Cara Lacak Paket JNE, Anti Drama!

06 Oct 2021 by Laruan

Sebagai penerima atau pengirim paket sobat pintar harus bisa memantau posisi dan status pengiriman paket, agar saat mengalami kendala dapat segera membuat pengaduan ke ekspedisi terkait untuk memperoleh bantuan. Terlebih lagi kalau punya hobi belanja online tapi masih suka bingung untuk lacak paket JNE yang sobat pintar punya. 

Padahal sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan salah satunya yaitu melalui situs resminya. Namun sebelum itu pastinya sobat pintar harus mempersiapkan nomor resinya terlebih dahulu. 

Cara Lacak Paket JNE, Anti Drama!

Lalu bagaimana cara melacaknya? Simak beberapa caranya seperti di bawah ini.

  1. Cara lacak paket JNE melalui situs resmi

JNE sendiri memiliki situs resmi yang memberi kemudahan para penggunanya untuk bisa secara langsung melacak keberadaan paket miliknya. Bahkan caranya pun cukup mudah, berikut langkah-langkah melacaknya:

  • Kunjungi situs https://www.jne.co.id/ melalui browser yang ada di pc atau smartphone sobat pintar
  • Kemudian pada kolom lacak kiriman, masukkan nomor resi yang telah dipersiapkan sebelumnya. Sobat pintar dapat memasukan nomor resi hingga 20 resi dari ekspedisi berbeda.
  • Selanjutnya masukkan kode keamanan yang tertera dibawah kolom resi tersebut.
  • Lalu klik tombol tracking

Tunggu sebentar, tidak lama kemudian akan muncul tabel berisikan informasi tentang paket yang sobat pintar lacak. Berikut isi tabel yang akan muncul beserta penjelasannya:

  • Pada bagian atas akan muncul keterangan No AWB atau nomor resi yang digunakan untuk melacak, layanan pengiriman yang dipilih, asal kota pengiriman, kota tujuan pengiriman, estimasi atau perkiraan waktu yang diperlukan untuk pengiriman paket dan tanggal paket dikirimkan beserta waktu pengirimannya.
  • Kemudian pada bagian status pengiriman akan berisi detail pengiriman paket. Dari paket tersebut diterima oleh agen JNE tempat dikirim, detail perjalanan paket, nama penerima dan tanggal penerimaan paket. Pada poin penerima dan tanggal penerimaan ini akan terisi apabila paket sudah diterima, tapi jika belum diterima informasi penerima belum akan muncul.
  • Kemudian di bagian bawah juga akan muncul rincian pengiriman yang isinya hampir sama dengan keterangan di bagian atas tetapi ada sedikit perbedaan. Keterangan yang muncul di bagian ini adalah tanggal pengiriman beserta jam, deskripsi produk atau isi produk yang dikirim, berat paket, informasi pengirim dan penerima disertai kota masing-masing.

Lalu bagaimana jika ada kesalahan atau kendala pada paket pengiriman? Tentu saja pihak ekspedisi sudah memberikan solusinya, yaitu sobat pintar dapat menghubungi pihak JNE melalui e-mail customercare@jne.co.id dan nomor telepon (021) 2927 8888. 

Kemudian sampaikan apa yang menjadi kendala di pengiriman paket tersebut, tidak perlu waktu lama pihak ekspedisi akan memberikan bantuan berkaitan dengan keluhan yang sobat pintar sampaikan.

Cara Lacak Paket JNE, Anti Drama!
  1. Cara lacak paket JNE dengan situs online lain

Terkadang situs resmi JNE mengalami kendala atau tidak bekerja saat akan digunakan untuk melacak, solusi lain yang bisa diambil adalah lacak paket JNE sobat pintar dengan situs online lain yang ada. Berikut beberapa situs alternatif yang dapat digunakan untuk lacak paket JNE:

  • Cekresi.com

Di situs ini sobat pintar bisa melakukan tracking resi pengiriman paket lebih dari 60 resi pengiriman dari ekspedisi yang berbeda yang salah satunya adalah untuk lacak paket JNE milik sobat pintar. 

