Cara Membuat Corndog untuk Cemilan Keluarga

14 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 25 Jan 2022

Cara membuat corndog sebenarnya cukup mudah dan simpel, apalagi bahannya juga tidak susah didapatkan. Asalkan ada kemauan untuk membuatnya semua bisa jadi makin mudah.

Corndog merupakan salah satu makanan yang populer karena sering muncul di berbagai drama Korea. Salah satunya adalah drama Korea Startup yang cukup viral beberapa waktu lalu.

Han Ji Pyeong salah satu tokoh yang berhasil menyedot perhatian para penggemar drakor. Selain karena ketampanannya, karakter yang oke, juga makanan yang gemar ia santap. Corndog merupakan sebutan makanan yang menjadi favorit Han Ji Pyeong.

Berkat hal tersebut, apalagi di Indonesia banyak sekali penggemar drama Korea membuat makanan ini sukses di pasaran. Bukan hanya sebagai suatu santapan untuk dinikmati, tapi beberapa sampai berhasil membuatnya menjadi ladang bisnis.

Baca juga: Inspirasi 5 Pengusaha Sukses yang merintis Usahanya

Asal Mula Corndog, Ternyata Makanan dari Barat

Meski makanan ini populer berkat drama Korea, namun ternyata corndog sebenarnya bukan dari Korea Selatan. Pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat oleh para pendatang dari wilayah Jerman.

Namun demikian corndog tidak lantas populer begitu saja di Amerika Serikat saat itu. Beberapa mengklaim bahwa kontribusi yang memviralkan corndog antara lain adalah Carl dan Neil Fletcher.

Mereka menjual makanan tersebut di dalam festival tahunan Texas antara tahun 1938 sampai 1942. Sebenarnya corndog merupakan sosis yang berlapis adonan tepung jagung. Kemudian disajikan menggunakan semacam stik.

Di AS sendiri, corndog menjadi salah satu makanan ringan yang merakyat dan kerap menjadi jajanan pinggir jalan atau acara festival. Ada berbagai variasi corndog yang sering dijajakan, seperti corndog isi keju mozarella, corndog berlapis kentang dan sebagainya.

Sama dengan unsur kebudayaan lain, Korea Selatan mengadopsi corndog untuk jajanannya. Namun corndog asal Korea memiliki ciri khas tersendiri karena sosis yang dimasak tidak berlumur tepung jagung.

Para penjual makanan di Korea menggunakan tepung dan air saja untuk melapisi sosisnya. Kemudian menambahkan stik kentang hingga mie ramen sebagai toping. Kesamaannya dengan AS yakni sama-sama diletakkan pada stik untuk penyajiannya.

Baca Juga: Uang Koin Kuno yang Paling Dicari Kolektor Harga Tinggi

Resep dan Cara Membuat Corndog Mudah

Apakah Anda juga termasuk salah satu penggemar drakor yang ingin mencicipi makanan lezat ini? Tenang saja, tidak perlu jauh-jauh pergi ke Korea Selatan untuk mencobanya.

Di Indonesia sendiri sudah banyak penjual corndog yang rasanya juga tidak kalah nikmat dengan yang di Korea Selatan. Penjualnya juga bervariasi mulai dari dijajakan ala kaki lima hingga kafe berkelas.

Namun demikian, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah. Berikut ini adalah resep dan cara membuat corndog yang bisa ditiru. Selain mudah, bahannya juga praktis, bahkan bisa jadi ide jualan kalau mau.

1. Bahan untuk Adonan

Sebelumnya persiapkan beberapa bahan untuk membuat adonannya. Nah, resep ini merupakan cara membuat corndog ala Korea Selatan.

  • Air bersuhu hangat 1 gelas;
  • Gula 2 sendok makan;
  • Ragi Fermipan (dry yeast) 2 sendok teh;
  • Garam setengah sendok teh;
  • tepung serba guna kira-kira 1,75 gram.

Persiapkan bahan-bahan tersebut sebelum ke proses membuatnya, sehingga lebih mudah dan tidak ribet.

2. Siapkan Bahan Isian dan Topping

Sebenarnya untuk isian bisa bervariasi tergantung selera. Misalnya pakai isian sosis, keju melted, coklat, atau yang lainnya. Namun kali ini kami akan membagikan bahan untuk isian sosis dengan toping kentang.

  • Siapkan sosis dengan jumlah menyesuaikan. Namun untuk adonan di atas bisa dipakai kira-kira 4 buah sosis;
  • Gunakan 4 buah stik atau menyesuaikan dengan jumlah sosisnya. Bisa pakai tusuk sate;
  • ½ kg kentang, dan potong-potong kecil dan rendam dengan air dingin. Boleh pakai stik kentang kemasan frozen food jika tidak mau ribet;
  • 2 sendok makan tepung serba guna
  • Setengah gelas tepung roti;
  • Minyak goreng secukupnya;
  • Mayonnaise, saus tomat, gula halus, atau mustard, sesuai selera untuk finishing.

3. Cara Membuat Corndog Mulai dari Adonannya

Berikut beberapa langkah dalam membuat adonan corndog setelah mempersiapkan beberapa bahan sebelumnya.

  • Campurkan gula dan air hangat kemudian aduk hingga rata;
  • Masukkan instan kering, lalu biarkan tercampur dengan air dan gula yang larut tadi;
  • Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil mengaduknya dengan alat masak kayu sekitar 2 menitan. Pastikan adonan benar-benar tercampur dengan halus dan tidak ada gumpalan sama sekali;
  • Kemudian tutup adonan serta biarkan sampai mengembang, kira-kira 1 jam.

4. Cara Membuat Corndog dengan Memadukan Isian dan Topingnya

Setelah proses pembuatan adonan selesai, maka selanjutnya adalah proses memadukan isian dan topping. Setelahnya corndog siap disantap.

  • Didihkan air, kemudian masukkan kentang yang sudah tiris (untuk kentang dipotong-potong). Jika memakai stik kentang frozen food tidak perlu merebusnya terlebih dahulu;
  • Angkat kentang dan tiriskan, bilas pakai air dingin yang mengalir;
  • Tiriskan kentang sampai benar-benar mengering, bisa pakai paper towel atau tisu makan;
  • Masukkan kentang ke dalam mangkuk dan campur dengan 2 sendok teh tepung;
  • Selanjutnya silakan menusuk sosis dengan tusuk sate yang sudah Anda siapkan sebelumnya;
  • Panaskan minyak goreng di wajan, kira-kira bisa membuat corndog tercelup;
  • Kemudian lapisi sosis tusuk dengan adonan yang sudah dibuat tadi secara merata. Putar sampai sosis tidak terlihat lagi alias tertutup adonan;
  • Silakan menggulingkan sosis berlapis adonan tersebut ke atas irisan kentang. Bisa juga dengan menempelkan memakai tangan agar tidak ada bagian terlewatkan;
  • Selanjutnya gulingkan sosis di dalam adonan tepung roti yang sudah disiapkan sebelumnya;
  • Goreng ke dalam minyak yang sudah panas di wajan tadi hingga warnanya berubah kecoklatan. Kira-kira sekitar 5-7 menitan;
  • Angkat lalu tiriskan. Tambahkan saus, mayonnaise, gula halus atau mustard untuk finishing. Bisa juga memadukan semuanya sesuai selera saja.

Baca juga: 6 + Tips Menggunakan Pinjaman Uang Online dengan Aman

Corndog, Cemilan yang Semakin Populer Karena Drama Korea Startup

Meski sudah ada sejak dahulu, namun kepopuleran makanan ini semakin viral saat kemunculan drama Korea Startup. Nenek Seo Dal-mi menjadi penjual corndog dan menggiring cinta segitiga.

Corndog menjadi makanan favorit Han Ji Pyeong di masa kecil karena berbagai kisah yang mengiringinya. Corndog kerap menjadi makanan kaki lima Korea Selatan. Yang membuatnya menarik adalah karena ada isian keju melted yang nikmat ketika orang memakannya.

Namun kekuatan karakter Han Ji Pyeong dan ketampanannya membuat makanan ini jadi populer. Para penggemar drakor menjadi tergiur ingin menikmati jajanan tersebut.

Dalam drama Startup nenek Seo Dal-mi menjual corndog di dalam suatu truk berwarna kuning. Saus tomat kerap terlihat menjadi teman santap corndog oleh Han Ji Pyeong.

Apakah Anda sudah nonton Startup dan mencoba corndog? Jika belum tidak usah khawatir, resep di atas bisa Anda coba sendiri di rumah. Cara membuat corndog simpel dan praktis dengan bahan mudah.

Bisa juga menggunakannya sebagai ide jualan untuk memulai bisnis makanan. Butuh modal untuk itu? Gampang ajukan pinjaman online aman dan tanpa ribet di Kredit Pintar. Perusahaan fintech digital yang akan bantu berikan solusi cerdas dan aman.

Demikian informasi terkait cara membuat corndog praktis dan mudah. Apakah tertarik membuatnya?Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
25 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download