Cara Kunci Jaringan 4G Vivo dengan Sangat Mudah

22 Nov 2021 by Laruan

Kunci jaringan 4G di ponsel adalah hal yang sangat sering kita temukan pada saat ini termasuk pengguna smartphone vivo. Tentu saja, tujuan utama dari kunci  jaringan 4g vivo ini adalah untuk membuat jaringan internet lebih stabil.

Bagi pengguna hp vivo, berikut akan kita bahas secara lengkap cara kunci jaringan 4G Vivo. Dan prosedur yang di berikan sangat mudah dipahami oleh semua orang.

Cara Kunci Jaringan 4G Vivo dengan Sangat Mudah

Pentingnya Kunci jaringan 4G Vivo

4G adalah merupakan sinyal internet terkuat yang dapat digunakan di Indonesia pada saat ini (5G adalah yang tertinggi tetapi baru bisa dimanfaatkan di beberapa kota yang ada di Indonesia saja). Semua produk smartphone terbaru sudah menggunakan jaringan tersebut.

Namun karena sinyal internet di Indonesia belum merata, terkadang masih sering berpindah ke jaringan 2G, 3G atau H+.

Bagaimana cara kita bisa mengetahui kapan 4G LTE dialihkan atau beralih ke jaringan lain? Untuk mengetahuinya, tentunya Anda bisa merasakan perbedaan kecepatan koneksi internet yang tidak stabil.

Dari segi kecepatan, 4G bisa mencapai kecepatan 1 Gbps. Sementara itu, internet 3G hanya bisa mencapai kecepatan tertinggi 672 Mbit/s.

Meski data di atas kertas, kecepatannya tetap bergantung pada masing-masing wilayah. Jika Anda berada di daerah perkotaan, di mungkinkan untuk memaksimalkan kekuatan sinyal 4G yang Anda dapatkan di smartphone.

Namun, jika Anda berada di daerah pedesaan atau jauh dari kota, kecepatan internet mungkin tidak akan maksimal.

Mengingat semua masalah yang disebutkan sebelumnya, kunci 4G dapat menjadi solusi untuk menjaga sinyal internet akan tetap stabil. Ketika internet di kunci, sinyal internet tidak akan tiba-tiba ditransmisikan atau dipindahkan.

Ketentuan untuk memblokir jaringan 4G

Untuk dapat memblokir sinyal, beberapa syarat harus dipenuhi. Kondisi ini tercantum di bawah ini.

• Pertama-tama, kartu SIM yang digunakan harus mendukung jaringan 4G LTE. Jika kartu SIM tidak mendukung ini, datang langsung ke tempat penjualan operator kartu terdekat untuk menerima upgrade kartu menjadi 4G LTE.

• Mengunci jaringan 4G LTE akan lebih efektif untuk orang-orang yang berada di daerah dengan sinyal 4G yang cukup stabil.

• Jika Anda menggunakan kartu baru untuk Internet, kami sarankan Anda mendaftarkan kartu SIM terlebih dahulu sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh operator. Dengan cara ini kartu SIM dapat digunakan.

• Pastikan Anda memiliki kuota internet yang cukup.

memblokir jaringan 4G LTE dengan kode area

Cara pertama untuk blokir sinyal internet 4G LTE di HP Vivo yang pertama adalah dengan menggunakan kode dial. Cara ini bisa dilakukan oleh sebagian besar smartphone Android Vivo yang sudah mendukung jaringan ini.

Caranya sangat mudah, cukup akses kode *#*#4636#*#* atau panggil saja lalu pilih jaringan LTE.

Namun, metode ini tidak selalu dapat di gunakan di semua varian vivo. HP Vivo seperti Vivo Y9, Vivo Y91, Vivo V15, Vivo Y53, Vivo Y11 dan beberapa hp baru Vivo telah diluncurkan.

Tapi jangan khawatir, ada kode lain yang bisa digunakan untuk kunci jaringan 4G di vivo. Di bawah ini adalah cara kunci Vivo 4G hp vivo.

• Pertama buka menu panggilan atau keypad smartphone Vivo Anda.

• Kemudian cukup masukkan kode area *#*#4838#*#*.

