7 Cara Mahasiswa Mendapatkan Uang Penghasilan Sendiri

22 Dec 2022 by kreditpintar, Last edit: 27 Dec 2022

Cara mahasiswa mendapatkan uang berikut ini bisa Anda terapkan jika memang Anda seorang mahasiswa dan ingin mendapatkan penghasilan sendiri. Mahasiswa merupakan seseorang yang tengah menuntut ilmu di tingkat pendidikan tinggi seperti universitas, akademi, politeknik, sekolah tinggi, hingga universitas baik negeri maupun swasta.

Seorang mahasiswa biasanya berusia 18 tahun hingga 25 tahun bahkan lebih dari angka tersebut. Para mahasiswa biasanya akan lebih fokus untuk belajar agar bisa lulus tepat waktu serta mendapatkan gelar yang diinginkan. Dengan begitu maka segala ilmu yang diperoleh saat masih kuliah bisa dijadikan modal untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan jurusan yang diambil dan diimpikan.

Bagi mahasiswa yang benar-benar serius dalam belajar tentunya ia juga akan mendapatkan berbagai manfaat yang pastinya berguna untuk dirinya sendiri maupun untuk orang disekitarnya. Selain itu, ia pun tak akan rugi telah membayar segala biaya kuliah yang pastinya mahal karena telah mendapatkan ilmu yang benar-benar bermanfaat.

Baca juga: 7 Ide Kerajinan Tangan yang Menghasilkan Uang

Beberapa Cara Mahasiswa Mendapatkan Uang

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, selama menjalani kuliah mahasiswa memang harus membayar berbagai rincian biaya kuliah, sama seperti saat masa SMA. Namun yang membedakan umumnya biaya kuliah jauh lebih mahal daripada biaya SMA.

Karena itulah para mahasiswa yang berasal dari golongan kurang mampu memilih untuk hidup lebih hemat agar tetap bisa membayar biaya kuliah. Belum lagi para mahasiswa terkenal sebagai anak kos yang mana kebanyakan juga harus berhemat serta hidup sederhana.

Membayar uang kuliah tentu juga menjadi beban yang lumayan bagi mahasiswa maupun orang tuanya. Orang tua harus rela bekerja keras demi mendapatkan uang untuk membayar biaya pendidikan anaknya dan sang anak harus hidup lebih hemat agar tidak semakin membebani orang tua.

Karena itu pun tak heran jika kini banyak mahasiswa yang memilih untuk mencari cara bagaimana mendapatkan uang sendiri. Uang yang didapatkan sendiri tentunya bisa berguna untuk berbagai hal.

Misal membayar uang kuliah, bayar kos, membeli buku, biaya makan sehari-hari, bahkan bisa dikirimkan untuk orang tua di rumah. Dengan begitu, maka beban orang tua akan menjadi lebih ringan dan kebutuhan diri sendiri bisa terpenuhi.

Namun sayangnya, beberapa orang mungkin masih belum tahu bagaimana cara mahasiswa mendapatkan uang sendiri. Akhirnya pun mereka tidak bisa mencoba apalagi mengingat berbagai perusahaan tidak bisa menerima calon pekerja yang masih kuliah.

Baca juga: Aplikasi penghasil uang halal, Mana yang Paling Direkomendasikan?

Namun, sebenarnya terdapat banyak cara yang bisa dilakukan oleh para mahasiswa untuk mendapatkan penghasilan. Untuk Anda yang ingin tahu, berikut adalah beberapa caranya:

1. Menjadi Asisten Dosen

Cara mahasiswa mendapatkan uang pertama yang paling dekat dengan kehidupan perkuliahan yaitu dengan menjadi asisten dosen. Biasanya setiap tahun dosen akan mencari salah satu mahasiswa untuk menjadi asisten dosen, Anda pun bisa memanfaatkan peluang tersebut.

Menjadi asisten dosen berarti Anda akan menggantikan beberapa tugas dosen. Misalnya mengajar disaat-saat tertentu, mengajar praktikum, hingga memeriksa tugas dari adik tingkat.

Dengan menjadi asisten dosen maka Anda akan mendapatkan pesangon dari dosen yang tentunya lumayan untuk pemasukan dan bisa digunakan untuk keperluan penting lainnya. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan pengalaman menjadi dosen sehingga bisa membuka peluang Anda untuk turut menjadi dosen pula.

2. Mengikuti Berbagai Lomba

Selama berkuliah akan terdapat banyak sekali kompetisi yang bisa diikuti, baik tingkat nasional maupun internasional.

