14 Cara membuat Kolam Renang Sendiri, Mudah Kok!

14 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 01 Mar 2022

Pergi ke kolam renang merupakan salah satu cara menghabiskan waktu liburan yang sangat menyenangkan. Jadi tidak heran apabila banyak orang yang pergi ke kolam renang pada hari libur. Nah ini bisa menjadi peluang usaha apabila Anda membangun kolam renang Anda sendiri. Cara membuat kolam renang sendiri cukup rumit dan perlu direncanakan dengan baik.

14 Cara membuat Kolam Renang Sendiri, Mudah Kok!

Selain itu, biaya pembangunan kolam renang juga tidaklah murah. Oleh karena itulah Anda harus merencanakan baik-baik jika ingin membuat sebuah kolam renang. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tahap-tahap cara membuat kolam renang sendiri mulai dari perencanaan sampai jadi.

Baca juga: Milenial Punya Rumah? Intip Tips Dalam Memilih Rumah

Cara Membuat Kolam Renang Sendiri

Ada beberapa tahap dalam membangun kolam renang, jadi bukan cuma sekedar menggali tanah dan mengisinya dengan air. Berikut ini tahap-tahap pembuatan kolam renang yang harus Anda ikuti:

1. Perencanaan Biaya

Dalam pembuatan kolam renang, perencanaan biaya sangatlah penting dan harus benar-benar diperhatikan. Pastikan Anda memiliki budget yang cukup untuk membangun kolam renang sesuai keinginan. Karena sekeren apapun desain kolam renang, apabila budgetnya tidak cukup maka tidak akan terwujud.

Sebagai gambaran, biaya pembuatan kolam renang skimmer berukuran 3m x 7m x 1,5m menghabiskan budget sekitar Rp200 jutaan. Jadi pastikan Anda menyiapkan anggaran yang cukup untuk membangun kolam renang ideal Anda.

2. Pilih Lokasi Kolam

Selain biaya, Anda juga harus menentukan lokasi sebelum membangun kolam renang. Pastikan Anda dan keluarga sudah menyepakati tempat pembuatan kolam renang supaya nantinya tidak terjadi perselisihan.

Untuk pilihan lokasinya sendiri cukup banyak, Anda bisa membuat kolam renang di dalam rumah maupun di luar rumah seperti halaman belakang, samping rumah, depan halaman dan lain sebagainya. Atau bahkan Anda juga bisa membangun kolam renang di atap lantai 2 jika rumah Anda berlantai 2.

14 Cara membuat Kolam Renang Sendiri, Mudah Kok!

Pemilihan lokasi di awal ini sangat penting dan harus dipikirkan dengan matang. Jangan sampai Anda berpikiran untuk mengubah lokasi saat proses pembangunan sedang berlangsung.  

Baca juga: Berapa Biaya Notaris Jual Beli Rumah?

3. Desain Kolam Renang

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah merencanakan desain kolam renang yang ingin Anda buat. Anda harus menentukan desain kolam renang, mulai dari bentuknya, kedalamannya, warna yang diinginkan, dan lain sebagainya. Semakin rumit desain yang Anda buat, semakin tinggi pula biaya yang dibutuhkan.

4. Dapatkan Izin Membangun

Setelah Anda menentukan desain kolam renang, hubungi kontraktor dan ajukan izin pembangunan kolam renang ke Pemerintah Daerah. Selain itu Anda juga harus izin ke ketua RT karena tidak semua RT mengizinkan adanya sebuah kolam renang di lingkungan mereka. Jika kontraktor berpengalaman, mereka bisa mengajukan izin tersebut untuk Anda.

Namun perlu Anda ketahui bahwa di beberapa daerah kolam renang dikenakan pajak tambahan. Anda akan mendapat masalah jika tidak mendaftarkan kolam renang yang Anda buat. Alasannya karena hal tersebut bisa dikatakan sebagai penghindaran pajak.

3. Melakukan Penggalian

Langkah selanjutnya dari cara membuat kolam renang adalah melakukan penggalian. Anda bisa menyewa alat konstruksi yang dibutuhkan (biasanya paling tidak menggunakan satu backhoe-traktor), silahkan gali tempat kolam renang yang telah ditentukan.

Pastikan Anda sudah mendapatkan izin dari pemerintah daerah saat melakukan langkah ini. Karena bisa jadi di tempat tersebut terdapat pipa infrastruktur kota yang tidak diketahui dan tanpa Anda tahu ikut rusak karena penggalian tersebut.

