Cara Membuat Glaze Donat Berbagai Variasi

19 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 28 Jan 2022

Cara membuat glaze donat merupakan satu hal yang perlu Anda pelajari. Hal ini penting jika Anda punya hobi membuat donat sendiri.

Tapi sebelum mempelajari cara membuat glaze, pastikan Anda pahami dulu arti dari glaze donat ini. Dengan begitu, Anda jadi bisa menyajikan donat dengan tampilan yang lebih menarik.

Anak-anak pun tidak akan bosan dengan donat bertabur gula halus atau donat meses karena donat yang Anda hidangkan jadi lebih bervariasi.

Apa Sebenarnya Glaze Donat Itu?

Glaze adalah salah satu topping khusus untuk donat yang rasanya manis, teksturnya lengket, dan tampilannya mengkilap. Cara membuat glaze donat ini menggunakan bahan utama berupa gula. Tapi glaze coklat jauh lebih populer daripada glaze gula biasa.

Rasa manis dari glaze inilah yang membuat banyak orang menyukai donat dengan topping glaze. Banyak orang bahkan rela tangan mereka menjadi lengket demi bisa menikmati rasa nikmat dari kudapan yang satu ini.

Saat ini banyak toko menyediakan glaze instan yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik donat buatan Anda. Tapi sebenarnya Anda juga bisa membuat sendiri glaze donat dengan menggunakan bahan-bahan yang sangat sederhana.

Cara Membuat Glaze Donat Gula Biasa

Glaze tersedia dalam berbagai pilihan. Semua glaze tersebut mempunyai rasa manis tapi dengan tambahan rasa lain. Misalnya ada glaze coklat, glaze tiramisu, glaze matcha, dan sebagainya. Sebelum membuat berbagai jenis glaze, pelajari dulu resep dasar glaze gula. Berikut ini bahan yang diperlukan.

  • 2 cup gula bubuk.
  • ¼ cup susu.
  • 1 sendok teh vanilla.

Bahan yang dibutuhkan sangat sederhana. Tidak hanya itu saja, proses pembuatan glaze donat pun sangat mudah dan tidak memerlukan proses yang sangat panjang. Ikuti cara membuat glaze donat berikut ini.

  1. Kocok tiga bahan diatas hingga benar-benar halus dan semuanya tercampur rata.
  2. Celupkan donat yang suhunya hangat (bukan donat yang masih panas dan baru saja digoreng) ke dalam larutan glaze gula. Pastikan untuk melapisi semua sisi donat dengan glaze gula buatan Anda.
  3. Dalam waktu kurang lebih 20 menit, lapisan glaze di sekeliling donat akan mengeras dan sudah siap untuk dinikmati.

Resep yang sangat mudah untuk diikuti ini adalah resep standar pembuatan glaze yang asli. Selain mengikuti resep ini, Anda bisa mengikuti beberapa cara lain untuk membuat glaze donat yang lebih bervariasi. Temukan cara membuat glaze donat yang lainnya di bawah ini.

Baca juga: Mengenal Holding Company Beserta Contoh Perusahaannya

Menciptakan Topping Glaze Donat Tiramisu

Toping tiramisu adalah toping favorit banyak penggemar donat. Kalau Anda atau ada anggota keluarga yang juga menyukai toping ini, Anda bisa membuat glaze tiramisu sendiri. Hanya dibutuhkan tiga bahan ini untuk membuat glaze tiramisu:

  • 200 gram coklat putih.
  • Bubuk kopi instan sesuai selera.
  • Gula halus sesuai selera.

Setelah semua bahan sudah siap di atas meja, beberapa langkah mudah yang perlu Anda ikuti dalam membuat glaze tiramisu adalah:

  1. Memanaskan coklat putih di wadah yang diletakkan di air mendidih. Panaskan coklat putih hingga coklat meleleh. Lalu matikan kompor dan tuangkan coklat putih yang sudah meleleh ke wadah yang lebih besar.
  2. Cara membuat glaze donat berikutnya adalah mencampurkan gula halus dengan bubuk kopi instan ke wadah lainnya. Campuran bahan kering ini akan menjadi taburan untuk glaze donat Anda.
  3. Celupkan donat ke coklat putih yang sudah dilelehkan lalu taburi dengan campuran bubuk kopi di bagian atas donat. Donat Anda sudah siap untuk dihidangkan.

Rasa manis yang berasal dari coklat putih akan semakin mantap dan nikmat ketika bertemu dengan rasa kopi yang agak pahit tapi mampu memanjakan lidah. Nikmati donat bertopping glaze tiramisu ini bersama secangkir cappuccino atau segelas kopi hitam.

Glaze Coklat Toping Nikmat untuk Donat

Toping glaze yang satu ini sangat sederhana tapi penikmatnya sangat banyak. Rasa coklat yang dihasilkan membuat donat bertekstur lembut buatan Anda terasa lebih nikmat. Sebelum mempelajari cara membuat glaze donat coklat, siapkan dulu empat bahan berikut ini.

  • 500 gram coklat batang.
  • 1 sendok makan margarin.
  • 2 sendok makan madu.
  • 50 gram susu segar.

Kalau semua bahan sudah tersedia dan siap untuk digunakan, Anda bisa mengikuti instruksi pembuatan toping glaze coklat berikut ini.

  1. Rebus susu segar sampai mendidih. Sambil menunggu, potong-potong coklat batang agar bisa meleleh dengan lebih cepat. Setelah susu mendidih, masukkan coklat batang, margarin, dan madu.
  2. Aduk campuran glaze sampai semuanya tercampur merata lalu matikan kompor. Tuangkan glaze coklat buatan Anda ini ke dalam wadah.

Setelah mengikuti cara membuat glaze donat rasa coklat ini, siapkan donat yang sudah Anda buat sebelumnya. Kemudian celupkan donat buatan Anda ke dalam glaze. Sajikan sebagai kudapan sore bersama secangkir teh hangat.

Baca juga: Cara Mengaktifkan WhatsApp dengan Nomor yang Hilang atau Hangus

Donat dengan Toping Glaze Matcha yang Menarik

Beberapa orang tidak terlalu suka dengan rasa matcha tapi beberapa orang lainnya jatuh hati pada matcha. Bagi para pecinta matcha, donat yang terbaik adalah yang dilapisi oleh glaze matcha. Kalau Anda merupakan pecinta matcha, siapkan beberapa bahan berikut ini:

  • 210 gram gula bubuk.
  • 1 sendok teh matcha.
  • 2 sampai 3 sendok makan air panas.

Ketiga bahan tersebut adalah semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat toping glaze matcha. Cara membuat glaze donat matcha adalah:

  1. Campurkan air panas, matcha, serta gula halus sampai mengental. Kalau glaze matcha Anda terlalu cair, tambahkan tepung gula. Tapi kalau glaze tersebut terlalu kental, tambahkan air panas.
  2. Glaze matcha sudah siap untuk digunakan, cukup celupkan donat dingin ke glaze matcha buatan Anda lalu tunggu sampai mengeras.

Agar lebih mudah untuk dinikmati, glaze biasanya hanya digunakan untuk melapisi bagian atas donat dan bukan seluruh bagian donat. Anda boleh memilih untuk melapisi donat di bagian manapun yang Anda inginkan. Pastikan adonan glaze mempunyai kekentalan yang tepat agar tidak mudah meleleh.

Baca juga: Tips Aman Jual Beli HP Bekas Online

Cara Membuat Glaze Donat dan Menyajikannya

Glaze donat akan membuat tampilan donat buatan sendiri tampak jauh lebih menggiurkan. Sayangnya, ada yang mengeluhkan glaze donat yang meleleh atau mencair. Hal ini tentu akan merusak penampilan donat Anda. Agar glaze donat tidak meleleh, ada tips yang sebaiknya Anda lakukan.

  • Hindari menghias donat ketika masih panas. Dinginkan donat terlebih dahulu agar toping glaze Anda tidak mencair saat donat dicelupkan ke cairan glaze.
  • Celupkan donat ke dalam glaze menjelang disajikan. Hal ini sangat penting untuk dilakukan apalagi jika donat yang akan dihidangkan jumlahnya banyak. Dengan melakukan hal ini, donat Anda akan tetap renyah dan tampil cantik karena glaze belum meleleh.

Setelah memahami cara membuat glaze donat, Anda perlu segera merealisasikan rencana ini. Dapatkan modal untuk membeli bahan glaze dari aplikasi Kredit Pintar. Aplikasi solusi keuangan ini sangat aman untuk digunakan karena berada di bawah pengawasan OJK Indonesia.Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
28 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download