Begini Cara Login SIMPKB Untuk Tenaga Pendidik

24 Apr 2022 by Laruan, Last edit: 12 May 2022

Dalam rangka mewujudkan pendidikan yang lebih bermutu dan berkualitas bagi para pelajar, maka seorang tenaga pendidik perlu mengetahui cara login simpkb yang merupakan program pemerintah dalam membantu peningkatan kualitas tenaga pendidik dalam mendidik para pelajar.

Meningkatkan kualitas dan kompetensi mengajar dari seorang tenaga pendidik merupakan kewajiban negara untuk mewujudkan cita-cita dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk itu, program pemerintah SIMPKB ini perlu diperhatikan oleh seluruh tenaga pendidik. 

Apa itu SIMPKB?

SIMPKB yang merupakan singkatan dari sistem informasi manajemen pengembangan keprofesian yang berkelanjutan adalah sebuah sistem yang memberikan informasi mengenai program pengembangan keprofesian. 

Sebuah sistem yang menjadi program pemerintah ini bertujuan untuk meningkatkan skill dan kompetensi para tenaga pendidik agar dalam menjalankan tugasnya pada proses belajar mengajar.

Baca juga artikel lainnya : Simak 5 Rekomendasi Aplikasi Untuk Sekolah Online yang Seru

Untuk mendukung program pemerintah tersebut, tenaga pendidik diwajibkan untuk memiliki akun SIMPKB yang juga harus ditautkan dengan akun Belajar.id. Namun, bagi tenaga pendidik yang belum memiliki akun SIMPKB, maka dapat melakukan registrasi akun terlebih dahulu.

Bagaimana Cara Registrasi Akun SIMPKB?

Tenaga pendidik yang belum memiliki akun SIMPKB, maka wajib melakukan registrasi akun SIMPKB melalui portal layanan program GTK Kemendikbud. Adapun cara melakukan registrasi tersebut adalah sebagai berikut : 

  1. Masuk Laman Portal Layanan Program GTK Kemendikbud

Halaman website portal layanan GTK ini dapat Anda melalui browser dengan mengetikkan alamat https://gtk.belajar.kemendikbud.go.id/

  1. Pilih Menu Registrasi Akun GTK

Setelah masuk ke laman portal, klik menu Registrasi Akun GTK yang berwarna hijau pada layar tampilan maka akan tampil layer yang berisi form registrasi akun GTK. 

  1. Lengkapi Data Diri

Pada form registrasi akun, Anda akan diminta untuk mengisi Nomor Peserta UKG (SIMPKB-ID) dan tanggal lahir Anda. Pastikan data yang Anda masukan sudah benar kemudian centang kolom “saya bukan robot” sebelum mengklik tombol register. 

  1. Klik Pilihan Setuju & Cetak

Setelah mengklik tombol register maka Anda perlu melakukan konfirmasi registrasi akun GTK dengan mengklik tombol setuju & cetak pada halaman persetujuan yang tampil. 

  1. Simpan Dokumen Info Akun

Kemudian simpan dokumen terkait informasi akun Anda yang muncul setelah mengklik “setuju & cetak”. Dalam dokumen ini akan diberitahukan terkait username dan password yang akan Anda gunakan saat login ke akun SIMPKB. 

Baca juga artikel lainnya : Inilah Macam-Macam Metode Pembelajaran!

Cara Login SIMPKB Untuk Tenaga Pendidik

Tenaga pendidik yang telah melakukan registrasi akun GTK atau telah memiliki informasi akun SIMPKB yang berupa Surel / SIMPKB-ID dan Kata Sandi, maka Anda sudah bisa login ke aplikasi SIMPKB. Berikut ini penjelasan mengenai cara login SIMPKB! 

  1. Buka Aplikasi SIMPKB

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuka aplikasi SIMPKB. Cara pertama ialah Anda masuk melalui Portal Layanan Program GTK Kemendikbud, kemudian klik masuk pada layanan SIMPKB yang tersedia pada laman portal, maka Anda akan diarahkan menuju laman aplikasi SIMPKB. 

Cara kedua ialah dengan mengakses membuka langsung aplikasi SIMPKB melalui laman website SIMPKB melalui tautan paspor-gtk.belajar.kemendikbud.go.id/ maka akan muncul laman aplikasi SIMPKB.

