5 Cara Investasi Di Bibit Bagi Pemula Dengan Mudah

02 Oct 2021 by Kredit Pintar., Last edit: 21 Sep 2022

Panduan kali ini adalah tentang cara investasi di Bibit, platform marketplace untuk masyarakat yang ingin beli Reksadana secara online dengan menawarkan banyak keuntungan. Platform tersebut juga mempunyai banyak fitur yang sangat mudah dipahami sehingga cocok sekali bagi investor pemula yang ingin mencoba Reksadana.

Reksadana merupakan instrumen investasi menjanjikan dengan banyak jenis dan produk sehingga investasi tersebut populer sekaligus menjadi pilihan Banyak masyarakat. Jika ingin mempelajari banyak hal tentang Reksadana, atau bingung cari tempat beli reksa dana secara online Sobat Pintar bisa menggunakan platform bibit. Hal ini karena platform tersebut menyediakan produk reksadana secara online dengan pilihan unik sehingga tampak berbeda dari platform lain.

Jika Sobat Pintar sudah tahu tentang Bareksa ataupun Tanamduit sebagai salah satu cara untuk membeli Reksadana secara online, artinya Sobat Pintar pasti sudah paham bahwa Sobat Pintar harus memilih reksa dana sendiri yang ingin Sobat Pintar beli. Hal ini berbeda dengan bibit yang justru memberikan rekomendasi apa saja produk reksadana secara online yang sesuai kebutuhan.

Bagi pengguna bibit, mereka bisa menikmati fitur robo-advisor dengan teori modern portofolio menurut ekonom Harry Markowitz, sekaligus telah terbukti mampu menjaga resiko juga meningkatkan keuntungan lewat diversifikasi.

Apa Saja Keunggulan Bibit?

Bibit adalah teknologi investasi terbaru dengan banyak fitur reksadana yang sesuai untuk Para investor terutama bagi para pemula. Sobat Pintar bisa menggunakan fitur juga layanan top sebagaimana berikut:

Robo advisor berfungsi menyediakan rekomendasi beli reksadana terbaik berdasarkan profil nasabah.

Beli Reksadana bisa dengan cara gratis konsultasi secara online.

Lakukan pembayaran juga lebih mudah karena adanya LinkAja dan GOPAY.

Portofolio secara mudah

fitur lainnya dari bibit sendiri sangat banyak sehingga jika Sobat Pintar menjadi nasabah dan langsung melakukan pendaftaran, maka akan tahu apa saja kelebihannya.

Bagaimana Cara Investasi di Bibit?

Pada penjelasan kali ini, Sobat Pintar akan memulai melakukan pendaftaran investasi di bibit. 

  1. Untuk memulai, cobalah melakukan pengunduhan aplikasi terlebih dahulu di Play Store ataupun Google Play. Cuan reksa dana bisa Sobat Pintar peroleh secara cepat jika Sobat Pintar mempunyai kode referral bibit supaya memperoleh cashback sehingga sebesar Rp50.000 untuk investasi pertama minimal Rp100.000. Bahkan kali ini bibit sudah melakukan update jika investasi minimal Rp100.000 bisa memperoleh cashback sebesar Rp25.000.
  2. Setelah mendaftar seperti langkah diatas, Sobat Pintar bisa langsung cek email yang sudah Sobat Pintar daftarkan untuk melakukan verifikasi serta memperoleh nomor SID.
  3. Untuk menggunakan bibit dalam melakukan investasi, maka Sobat Pintar harus beli Reksadana secara online. Teknologi portofolio yang ada berjalan secara otomatis sehingga Sobat Pintar bisa berinvestasi pada tiga jenis Reksadana yaitu: reksadana pasar uang, Reksadana sama dan juga Reksadana obligasi.

Jika berbicara tentang besaran alokasi pada tiga jenis Reksadana maka semua tergantung profil risiko pada saat pendaftaran. Jika Sobat Pintar kurang puas dengan tersedianya presentasi alokasi pada investasi Reksadana, caranya adalah mengubah secara manual menggunakan tombol plus ataupun tombol minus yang tampil dalam halaman profil risiko.

  1. Untuk membeli Reksadana, beberapa opsi pembayaran tersedia mulai dari transfer bank juga menggunakan metode pembayaran go-pay. Sebaiknya Sobat Pintar menggunakan metode pembayaran go-pay supaya ada lebih praktis dan tidak ada kendala transfer ketiga produk reksadana sekaligus supaya tidak terkena biaya transfer Apabila akun bank berbeda.
  2. Gunakan go-pay supaya Sobat Pintar bisa bebas transfer sehingga tidak perlu lagi transfer ketiga produk reksadana. Bagian menarik setelah Sobat Pintar beli Reksadana adalah bisa merubah alokasi dana menggunakan tombol ubah bagian halaman folio sehingga fungsinya adalah saat kondisi market Global setengah turun, Sobat Pintar bisa melakukan alokasi lebih besar pada produk reksadana pasar uang.

