Cara Jualan Di Bukalapak Agar Laris Manis

19 Aug 2021 by Laruan

Jualan di Bukalapak mempunyai prospek yang lumayan besar. Peluang yang besar ini, ternyata masih banyak dari sobat pintar yang merasa kesulitan jualan di marketplace ini. 

Sebelum menjelaskan bagaimana tips agar jualanmu laris, ada baiknya sobat pintar tahu terlebih dahulu bagaimana cara membuka akun sampai mengupload produk di Bukalapak.

Cara Jualan Di Bukalapak Agar Laris Manis

Cara Membuat Akun di Bukalapak

1. Buka situs Bukalapak

Yang pertama kamu harus mendaftar terlebih dahulu untuk pembukaan akun. Kunjungi situs resmi Bukalapak di http://www.bukalapak.com. Setelah itu, klik kolom Daftar yang terdapat pada bagian kanan atas layar sobat pintar.

2. Isi formulir pendaftaran

Setelah masuk ke laman Daftar, sobat pintar akan melihat tampilan formulir yang harus diisi secara lengkap.

Cara cepatnya yaitu membuka situs Bukalapak, terus klik daftar, setelah itu lakukan pilihan pendaftaran menggunakan akun google atau facebook. Maka kamu secara otomatis terdaftar di bukalapak.

Ketika mengisi formulir pendaftaran, jangan lupa untuk memasukkan nomor telepon dan alamat email yang aktif karena nanti sobat pintar perlu melakukan verifikasi 2 langkah melalui dua media tersebut.

3. Menentukan Nama Toko Online Kamu

Apabila  formulir pendaftaran telah terisi secara lengkap, jangan lupa untuk menentukan dan mengetik nama toko kamu di situs Bukalapak. Sebaiknya berikanlah nama yang unik dan mudah diingat supaya menarik perhatian pelanggan dengan cepat.

4. Tentukan kata kunci akun atau password

Setelah itu, untuk mendapatkan akses ke akun kamu, sobat pintar perlu mempunyai password terlebih dahulu.

Coba tentukan password yang rumit akan tetapi susah ditebak oleh orang lain. Misalkan kombinasikan karakter dan angka. Simpan password ini baik-baik agar tidak lupa.

5. Baca Dengan Teliti Soal Syarat Dan Ketentuan

Setiap marketplace atau website memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Itu sebabnya, penting untuk membaca dengan teliti perihal syarat dan ketentuan yang berlaku di Bukalapak. Setelah sobat pintar selesai membaca ketentuan-ketentuan yang tertulis, langsung klik kolom Setuju.

6. Klik daftar

Setelah informasi dalam formulir pendaftaran kamu telah diisi dengan baik, klik kolom Daftar yang ada di bagian bawah formulir dan tunggu konfirmasi yang biasanya akan datang melalui email dari pihak Bukalapak.

7. Konfirmasi surel

Dalam waktu tenggang paling lama 1×24 jam, sobat pintar akan langsung mendapatkan bukti konfirmasi melalui email yang sebelumnya kamu cantumkan di formulir pendaftaran. Lalu, klik kolom Verifikasi Email yang tersedia di dalam email tersebut.

8. Melengkapi profil

Pada tahap ini, akun sobat pintar sudah siap digunakan. Untuk mempermudah pembeli dalam mengakses toko online milik kamu, pastikan profil akun pribadi sudah dilengkapi dengan benar. Ini bisa dilakukan dengan meng-klik pada kolom Pengaturan.

Sebaiknya, tuliskan juga detail-detail latar belakang toko online yang meliputi syarat pengiriman, bagaimana pembayarannya, jumlah produk atau stok tersedia, dan informasi penting lainnya.

Jangan lupa juga untuk mengupload foto produk jualan kamu di dalam kolom yang tersedia. Pastikan foto yang kamu upload terlihat jelas sehingga pengunjung lebih tertarik untuk membeli produk tersebut.

Jika Anda membuka toko tetapi tidak menjual produk di kios Anda, itu akan sia-sia. Di sini, Anda bisa menjual segala macam produk, mulai dari elektronik, fashion, perlengkapan rumah tangga hingga mobil.