Biasanya jika terdapat mahasiswa yang mengikuti berbagai lomba dan berhasil menjadi juara maka mahasiswa tersebut bisa mendapatkan hadiah lomba sekaligus uang pembinaan dari kampus yang nominalnya bisa lebih besar dari hadiah lomba. Hal ini tentu menjadi cara mahasiswa mendapatkan uang yang patut dicoba.

Namun tentunya Anda harus bekerja keras melewati persaingan yang tentunya sangat berat untuk menjadi juara. Ada baiknya juga jika Anda mengikuti lomba yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda sendiri.

Tingkatan lombanya juga bisa bertahap mulai dari antar fakultas, tingkat regional, hingga tingkat internasional. Semakin tinggi tingkat loma yang Anda menangkan tentu semakin besar pula hadiah yang didapatkan.

3. Bekerja Paruh Waktu

Cara mahasiswa mendapatkan uang selanjutnya yaitu Anda bisa mencoba bekerja paruh waktu alias tidak full seharian sehingga waktu bisa dibagi untuk bekerja dan kuliah.

Cara ini mungkin sudah banyak diterapkan oleh para mahasiswa lainnya. Anda hanya perlu mencari tempat yang menerima pekerja paruh waktu lalu menawarkan diri untuk bekerja di sana. Jika Anda mulai bekerja pun Anda harus tetap memperhatikan kuliah, bukan hanya bekerja saja.

4. Membuka Jasa Translator

Jika Anda memiliki keahlian menggunakan bahasa asing, maka membuka jasa translator bisa menjadi jalan untuk mendapatkan uang. Anda bisa melayani penerjemahan berbagai dokumen dari satu bahasa ke bahasa lainnya yang Anda kuasai. Usaha ini tentunya akan sangat menguntungkan serta tidak membutuhkan banyak modal.

5. Membuat Blog

Untuk Anda yang gemar menulis berbagai karya seperti tutorial, informasi penyidikan, review, traveling, membicarakan film maupun membuat cerita singkat maka Anda bisa membuka blog.

Cara mahasiswa mendapatkan uang dari blog ini juga bisa Anda gunakan untuk menyalurkan hobi menulis. Jika blog Anda disukai oleh banyak pembaca maka Anda bisa mengajukan adsense untuk memasukkan iklan dalam blog. Dengan begitu pun maka Anda bisa mendapatkan penghasilan.

6. Membuka Les

Meskipun belum lulus kuliah dan masih berstatus mahasiswa Anda masih memiliki peluang untuk membuka les. Baik les mata pelajaran maupun les dalam bidang lainnya yang Anda kuasai.

Misal jika Anda menguasai bahasa Inggris maka Anda bisa membuka les pelajaran tersebut, begitu pula dengan mapel lainnya. Kemudian jika Anda memiliki keahlian dalam memainkan alat musik seperti gitar, piano, biola, maupun lainnya maka Anda bisa membuka les bermain alat musik.

Selain itu, jika Anda memiliki keahlian menari, memasak, bernyanyi maupun lainnya, Anda pun bisa membuka les keahlian tersebut. Target peserta les juga beragam, mulai dari anak SD, SMP, SMA bahkan teman satu kampus sekalipun.

Dengan cara mahasiswa mendapatkan uang ini tentunya Anda akan mendapatkan penghasilan yang lumayan, apalagi jika peserta lesnya banyak.

7. Buka Usaha Jualan

Selain membuka les, Anda juga bisa mencoba untuk membuka usaha jualan. Banyak barang-barang yang bisa Anda jual, mulai dari makanan, minuman, pakaian, aksesoris, alat makeup, dan masih banyak lagi. Beberapa produk seperti makanan maupun minuman bisa Anda coba buat sendiri, sedangkan produk lain seperti pakaian, aksesoris, dan barang lainnya bisa Anda dapatkan melalui supplier. 

Anda bisa berjualan di kampus maupun di lingkungan sekitar kos untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan. Selain itu Anda pun bisa menitipkan berbagai produk buatan sendiri ke warung-warung terdekat. Anda juga bisa berjualan secara online agar target pasar semakin luas.

Itulah beberapa cara mahasiswa mendapatkan uang yang bisa Anda terapkan. Jika Anda Tertarik untuk mencobanya tentu Anda harus pintar-pintar dalam membagi waktu antara untuk bekerja dan belajar. Jangan sampai Anda mendahulukan pekerjaan dan meninggalkan kuliah karena hal tersebut tentu hanya akan berdampak buruk.

Baca juga: Tips Menabung Mudah Ala Kredit Pintar

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
27 Dec 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download