Cara Mencairkan Reksadana Pada Aplikasi Bibit

setelah mengetahui bagaimana cara investasi di bibit, maka hal berikutnya adalah bagaimana cara mencairkan Reksadana.

Proses pencairan investasi tersebut tidaklah terstruktur Sobat Pintar bisa redeem produk reksadana yaitu sucorinvest sharia money market fund. Proses pencairan biasanya memakan waktu 3 hari. Berikut adalah tutorial yang dapat Sobat Pintar ikuti untuk memulai mencairkan penghasilan:

  1. Buka halaman portfolio
  2. Agar bisa melakukan pencairan maka Sobat Pintar harus menjual random Reksadana. Atau, ketuk bagian kotak hijau supaya bisa menjual produk reksadana lebih spesifik.
  3. Pilih jual
  4. Lalu pilih lakukan penjualan menggunakan metode persentase atau bisa pilih sesuai jumlah nilai uangnya.
  5. Proses lamanya pencairan Reksadana juga tercantum dalam informasi pencairan
  6. Setelah proses pencairan, sistem akan langsung mengirim ke rekening pribadi yang telah Sobat Pintar daftarkan pada aplikasi bibit.

Perlu diingat bahwa setiap jenis Reksadana pasti mempunyai proses pencairan bervariasi. Misalnya untuk jenis Reksadana pasar uang, membutuhkan waktu pencairan 3 hari akan tetapi jika reksa dana jenis pendapatan tetap bisa membutuhkan waktu 4 sampai 5 hari. Berbeda lagi jika Sobat Pintar memilih Reksadana saham yang membutuhkan waktu pencairan maksimal seminggu.

Apabila muncul notifikasi “order jual berhasil” akan tetapi belum ada yang masuk dalam rekening, Sobat Pintar tidak perlu panik karena Sobat Pintar masih harus menunggu selama 7 hari jam kerja tidak termasuk weekend. Inilah Mengapa banyak orang senang menggunakan aplikasi bibit karena cara investasi di bibit terbilang mudah dan pencairannya bisa berjalan sesuai harapan para pengguna terutama pemula.

Apalagi saat pandemi seperti ini, bibit berinisiatif memberikan gratis perlindungan asuransi bagi semua Nasabah dari ancaman virus covid 19. Syaratnya adalah supaya Sobat Pintar bisa mendapatkan asuransi harus mempunyai saldo paling rendah satu juta rupiah. Ketentuan lainnya adalah registrasi tersebut harus Sobat Pintar lakukan pada batas waktu yang telah ditentukan oleh bibit dan dibatasi usia pengguna yaitu mulai 18 sampai 64 tahun.

Asuransi tersebut tersedia sebagai bentuk perlindungan bagi seluruh nasabah yang terkena positif covid-19 dan sedang berada pada perawatan rumah sakit dengan memberikan bantuan biaya Rp1.000.000 per hari selama 30 hari maksimal.

QnA Tentang Aplikasi Bibit

  1. Q – Apa itu bibit?

A – bibit merupakan aplikasi Reksadana bertujuan membantu supaya seluruh rakyat Indonesia bisa bergerak lebih maju dengan adanya investasi. Hanya dengan satu kali klik dan semuanya akan beres. Sobat Pintar juga bisa berinvestasi secara optimal menyesuaikan level resiko.

  1. Q – Apakah bibit terdaftar OJK?

A – Aplikasi Bibit telah memperoleh izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK sebagai agen penjualan Reksadana dan perusahaan tersebut telah terdaftar ataupun di bawah pengawasan OJK.

  1. Q – Apa bonus investasi pertama kali di aplikasi bibit?

A – Jika Sobat Pintar mendaftar menggunakan kode referal seorang teman Sobat Pintar bisa memperoleh cashback hingga Rp25.000 dengan melakukan investasi paling rendah Rp100.000.

  1. Q – Berapa investasi minimal paling rendah?

A – minimum pembelian Reksadana adalah Rp10.000 yang bisa Sobat Pintar beli dengan pilihan sendiri.

  1. Q – Bagaimana metode pembayaran bibit?

A – Metode pembayaran yang ada pada bibit bisa Sobat Pintar lakukan dengan menggunakan go-pay, UFO aja, virtual account, atau transfer manual.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download