Selain banyak kategori, Bukalapak juga menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang penjualan para penjual yang memajang produknya di halaman Bukalapak.

Cara Menjadi Top Seller Bukalapak

Berjualan di Bukalapak memang bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menjangkau jutaan pelanggan dengan mudah. Meski begitu, persaingan antar toko di pasar besar ini cukup ketat.

Namun jangan khawatir, Anda bisa melakukan beberapa tips berjualan di Bukalapak di bawah ini agar bisa menjadi Top seller.

  1. Upload Produk Sebanyak-banyaknya

Semakin banyak produk yang Anda miliki dan semakin banyak foto yang Anda unggah, semakin banyak pilihan yang dapat dipilih pengunjung Anda. Dengan cara ini, toko Anda lebih mungkin menjadi top seller.

  1. Isi Deskripsi Secara Jelas dan Informatif

Pastikan pengunjung dapat memahami dengan jelas produk yang dijual. Ini juga mencakup syarat dan ketentuan yang terkait dengan belanja di toko online Anda. Beberapa contoh dapat dijelaskan, seperti:

Barang yang sudah dibeli tidak dapat ditukar.

Pengiriman barang akan diproses satu hari setelah pembelian dan pembayaran.

  1. Tidak ada asuransi transportasi.

Kerusakan barang yang disebabkan oleh transportasi ditanggung oleh pembeli, kecuali jika ditambahkan safety packaging sesuai dengan rekomendasi toko.

  1. Aktif Dalam Menjawab Pertanyaan Dan Tanggapan dari Pembeli

Salah satu kunci menjadi Top seller Bukalapak adalah aktif merespon dan menjawab semua pertanyaan pengunjung secepatnya.

  1. Layanan After Sales

Tetap memberikan pelayanan selama transaksi pembelian atau purna jual merupakan salah satu cara untuk mendukung penjualan Bukalapak menjadi lebih efektif.

Faktor ini sangat penting, apalagi jika produk yang dijual adalah jasa. Sebaiknya Anda tetap merespon saat pembeli mengajukan pertanyaan tentang produk yang dibeli.

  1. Manfaatkan fungsi push

Untuk menjadi Top seller Bukalapak, Anda juga bisa memanfaatkan fungsi push. Fitur ini dapat digunakan untuk mempromosikan merchandise agar berada di posisi pertama pada halaman daftar produk Bukalapak atau hasil pencarian pengunjung. Penjual dapat membeli push secara terpisah dengan harga Rp 2.000/push.

  1. Jasa Ekspedisi Yang Lengkap

Pelanggan akan senang dengan toko yang mempunyai banyak pilihan jasa ekspedisi. Hal ini adalah salah satu cara jualan di Bukalapak agar laris manis. Terkadang pelanggan akan membandingkan jasa ekspedisi mana yang lebih murah atau lebih cepat. Kemudahan inilah yang membuat toko online mu semakin banyak peminatnya.

  1. Aktif di forum Bukalapak

Adanya forum Bukalapak sangat membantu menambah pengetahuan para penjual tentang jual beli online di pasar ini, termasuk bagaimana menyikapi selera orang yang suka belanja online.

  1. Share Ke Teman-teman

Yang terakhir terkait cara jualan di Bukalapak adalah sering mengirim link toko ke media sosial milik kamu. Karena media sosial perkembangannya sangat cepat, ini bisa menjadi ladang traffic yang bagus. Beritahukan juga ke teman-teman kamu tentang toko yang kamu punya.Kekurangan modal bukanlah halangan untuk tidak berjualan. Menggunakan pinjaman online seperti Kredit Pintar bisa menjadi solusi dari permasalahan kamu. Setelah mengetahui cara jualan di bukalapak, sebaiknya langsung praktek agar kamu tidak menundanya. Kredit Pintar adalah sebuah penyedia jasa layanan pinjaman online yang tanpa anggunan. Sehingga uangmu aman dan cepat pencairannya. Semoga membantu terima kasih.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload