Cara Cek Kecepatan Internet Dengan 5 Pilihan Mudah

15 Oct 2021 by Laruan

Ada berbagai cara cek kecepatan internet yang mudah dilakukan. Internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang terutama selama kondisi pandemi saat ini di mana semua aktivitas sangat mengandalkan jaringan internet.  Internet bisa bersumber dari kuota data dan juga bisa berasal dari Wifi. Dengan adanya kuota data, sangat mudah untuk cek kecepatan internet di hp, yaitu  dengan mengetahui berapa besar byte dan kuota pada paket data. Sedangkan, agak sulit bagi Sobat Pintar untuk mengakses kecepatan internet dengan jaringan Wifi. 

Baca juga: 2 Cara Memulihkan Akun Google Dengan Mudah dan Cepat

Untuk itu, dalam artikel ini, Kredit Pintar akan membagikan 5+ cara cek kecepatan yang bisa Sobat Pintar lakukan: 

Cara cek kecepatan internet

1. Cara Cek Kecepatan di Internet Speed test

Cara cek kecepatan internet dengan menggunakan aplikasi Speed Test sangat cepat dan efektif. Sobat Pintar bisa mengetes kecepatan Internet dengan  aplikasi yang lengkap seperti, mulai dari WiFi dan alat pencari sinyal seluler, peta dari jangkauan jaringan, kemampuan untuk memilih server untuk tes kecepatan,  menguji kecepatan unduh (downlink),  menguji kecepatan unggah (uplink), hingga pengukuran penundaan waktu transfer data (latensi, ping), dan sebagainya. Pengguna aplikasi ini sudah mencapai 10 juta pengguna dengan respons yang positif. 

2. Cara Speedtest Ookla Cek Kecepatan Internet

Cara cek kecepatan internet

Aplikasi ini memberikan kemudahan uji koneksi internet kurang dari 30 detik dan akurat dan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Pada saat menggunakan aplikasi ini pastikan jaringan koneksi tetap dalam jaringan koneksi pribadi dengan speedtest VPN. 

Aplikasi ini bisa diakses secara gratis hingga 2 GB data melalui VPN perbulan, dan apabila lebih bisa melakukan upgrade ke premium. Ada jutaan pengguna telah mengakses aplikasi ini sebagai aplikasi yang bisa mengetes internet dan telah dipercaya oleh para professional. 

Fasilitas yang diberikan dalam aplikasi ini adalah, dapat menemukan unduhan, unggahan, grafik waktu yang update, bisa melakukan tes video. Selain itu juga bisa mengukur internet 5G secara akurat dengan aman. Aplikasi ini telah diakses oleh 100 juta pengguna yang memberikan respon positif terhadap aplikasi.

Speedtest.net juga akan membantu Sobat Pintar mengecek internet dengan cepat dengan menggunakan koneksi atau sinyal internet yang stabil. Caranya bisa mengunjungi website speedtest lalu pilih opsi “ GO” pada bagian tengah halaman lalu proses mencari tahu cara cek kecepatan internet akan berlangsung dengan kondisi real time. 

Pada saat proses pengecekkan internet sebaiknya ditunggu dan tidak melakukan aktivitas lain pada perangkat yang sama supaya proses pengecekkan berlangsung lancar. Speedtest internet juga dapat digunakan untuk mengecek kecepatan internet pada smartphone yang berbasis android, iOS, Windows, Mac dan versi lainnya.

3. Gunakan Fast.Com Untuk Cek Kecepatan Internet

Fast.com adalah cara cek kecepatan internet sangat simpel digunakan. Cara pemakaiannya pun sangat mudah, karena dengan mengunjungi situsnya, secara otomatis Fastcom akan mengecek kecepatan internet dengan cepat. Setelah selesai proses pengecekkan akan ditunjukkan informasi kondisi kecepatan internet Sobat Pintar pada layar.  Apabila proses pengecekkan mengalami gangguan pada jaringan maka bisa dilakukan dengan cara merefreshnya.

4. Bagaimana Cara Gunakan SpeedCheck – Speed Test Untuk Cek Kecepatan Internet?

Aplikasi ini memberikan kemudahan dalam melakukan cek kecepatan internet dan mengukur kinerja internet Sobat Pintar dan dapat diakses secara gratis. Fitur pemeriksaan internet otomatis juga memberikan kemampuan untuk menjadwalkan cara cek kecepatan internet secara berkala dan terus menerus. Speedcheck dapat digunakan untuk mengukur kecepatan internet dengan koneksi internet LTS, 4G, 3G atau menganalisis wifi untuk melakukan tes kecepatan wifi untuk hotspot wifi.

Fasilitas yang diberikan aplikasi ini adalah : uji unduhan dan unggahan kecepatan dan latensi, tes kecepatan LTE dengan operator seluler Sobat Pintar, tes kecepatan Wifi, jadwal pemeriksaan otomatis, melacak semua tes pengukuran kecepatan yang Sobat Pintar gunakan sebelumnya dan riwayat uji intuit dengan ikhtisar terperinci untuk setiap tes yang dilakukan. Aplikasi ini sudah diakses oleh hampir 10 juta pengguna dengan respon yang positif

Cara cek kecepatan internet di HP

5. Cek Kecepatan Internet Dengan Wifi  Analyzer & Tes kecepatan  –  Speed Test Master

Speed Master adalah pengukur kecepatan Internet Wifi, 2G, 3G, 4G, DSL dan ADSL. Hanya dengan sekali klik kecepatan internet akan bisa diketahui dengan cepat dalam waktu kurang lebih 30 detik. 

Fasilitas yang diberikan cara cek kecepatan Internet ini adalah tes kecepatan unduhan dan unggahan, tes sinyal, diagnosis jaringan, menganalisis wifi apabila jaringan kurang bagus, keamanan data, memonitor penggunaan data Sobat Pintar, memeriksa kecepatan internet secara real time dan bisa digunakan pada perangkat android dengan desain yang bagus. Pengguna dari aplikasi ini sudah mencapai 10 juta dengan respon yang positif.

6. Meteor : Speed Test 

Meteor adalah aplikasi yang bisa mengetes kecepatan internet yang bebas iklan dan dapat digunakan pada koneksi seluler  3G, 4G, 5 G, Internet & Wifi, serta pengujian kecepatan Wifi. 

Fasilitas yang diberikan oleh aplikasi ini adalah : Uji kecepatan internet dan kinerja aplikasi, kemudahan dalam proses pengecekkan, data statistik hasil pengujian dan histori pengujian yang bisa dilihat dengan mudah, bisa menemukan jangkauan lokasi internet terbaik untuk mendapatkan akses internet. Aplikasi ini juga bisa dihentikan kapan saja apabila tidak digunakan lagi. Aplikasi ini telah digunakan kurang lebih 5 juta pengguna dengan respon positif. 

Baca juga: Cara Partisi Hardisk di Windows 10

Aplikasi untuk cek kecepatan internet ini sangat mudah untuk diakses dan memiliki ulasan positif dari penggunanya, seperti  Kredit Pintar yang memberikan kemudahan bagi Sobat Pintar untuk mengajukan pinjaman tunai cepat cair. Proses pengajuan pinjaman di Kredit Pintar berlangsung cepat dan mudah, hanya dengan menggunakan KTP dan tanpa agunan


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

15 Oct 2021
mobile-closeKredit PintarDownload