Caranya juga cukup mudah, cukup masukkan nomor resi pada kolom yang telah disediakan kemudian klik lacak dan otomatis akan muncul beberapa pilihan ekspedisi pilih JNE.

Tunggu sebentar untuk menunggu hasil pelacakan, setelah pengecekan berhasil akan muncul beberapa informasi yaitu detail paket, keterangan penerima paket, status pengiriman dan info perjalanan paket. Di situs ini juga bisa melakukan pelacakan paket yang dikirim keluar negeri ataupun paket dari luar negeri yang dikirim ke Indonesia.

  • Parcelsapp.com

Situs ini serupa dengan situs cekresi dimana sobat pintar dapat dengan mudah lacak paket JNE hanya dengan memasukkan nomor resi ke kolom yang telah tersedia, kemudian klik tombol cek resi untuk melacak keberadaan paket sobat pintar. 

Secara otomatis akan muncul informasi pengiriman lengkap beserta status perjalanan paket. sama halnya dengan situs sebelumnya, disini sobat pintar juga bisa melacak resi internasional.

  • Aplikasi e-commerce

Apabila berbelanja dari aplikasi e-commerce, sobat pintar sebenarnya tidak perlu repot untuk mencari tempat untuk melacak resi pengiriman tersebut. Mengingat secara otomatis sobat pintar bisa melakukan pelacakan langsung dari aplikasi e-commerce terkait. 

Cukup pergi ke bagian profil, buka halaman pemesanan, kemudian pilih pesanan mana yang akan dilacak untuk melihat status pengirimannya.

  1. Cara lacak paket JNE dari Smartphone

Selain melalui situs resmi dan situs online lain, lacak paket JNE juga bisa melalui smartphone. Caranya cukup mudah, sobat pintar hanya perlu mendownload dan menginstal aplikasi MyJNE atau aplikasi sejenisnya dari google play store atau appstore sobat pintar.

Jika sobat pintar memilih melacak keberadaan paket yang sedang dikirim atau dipesan melalui aplikasi resmi JNE berikut cara mudah yang dapat dilakukan:

  • Pertama download aplikasi MyJNE
  • Kemudian masukkan e-mail sobat pintar untuk menerima link verifikasi, setelah link berhasil diterima klik link tersebut
  • Isi kolom data diri untuk identitas profil sobat pintar di aplikasi MyJNE
  • Setelah berhasil membuat akun dan mengisi data diri aplikasi langsung dapat digunakan untuk melacak nomor resi yang sobat pintar miliki. Ke menu home lalu masukkan nomor resi ke kolom yang tersedia kemudian klik tombol cek resi.
  • Alternatif lain selain memasukkan nomor resi yaitu dengan cara scan barcode yang ada di lembar resi paket melalui fitur scan yang ada di menu home.
  • Tabel informasi pengiriman paket akan muncul otomatis di layar smartphone sobat pintar, tampilan yang tertera sama dengan yang ada di situs resmi JNE. Selain untuk melacak paket, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk cek tarif pengiriman dari JNE terdekat, isi ulang listrik hingga dompet digital.

Lalu apakah bisa lacak paket JNE hanya dengan mengetikkan nama penerima atau pengirim? Jawabannya tidak, cek resi hanya dapat dilakukan dengan menggunakan nomor resi yang didapat saat melakukan pengiriman paket saja. 

Cara Lacak Paket JNE, Anti Drama!

Alasannya untuk menghindari dari modus penipuan, karena nama mudah diambil dari internet atau akun media sosial sehingga tidak terlalu unik. Terlebih lagi jika sobat pintar memiliki nama yang sama dengan penerima paket lainnya, tentunya itu hanya akan semakin memperumit pengecekan paket.

Maka dari itu sangat penting untuk mengingat atau mencatat nomor resi bahkan menjaganya hingga paket diterima. Pastikan juga sobat pintar tidak kehilangan atau membuang nomor resi tersebut ke sembarang tempat untuk menghindari risiko penipuan.

Nah, cukup mudah bukan cara untuk lacak paket JNE yang sobat pintar pesan? Jadi jangan khawatir lagi kalau seandainya paket terkendala atau bermasalah selama pengiriman dan pastinya juga lebih update juga dengan posisi paketnya. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

mobile-closeKredit PintarDownload