  1. Masuk Melalui Akun SIMPKB

Setelah muncul laman aplikasi SIMPKB, selanjutnya Anda dapat masuk dengan menggunakan surel / SIMPKB-ID (No. UKG) serta kata sandi akun Anda yang didapatkan melalui dokumen informasi akun ketika melakukan registrasi di Portal Layanan GTK

  1. Masuk Melalui Akun Belajar.id

Selain masuk menggunakan akun SIMPKB, Anda dapat masuk menggunakan akun belajar.id. Untuk dapat masuk menggunakan akun belajar.id ini, tentunya Anda perlu untuk menautkan akun SIMPKB dengan akun belajar.id Anda terlebih dahulu. 

Menautkan Akun SIMPKB dengan Akun Belajar.id

Melalui Surat Edaran Dirjen GTK pada tanggal 12 Maret 2022, pemerintah mewajibkan seluruh tenaga pendidik untuk menautkan akun SIMPKB dengan akun belajar.id pada data pribadi setiap tenaga pendidik melalui akun SIMPKB.  

Kewajiban menautkan akun SIMPKB dengan akun belajar.id ini bertujuan agar setiap tenaga pendidik dapat memanfaatkan layanan akun belajar.id untuk beragam kegiatan proses belajar mengajar yang diselenggarakan oleh pemerintah, termasuk program SIMPKB. 

Adapun cara menautkan akun SIMPKB dengan akun belajar.id dapat Anda simak di bawah ini.  

  1. Buka browser Anda dan masuk ke laman akun SIMPKB melalui website akun.simpkb.id
  2. Login menggunakan akun Anda, maka akan tampil laman dashboard akun SIMPKB
  3. Pilih menu “Integrasi Layanan” dan klik selengkapnya untuk masuk ke laman kelola data integrasi layanan SIMPKB
  4. Kemudian klik tombol tautkan, dan Anda akan diarahkan menuju laman login akun pembelajaran belajar.id
  5. Pada laman login, masukan email dan password belajar.id Anda dan klik berikutnya, maka akun belajar.id Anda telah berhasil ditautkan di akun SIMPKB. 

Baca juga artikel lainnya : Jangan Lupa Catat, Kalender Pendidikan 2022 Untuk Semester Genap

Setelah mengetahui cara login SIMPKB baik dengan cara menggunakan akun SIMPKB maupun akun belajar.id, selanjutnya Anda sudah dapat masuk ke akun SIMPKB untuk melakukan peningkatan kompetensi ataupun upskilling agar kualitas Anda sebagai tenaga pendidik semakin meningkat.

Aplikasi Monev Untuk Monitoring dan Evaluasi SIMPKB

Selain itu, dalam hal membantu pemerintah untuk melakukan monitoring dan evaluasi kinerja SIMPKB ini, Anda dapat mendownload aplikasi monev melalui google play yang ada di hp Anda. Setelah aplikasi tersebut terinstal, maka Anda harus melakukan login dengan menggunakan email dan password akun SIMPKB Anda.  

Pada aplikasi monev, terdapat beberapa monitoring terhadap program SIMPKB berupa program PKP dan program Banpem diklat K13. Selanjutnya, Anda perlu memilih opsi program PKP untuk melakukan laporan terhadap kelas Anda. 

Laporan yang Anda berikan melalui aplikasi monev ini tentunya sangat diperlukan agar pemerintah bisa terus melakukan pengawasan dan peningkatan kinerja terhadap seluruh program SIMPKB dalam rangka mewujudkan tenaga pendidik yang berkualitas dan berkompetensi. 

Itulah beberapa penjelasan terkait cara login SIMPKB yang merupakan program wajib dari pemerintah kepada seluruh tenaga pendidik. Informasi ini dibuat untuk membantu Anda sebagai tenaga pendidik agar lebih mudah mengakses aplikasi SIMPKB baik melalui akun SIMPKB maupun akun belajar.id. 

Selain itu, perlu kiranya untuk turut serta untuk membantu pemerintah dalam melakukan monitoring dan evaluasi atas program SIMPKB ini agar sistem informasi layanan GTK tersebut dapat berjalan secara maksimal berkat laporan yang Anda berikan melalui aplikasi monev. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, sebuah perusahaan financial technology (fintech) yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Kredit pintar membantu masyarakat dalam memberikan penyaluran pinjaman online bagi seluruh masyarakat Indonesia. Ikuti terus blog ini untuk mengetahui informasi dan tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
12 May 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download