• Anda kemudian akan dibawa ke halaman tes.

• Cukup atur informasi telepon untuk SIM 1 atau SIM 2 tergantung pada kartu SIM yang digunakan untuk akses Internet.

• Jika sudah, cari saja setting jaringan internet yang Anda inginkan.

• Untuk kemudian memblokir sinyal, pengaturan dapat di ubah ke LTE saja.

• Selesai dan berhasil di kunci.

Setelah pengaturan berhasil, Anda akan melihat simbol di bilah menu smartphone Vivo. Jika sudah ada logo atau simbol 4G, berarti setting mengunci sinyal 4G LTE anda berhasil.

Untuk beberapa jenis smartphone, pengaturan ini sudah cukup jika Anda membuatnya sekali. Namun, tidak jarang smartphone jenis tertentu harus melakukan reset lock signal setiap kali ponsel di restart.

Cara kunci jaringan 4g vivo dengan bantuan aplikasi

Selain menggunakan kode dial-up seperti dijelaskan di atas, Anda juga dapat menggunakan metode penguncian lainnya. Caranya adalah Anda menggunakan bantuan aplikasi dari pihak ketiga.

Ada banyak aplikasi pemblokir sinyal di Play Store. Anda bisa memilih aplikasi yang dianggap paling mudah dan paling cocok untuk digunakan. Cara paling mudah mencari aplikasi yang terbaik dengan melihat rating dan jumlah download aplikasi tersebut. Namun sangat disayangkan, untuk memblokir sinyal dengan bantuan aplikasi mengharuskan smartphone anda sudah memiliki akses root.

Sebenarnya tidak semua aplikasi tersebut hanya dapat digunakan pada ponsel dengan akses root, namun sebagian besar jenis aplikasi hanya dapat diakses oleh ponsel dengan akses root.

Keuntungan dan kerugian memblokir jaringan 4G LTE

Manfaat mengunci jaringan adalah mendapatkan sinyal 4G LTE yang lebih stabil sehingga membuat internet tetap berjalan lancar.

Tentunya bagi Anda yang senang dengan streaming video dan bermain game online, hal ini bisa sangat membantu anda dalam menjaga pengalaman menonton video dan bermain game dalam keadaan nyaman dan baik.

Namun, beberapa jenis smartphone biasanya mengalami efek samping setelah memblokir sinyal 4G LTE saja. Misalnya tidak bisa melakukan panggilan, menerima panggilan, mengirim SMS, dan menerima SMS.

Jika ini terjadi pada ponsel setelah sinyal terkunci, solusinya adalah mengatur ulang pengaturan ke pengaturan awal pabrik atau pengaturan default.

Selain itu, jika Anda berada di area dengan sinyal yang cukup lemah, ponsel Anda akan lebih cepat panas dan menghabiskan baterai secara cepat. Hal ini terjadi karena HP bekerja lebih keras untuk mencari jaringan 4G LTE sehingga baterai HP akan lebih cepat habis.

Solusinya: Anda dapat mengembalikan pengaturan jika Anda berada di area dengan sinyal yang cukup lemah atau tidak stabil untuk jaringan 4G LTE.

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa informasi mengenai pemblokiran jaringan 4G LTE di pengguna smartphone Vivo beserta kelebihan dan kekurangannya. Ada 2 metode yang kita bahas agar kita bisa mengunci sinya 4G LTE. Baik menggunakan kode dial maupun menggunakan aplikasi. Yang di mana Ketika kita menggunakan aplikasi mengharuskan ponsel atau smartphone kita memiliki akses root. 

Begitu anda telah mengetahui informasi ini, Selanjutnya anda dapat menentukan sendiri kapan waktu yang tepat untuk memblokir sinyal dan melepaskan nya agar koneksi internet yang sedang anda gunakan lebih stabil. Dengan cara ini, Anda dapat memanfaatkan jaringan internet 4G LTE dengan lebih baik dan optimal.

Jika anda tertarik dengan artilkel kami silahkan share ke semua media social anda dan apabila anda ingin copy paste artikel ini jangan lupa untuk memberikan tautan balik ke website kami.Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

23 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload