Cara Mengaktifkan WhatsApp dengan Nomor yang Hilang atau Hangus

13 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 17 Jan 2022

Di artikel kali ini, kita akan bagikan cara mengaktifkan whatsapp dengan nomor yang hilang atau hangus. Beberapa dari kamu pasti pernah mengalami, dimana kita mengaktifkan aplikasi whatsapp dengan menggunakan nomor hape yang sudah lama dan jarang dipakai. Kecuali hanya untuk nomor WA itu saja.

Nah, karena kadang kita menggunakan nomor yang berbeda untuk WA dan untuk nomor paket data internet, jadi kita lupa tidak pernah mengisi pulsa nomor lama tersebut. Alhasil, masa aktif dari nomor tersebut tak sengaja hangus. Atau mungkin malah kartunya sudah hilang? Lumrah lah ya kalau udah ada yang baru yang lama dilupain. Hehe.

Terus, tiba-tiba hape kita rusak  sehingga mengharuskan kita untuk ganti hape baru. Nah, bingung kan jadinya? Gimana kita bisa mengaktifkan whatsapp dengan nomor lama tersebut? Sedangkan nomornya sudah hangus masa aktifnya, atau hilang. 

Kalau mau ganti nomor WA baru, sayang banget kan! Karena nomor tersebut sudah terlanjur menyebar ke seluruh teman, sahabat, keluarga, atau bahkan tak sengaja sudah jadi nomor bisnis. Bisa hancur bisnis kita kalau nomor yang diketahui oleh para kolega itu kemudian tidak bisa lagi dihubungi.

Okay, tenang saja! Kita akan bantu kamu. Coba saja dengan trik atau cara mengaktifkan whatsapp dengan nomor yang hilang atau hangus yang akan kita ulas di artikel kali ini.

Cara Mengaktifkan Whatsapp Dengan Nomor Yang Hilang atau Hangus

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan whatsapp dengan nomor lama yang hangus, atau hilang.

  1. Hubungi Pusat Bantuan Resmi Whatsapp

Ini adalah cara pertama untuk mengaktifkan kembali akun whatsappmu dengan nomor lama.Kalau kamu berpikiran akan bisa mengaktifkan whatsapp dengan nomor tersebut sendiri, jawabannya adalah tidak mungkin. Karena nomor telepon itu ibarat identitas akun whatsapp mu. Jika identitas itu hilang, maka tidak ada yang bisa kamu lakukan kecuali meminta bantuan dari pihak aplikasi whatsapp.

Ketika kita akan login untuk mengaktifkan kembali whatsapp menggunakan sebuah nomor yang kita miliki, tentu sistem whatsapp akan mengirimkan kode verifikasi sms ke nomor yang kalian daftarkan tersebut. Nah, ketika kita sudah tidak memiliki akses ke nomor itu, tentu akan sulit untuk mengaktifkan nomor whatsapp yang dimaksud. Maka disinilah peran penting dari pusat bantuan whatsapp.

Umumnya mereka akan memberikan beberapa syarat yang harus dipenuhi agar kamu bisa mendapatkan akses kembali ke akun dengan nomor whatsapp yang hilang atau sudah habis masa aktifnya tersebut.

Oke, berikut ini adalah cara meminta bantuan customer service whatsapp untuk memulihkan nomormu.