4. Ratakan Tanah

Setelah melakukan penggalian, selanjutnya adalah meratakan tanah di dasar kolam supaya rapi dan pembangunan berjalan lancar nantinya. Buat tanah di dasar kolam serata mungkin supaya dinding dan lantai lebih mudah dibuat.

Ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk meratakan tanah, namun jika Anda ingin lantai yang kedalamannya menurun, Anda memerlukan bantuan dari orang yang sudah berpengalaman membuat lantai menurun.

Baca juga: Pelajari Cara Menghitung Pajak Penjualan Rumah

5. Pasang Rangka Beton Dinding

Setelah Anda meratakan tanah serata mungkin, langkah berikutnya adalah memasang rangka beton dinding. Langkah ini sangat penting untuk dilakukan supaya kolam renang menjadi kokoh dan tahan lama. Pemasangan dimulai dengan memasang rangka kayu dan besi, pastikan dinding kolam rata dan rangka bertemu di setiap sisi.  

6. Pasang Rangkaian Pipa

Cara membuat kolam renang sendiri yang berikutnya adalah memasang rangkaian pipa. Silahkan panggil tukang pipa berpengalaman untuk memasang pemipaan yang dibutuhkan dalam sebuah kolam renang. Disini Anda hanya perlu membuat sistem pasokan dan juga penyaringan yang sesuai dengan peraturan daerah di tempat Anda.

Pastikan Anda memanggil tukang pipa berlisensi dan berpengalaman dalam membangun kolam renang. Karena jika orang tersebut tidak berpengalaman pekerjaan bisa menjadi kacau dan kolam renang Anda gagal dibuat.

7. Pasang Instalasi Listrik

Selanjutnya pekerjaan tukang listrik untuk memasang instalasi listrik yang nantinya digunakan untuk sistem penyaringan dan pencahayaan kolam renang. Disini Anda juga harus menyewa tenaga kerja profesional, karena akan sangat fatal akibatnya jika listrik bertemu dengan air karena instalasinya yang buruk.

8. Tuangkan Beton Lantai

Setelah rangkaian pipa dan juga listrik selesai diterapkan dalam kerangka kolam renang, selanjutnya adalah membuat dinding dan lantai kolam renang menggunakan beton lantai. Jadi silahkan sewa mobil pengaduk semen dan tukang beton lantai untuk mengerjakan bagian ini.

Jangan lupa rapikan dan haluskan semen yang telah dituangkan. Pastikan juga untuk memperhatikan setiap sudut lantai kolam renang apabila Anda membangun kolam renang yang memiliki beberapa variasi kedalaman.

9. Bangun Dinding Kolam

Langkah berikutnya dari cara membuat kolam renang sendiri setelah menuangkan beton adalah membangun atau memasang dinding kolam renang. Dinding kolam renang ini biasanya dibuat menggunakan beton atau bata.

14 Cara membuat Kolam Renang Sendiri, Mudah Kok!

Jika bingung, Anda bisa mendiskusikan tentang keuntungan dari penggunaan bata dan beton dengan kontraktor. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan Anda, pastikan juga bagian atas dinding yang dibuat itu rata dan tingkat ketinggian dari tanah yang ada di sekitarnya cukup.

10. Lapisi Dinding Kolam

Supaya air tidak merembes keluar, kolam renang membutuhkan satu penghalang kelembaban. Untuk mengatasi masalah ini, ada cukup banyak pilihan penghalang yang bisa Anda gunakan.

Silahkan diskusikan dengan kontraktor Anda mana yang paling cocok untuk kolam renang yang Anda buat. Beberapa pilihan yang tersedia diantaranya: keramik, tabung plastik dasar, lapisan semen, dan lapisan plastik semprot.  

11. Isi Bagian Luar Kolam

Langkah berikutnya adalah mengisi bagian luar kolam renang. Bagian luar kolam renang disini maksudnya adalah diluar kolam di belakang dinding kolam renang yang dibuat. Untuk material yang digunakan bisa Anda sesuaikan tergantung tempat dimana Anda tinggal atau kolam tersebut dibuat. Biasanya kontraktor akan mengusulkan pilihan yang termurah dan teraman.

12. Isi Kolam Renang

Setelah kolam renang selesai dibuat, langkah berikutnya adalah mengisi kolam tersebut dengan air sampai penuh. Untuk pengisiannya sendiri tergantung bagaimana sistem pemipaan yang digunakan. Anda bisa mengisi kolam dengan air dari rumah sendiri atau mendatangkan perusahaan pemasok air untuk mengisi kolam tersebut.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
01 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download