Cara Membuat ATM Mandiri, Solusi Setiap Kebutuhan

10 Aug 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 15 Aug 2022

ATM Mandiri adalah layanan yang dihadirkan Bank Mandiri untuk mempermudah pengguna dalam melakukan transaksi. Cara membuat ATM Mandiri juga gampang. Anda bisa datang ke kantor bank Mandiri terdekat. Proses registrasi dan cetak kartu ATM sangat singkat, hampir selalu dibawah 30 menit. 

Cara Membuat ATM Mandiri, Solusi Setiap Kebutuhan Anda

ATM Mandiri adalah solusi bagi anda yang menginginkan kecepatan dan efisiensi dalam transaksi keuangan di mana saja. Menyimpan uang di rekening dan mengontrolnya dengan ATM adalah pilihan terbaik untuk menghindari pencurian atau kehilangan uang. Dengan ATM Mandiri, proses pembayaran, tracking cash flow, hingga pengecekan tabungan yang anda miliki akan semakin mudah dilakukan. 

Sejarah kartu ATM

Kartu ATM merupakan kartu yang dilengkapi cip canggih berupa logam elektrik berisi data perbankan nasabah. Kartu ATM hanya bisa digunakan untuk melakukan transaksi perbankan melalaui mesin ATM. Kartu ATM juga hanya bisa digunakan oleh orang yang mengetahui 6 digit sandi yang didaftarkan atas sebuah kartu sebagai upaya pengamanan tingkat tinggi. 

Dari segi komponennya, mesin dan kartu ATM terdiri dari dua bagian yaitu perangkat keras dan perangkat lunak yang memungkinkan terjadinya pemrosesan transaksi. ATM selalu membutuhkan konektivitas jaringan internet untuk menjalankan intelligence system yang jadi bagian penting pada sebuah mesin ATM. 

Konsep ATM pertama kali diperkenalkan di London pada tahun 1967. Versi yang lebih canggih hadir di Amerika pada tahun 1970 sebagai wujud inovasi ATM London. 

Di Indonesia sendiri, ATM pertama kali digunakan pada tahun 1986. Bank Niaga dan Bank Hong Kong merupakan dua bank pertama di Indonesia yang memakai teknologi tersebut. Pada awal kemunculannya, transaksi melalui ATM sangat dibatasi. 

Saat itu, penggunaan ATM hanya bisa dilakukan dalam satu bank dan hanya menerima pembayaran giro. Pada tahun 1990,fungsi dan unit ATM meningkat pesat di Indonesia. Hal itu dipicu dengan kemunculan berbagai bank-bank swasta di dalam negeri.

Mesin ATM kini tersedia di berbagai tempat mulai dari supermarket, pertokoan, gerai-gerai pinggir jalan, dan tentu saja di kantor perbankan itu sendiri. Fungsi ATM kini jadi semakin penting dan merakyat sebab pemerintah Indonesia juga kerap menyalurkan berbagai bantuan sosial dan dana subsidi langsung kepada masyarakat melalui perantara jasa perbankan. 

Fungsi ATM Dalam Kehidupan Sehari-hari

Cara Membuat ATM Mandiri, Solusi Setiap Kebutuhan Anda

Pada awalnya, ATM digunakan untuk mempermudah pembayaran dan pengambilan uang dengan jumlah yang sangat terbatas. Kini ATM telah mengembangkan beragam fungsi yang akan mempermudah mobilisasi dan kebutuhan pengguna. Salah satu bank dengan jasa layanan ATM yang baik dan sudah banyak dipercaya masyarakat adalah bank Mandiri. 

Cara membuat ATM Mandiri yang sangat mudah juga mempengaruhi penerimaan publik terhadap layanan Bank Mandiri yang satu ini. Hal itu membuat semakin banyak masyarakat yang melek teknologi perbankan. Pengguna kartu ATM Bank Mandiri kini tersebar rata di tengah masyarakat kota hingga pedesaan. 

Terdapat banyak sekali manfaat dari penggunaan kartu ATM Mandiri dan jenis lain, diantaranya:

1. Mempermudah transaksi perbankan jadi lebih cepat dan efisien. 

2. Tidak perlu mengantri dan datang ke kantor bank, anda bisa melakukan penarikan, pengiriman, dan  cek uang dimana saja dan kapan saja. 

3. Mempermudah pembayaran berbagai pembelian barang dan jasa. 

4. Mempermudah pemeriksaan rekening koran dan riwayat perbankan lainnya. 

5. Lebih mudah dalam mengakses berbagai promosi, permainan, dan sumbangan ke badan amal. 

Baca Juga: Jenis-jenis Kartu ATM BCA, Cara Membuat dan Limit Transaksi

Cara Membuat ATM Mandiri

Ketika Anda memutuskan bergabung sebagai nasabah Bank Mandiri, maka anda akan mendapatkan buku rekening dan kartu ATM di awal pendaftaran. Bagi nasabah dengan jenis tabungan giro, anda hanya akan memperoleh buku tabungan karena tidak ada fasilitas ATM untuk jenis rekening tersebut. Namun, beberapa kondisi bisa saja terjadi sehingga anda mesti mengurus lagi kartu ATM Mandiri anda. 

Dengan memperhitungkan fungsi dan daya guna yang sangat beragam, sangatlah wajar bila penggunaan kartu ATM Bank Mandiri kini telah membudaya di tengah masyarakat kita. Cara membuat ATM Mandiri tidak rumit dan semua berjalan mudah dengan bantuan tenaga profesional yang siaga di seluruh kantor layanan Bank Mandiri. 

Syarat-syarat utama yang penting dalam cara membuat ATM Mandiri adalah:

1. Pastikan anda adalah nasabah bank Mandiri yang dibuktikan dengan kepemilikan buku tabungan atau rekening bank Mandiri aktif. 

2. Kartu tanda penduduk yang masih aktif. 

3. Nomor pokok wajib pajak (NPWP) 

4. Untuk pembukaan rekening baru, anda harus menyerahkan setoran awal sebesar Rp. 500 ribu yang akan dikembalikan dalam bentuk saldo rekening. 

Setelah semua data yang anda miliki lengkap dan aktif, segera datang ke kantor Bank Mandiri terdekat. Anda mungkin harus menunggu antrian. Setelah giliran Anda tiba, anda dapat segera mengkomunikasikan kepada petugas customer service bank Mandiri perihal maksud kedatangan anda. 

Cara membuat ATM Mandiri sangat mudah jika persyaratan yang lengkap dan sesuai. Pembuatan ATM baru akan berlangsung tak lebih dari 30 menit. Petugas juga akan mengarahkan anda untuk membuat pin untuk kartu ATM yang baru. Selain itu, anda mungkin akan diminta membayar biaya registrasi sesuai ketetapan bank Mandiri. Setelah kartu tercetak, ATM sudah bisa segera digunakan untuk mendukung kebutuhan Anda. 

Kelebihan Menggunakan ATM Bank Mandiri

Bank Mandiri adalah salah satu penyedia jasa keuangan terpercaya. Program yang mereka sediakan diperuntukkan sepenuhnya buat mempermudah para nasabah. ATM Mandiri merupakan salah satu wujud loyalitas Bank Mandiri untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dengan manfaat yang meliputi:

1. Akses Bank Mandiri mudah karena gerai ATM dan kantornya tersebar di seluruh Indonesia. 

2. Keselamatan diri dan tabungan nasabah sangat terjamin karena ATM Bank Mandiri dilengkapi teknologi canggih. 

3. Mempermudah kebutuhan transaksi belanja, hingga premi asuransi. 

4. Banyak bonus, layanan istimewa, dan program loyal buat nasabah. 

5. Bank Mandiri punya layanan lengkap dan variatif yang bisa memaksimalkan pengelolaan tabungan dan aset usaha. 

Baca Juga: Syarat Pinjaman KUR BRI Mikro, Kecil, dan TKI

Demikianlah informasi seputar benefit dan persiapan yang harus anda lakukan sebagai cara membuat ATM Mandiri. Cara ini akan membantu jika kartu ATM Mandiri yang Anda miliki sebelumnya hilang atau rusak sehingga harus mengurusnya lagi.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam pengajuan pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapat informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
15 Aug 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download