  • Buka browser yang ada di perangkatmu
  • Buka website resmi whatsapp
  • Pergi ke tampilan menu kontak
  • Nah, kemudian kamu akan diarahkan menuju ke laman Dukungan Whatsapp Messenger
  • Pada menu tersebut, cari dan pilih pada opsi Hubungi Kami. Ini adalah panel khusus untuk pengguna whatsapp yang memiliki masalah terkait akun  whatsapp nya.
  • Biasanya, setelah itu kamu akan diberi pilihan yang mana kamu harus memilih salah satu pada pilihan perangkat yang saat ini kamu gunakan.
  • Setelah kamu memilih jenis perangkat, kemudian kamu akan secara otomatis diarahkan ke lama pengiriman email
  • Silahkan kamu tuliskan masalah yang terjadi pada akunmu, yaitu mintalah bantuan untuk mengaktifkan kembali whatsapp dengan nomor yang telah hilang, atau hangus
  • Pada penulisan email ini, kamu bisa menggunakan dua versi bahasa yaitu bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Kalau kamu pakai bahasa Indonesia, usahakan pakai bahasa resmi, jangan pakai “lu, gua, lu, gua
  • Karena jika emailmu diteruskan ke pusat kantor whatsapp maka tulisan tersebut bisa diterjemahkan otomatis ke bahasa Inggris dengan benar tanpa ada kekeliruan arti.
  • Baca kembali pesan email yang kamu tuliskan tadi. Pastikan kamu minta bantuan pada CS WA untuk bisa menyelesaikan masalah verifikasi akun whatsapp mu.
  • Setelah itu, kirim emailmu.
  • Tunggu hingga ada balasan dari tim WA yang akan langsung masuk ke kotak masuk atau inbox di emailmu.
  1. Hubungi Pusat Bantuan Resmi Whatsapp

Cara kedua untuk mengaktifkan whatsapp kembali dengan nomor lama yang sudah hilang atau rusak adalah dengan melakukan aktivasi ulang melalui gerai resmi dari provider yang kamu gunakan. Jika kamu pengguna nomor seluler dari provider besar tentu tidak akan terlalu kebingungan, karena biasanya mereka memiliki cabang di seluruh pusat kota yang ada di Indonesia.

Masalahnya adalah jika kamu menggunakan nomor yang tidak memiliki banyak cabang gerai, atau tidak semua kota ada kantor cabangnya. Tentu kamu harus rela meluangkan waktu dan menempuh jarak yang jauh demi melakukan pengaktifan ulang nomor telepon seluler yang kamu gunakan tersebut.

Jika nomor itu sudah di aktivasi ulang, dan kamu sudah bisa mengakses kembali nomor tersebut, sekarang tinggal daftarkan kembali nomornya, dan kode verifikasi akan bisa terkirim tidak seperti sebelumnya.

Sekarang, jika kamu mau mencoba alternatif cara mengaktifkan whatsapp dengan opsi kedua ini. Sebelumnya persiapkan dulu beberapa hal yang ada di bawah ini. Jangan sampai kamu harus putar balik, karena persyaratan aktivasi ulang belum lengkap.

  • Cari alamat yang jelas dan benar dari gerai operator seluler terdekat yang ada di kotamu.
  • Pastikan kamu membawa kartu identitas seperti KTP.
  • Lebih baik jika sebelumnya kamu sudah menyiapkan juga fotocopy KTP yang akan digunakan untuk aktivasi ulang.
  • Biasanya, pihak operator akan meminta surat kehilangan dari kepolisian untuk aktifasi ulang kartu nomor yang hilang.
  • Jika alasan aktivasi ulang karena masa aktifnya habis, kamu tinggal pergi ke gerai membawa kartu fisik dari nomor telepon tersebut.
  • Sampi di gerai, jelaskan masalahmu pada CS. Nantinya kamu akan langsung diberi form pendaftaran jika persyaratan sudah semua dilengkapi.
  • Tunggu hingga pihak gerai memproses request atau permintaan aktivasi ulang kartu nomor teleponmu.
  • Biasanya, akan ada syarat khusus untuk melakukan aktivasi ulang seperti nomor yang akan berubah menjadi program pascabayar (INDOSAT) dan lain sebagainya.
  • Siapkan juga beberapa uang tunai untuk tarif atau biaya aktivasi ulang.
  • Selesai, kini nomor kamu sudah berhasil aktif kembali

Okay! Sepertinya sudah cukup jelas cara mengaktifkan whatsapp dengan nomor yang telah hilang atau hangus masa aktifnya di artikel kali ini. Semoga berhasil ya! Nah, agar tidak terjadi lagi hal yang serupa alangkah baiknya jika kamu cek secara berkala masa aktif dari nomor yang digunakan untuk akun whatsapp tersebut. Kalau masalah kartu yang hilang sih, gak ada cara lain untuk mengantisipasi kecuali kamu harus lebih berhati-hati lagi.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
17 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download