google untuk dapat memasuki ruang rapat.

5. Fitur Raise Hand (Fitur mengangkat tangan)

Fitur yang dipergunakan untuk tanda memberikan instruksi ‘angkat tangan’ yang mana dapat mempermudah admin dalam menyeleksi pertanyaan yang diajukan.

Untuk mengetahui fitur Raise Hand ini, berikut beberapa perintah yang ada:

  • Peserta rapat yang mengangkat tangan pada fitur Google Meet akan dipindahkan pada grid pertama.
  • Setelah peserta berbicara, maka akan muncul notifikasi untuk menurunkan tangan mereka.
  • Tak hanya peserta saja, moderator juga akan mendapatkan pemberitahuan berapa dan siapa saja yang telah menggunakan fitur Raise Hand.

Keunggulan menggunakan Google Meet

Google Meet menjadi salah satu aplikasi konferensi video online yang sangat populer di dunia karena telah mendapatkan lebih dari 100++ juta lebih pengguna.

Dari banyaknya pengunduh aplikasi Google Meet tersebut pasti ada beberapa alasan kenapa aplikasi ini sangat populer untuk digunakan. Entah keunggulan yang dimilikinya ataupun fitur yang lainnya.

Berikut ini keunggulan dari Google Meet yang menjadi pertimbangan orang untuk mendownload:

  1. Terintegrasi dengan Akun Google secara langsung

Keunggulan paling utama dari Google yakni sistem integrasi penggunaan satu akun yang dapat digunakan untuk berbagai produk Google. Terutama pada penggunaan smartphone berbasis Android yang sangat mendominasi tentunya akan mempermudah dalam menggunakan aplikasi Google Meet. Dengan ini, semua jadwal, link undangan, dan hasil rekaman meeting dapat disimpan dalam satu akun yang sama tanpa harus membuat banyak akun.

  1. User Interface yang sangat Friendly

Disaat Sobat Pintar ingin membuat meeting di Google Meet, salah satu yang menjadikan aplikasi ini sangat populer adalah bilah Menu yang sangat friendly dan sederhana.

Bahkan, untuk pengguna yang baru pertama kali menggunakan aplikasi Google Meet ini dipastikan tidak akan kesulitan untuk membuat ruang meeting.

  1. Aplikasinya terbilang ringan

Melihat dari tampilan yang sangat user friendly ini, menjadikan aplikasi ini sangatlah ringan bahkan ukuran dari aplikasi Google Meet ini hanya sebesar 55,37 megabyte, lebih besar dibandingkan dengan Aplikasi Zoom Cloud Meeting.

Cara Membuat Meeting di Google Meet dengan Mudah 

Untuk membuat meeting di Google Meet masih dibilang lebih mudah dibandingkan dengan aplikasi penyedia meeting lainya, karena pengguna tidak membutuhkan aplikasi untuk membuatnya untuk di komputer/laptop.

  1. Cara Membuat Meeting di Google Meet Melalui Komputer

Berikut cara membuat Meeting di Google Meet melalui komputer/laptop:

  • Gunakan browser, ketikkan di kolom pencarian ‘Google Meet’
  • Login terlebih dahulu menggunakan akun Google Anda.
  • Kemudian Pilih Rapat Baru / New Meeting
Cara Membuat Meeting di Google Meet dengan Mudah 
  • Pilih Mulai Rapat Instan (jika akan langsung rapat) atau buat rapat untuk nanti.
Cara Membuat Meeting di Google Meet dengan Mudah 
  • Copy link URL yang ada lalu bagikan ke peserta
  1. Cara Membuat Meeting di Google Meet Melalui iOS ataupun Android

Google Meet juga tersedia di smartphone baik itu iOS dan Android yang dapat di download secara gratis. Berikut ini cara membuat meeting di Google Meet di iOS ataupun Android:

  • Download terlebih dahulu aplikasi Google Meet melalui Appstore atau Playstore
  • Buka aplikasi Google Meet setelah di Unduh
  • Masuk kedalam Akun Google terlebih dahulu, dan pastikan tidak salah dalam mengisi data akun 
  • Berikan akses izin untuk kamera dan mikrofon terlebih dahulu agar suara dan video dapat bekerja dengan baik
  • Jika sudah memasuki aplikasi Google Meet pada ponsel, pilih menu rapat baru.
  • Kemudian Pilih rapat instan jika ingin langsung mengadakan pertemuan.
  • Lalu bagikan kode link url ke peserta rapat agar dapat memasuki ruangan meeting yang sama.
  • Atau jadwalkan di Google Kalender jika ingin mengatur untuk keesokan hari untuk membuat pertemuan rapat.
  • Jika Sobat Pintar bukan sebagai pembuat acara rapat, tanyakan terlebih dahulu kepada penyelenggara link url agar dapat segera bergabung.

Bagaimana? Cukup mudah kan untuk cara membuat meeting di Google Meet? Apabila Sobat Pintar mengadakan acara rapat dengan peserta melebihi dari seratus orang, Sobat Pintar bisa menggunakan fitur berbayar yang telah disediakan oleh Google Workspace.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
08 Sep 2021
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download