Ini Cara Buka Rekening BCA Online

21 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 30 Dec 2021

Saat ini semua hal bisa dilakukan secara online, termasuk pembukaan rekening. Bagi Anda yang sedang tertarik untuk membuka rekening BCA secara online, berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai cara buka rekening BCA online.

Cara Buka Rekening BCA Online

Cara Buka Rekening BCA Online

BCA adalah salah satu bank swasta yang menerapkan teknologi digital mereka untuk pelayanan nasabah. Salah satu teknologi yang saat ini sedang populer yaitu pembukaan rekening online. Seperti apakah cara buka rekening BCA online?

Download BCA mobile

Cara buka rekening BCA online yang pertama yaitu Anda harus mengunduh atau mendownload aplikasi BCA mobile pada smartphone Anda. 

Aplikasi BCA mobile ini bisa Anda download melalui Google PlayStore atau App Store bagi pengguna iOS.

Pastikan juga bahwa nomor HP yang Anda gunakan untuk mengakses BCA mobile dalam kondisi aktif, karena nomor tersebut akan digunakan untuk registrasi akun BCA mobile Anda.

Buat Rekening

Cara buka rekening BCA online yang kedua adalah dengan membuat rekening BCA mobile. Setelah Anda mendownload aplikasi BCA mobile tadi, maka Anda akan diberikan pilihan untuk membuka rekening pada halaman utama aplikasi BCA mobile.

Pembukaan rekening BCA mobile ini membutuhkan beberapa kelengkapan data pribadi seperti e-KTP, tanda tangan, NPWP, dan data diri Anda.

Baca juga: Cara Membeli Saham Luar Negeri dan Daftar Broker

Tentukan Jenis Tabungan

Cara Buka Rekening BCA Online

Cara buka rekening BCA online yang ketiga yaitu menentukan jenis tabungan yang Anda inginkan. 

Tabungan yang ada di BCA dikategorikan menjadi beberapa jenis, yaitu Tahapan BCA, Tahapan Xpresi, dan Tahapan Gold.

Jenis tabungan Tahapan BCA memiliki ketentuan setoran minimum di awal yaitu sebesar Rp 500.000 dan setoran berikutnya mulai dari Rp 50.000. 

Jenis tabungan Tahapan Xpresi membutuhkan setoran minimum di awal sebesar Rp 50.000 dan setoran berikutnya sebesar Rp 50.000.

Setoran minimum awal tabungan jenis Tahapan Gold adalah yang paling besar yaitu Rp 10 juta. Jenis tabungan Tahapan Gold ini diperuntukkan bagi nasabah yang merupakan seorang pengusaha atau yayasan.

Buat Kode Akses

Cara buka rekening BCA online yang keempat yaitu pembuatan kode akses yang akan digunakan untuk masuk ke aplikasi BCA mobile. Pastikan Anda dapat mengingat kode akses yang telah Anda buat ini.

Lengkapi Dokumen 

Cara buka rekening BCA online yang kelima yaitu proses pelengkapan dokumen yang dibutuhkan. 

Di akhir proses pembuatan rekening BCA online, Anda akan diminta untuk menyerahkan dokumen-dokumen pribadi seperti foto e-KTP, foto diri, tanda tangan, dan NPWP.

Usahakan agar semua dokumen yang sifatnya berupa foto terlihat jelas agar tidak menghambat proses pembuatan rekening BCA Anda.

Lengkapi Informasi Pribadi

Cara buka rekening BCA online yang keenam yaitu kelengkapan informasi pribadi Anda, dimana Anda akan dimintai keterangan mengenai tujuan pembuatan rekening BCA Anda, nama ibu kandung, status tempat tinggal, status perkawinan, agama, pekerjaan, dan lain-lain.

Pilih Kartu

Cara Buka Rekening BCA Online

Cara buka rekening BCA yang ketujuh yaitu pemilihan jenis kartu. Setelah semua proses dan berkas yang dibutuhkan selesai, maka selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih jenis kartu. 

Perlu diketahui, setiap jenis kartu tabungan BCA ini memiliki ketentuan limit transfer dan juga penarikan serta biaya administrasi yang bervariasi, sehingga pilihlah jenis kartu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih Cabang Rekening Terdaftar

Cara buka rekening BCA online yang berikutnya yaitu pemilihan cabang rekening terdaftar. Nah, saat sampai di tahap ini Anda akan dimintai alamat email untuk internet banking dan juga alamat kantor cabang terdekat yang bisa Anda kunjungi untuk mengambil kartu debit Anda.

Meskipun Anda belum mengambil kartu pada hari itu, namun Anda tetap dapat melakukan proses transfer dan mengambil uang di ATM tanpa kartu debit.

Video Call Dengan CS

Cara buka rekening BCA online yang selanjutnya yaitu video call dengan customer service atau CS BCA. 

Tahap video call dengan CS ini bertujuan untuk memverifikasi data diri Anda dengan durasi video call selama kurang lebih 5 menit. 

Video call dengan CS ini dapat Anda lakukan antara pukul 06.00 sampai 20.00 WIB. Pastikan sebelum melakukan video call dengan CS, jaringan internet Anda dalam kondisi yang stabil.

Aktivasi 

Tahap terakhir dari cara buka rekening BCA yaitu proses aktivasi mobile banking. Pada tahap ini Anda bisa melakukan proses aktivasi mobile banking BCA Anda melalui PIN 6 digit yang sudah Anda buat sebelumnya.

Syarat Buka Rekening BCA Xpresi

Cara Buka Rekening BCA Online

Nah, buat Anda yang tertarik untuk membuka rekening BCA Xpresi, maka ada beberapa persyaratan yang perlu Anda perhatikan. Ada dua jenis persyaratan yaitu untuk nasabah dengan umur di bawah 12 tahun dan di atas 17 tahun.

Bagi Anda yang berusia di bawah 12 tahun maka, berikut ini adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi:

  • Proses pembukaan rekening Xpresi BCA wajib didampingi oleh orang tua atau wali
  • Menggunakan KTP milik orang tua atau wali yang berlaku
  • Akta kelahiran atau identitas atau kartu keluarga
  • NPWP milik orang tua atau wali (jika ada)

Sedangkan, bagi Anda yang berusia di atas 17 tahun maka persyaratan yang harus dipenuhi adalah:

  • KTP pribadi yang masih berlaku
  • NPWP (jika ada)

Baca juga: 6 Aplikasi Dompet Pengatur Keuangan

Limit Tahapan Xpresi BCA

Setelah Anda mengetahui cara buka rekening BCA online dan Anda tertarik untuk mengambil jenis tabungan Xpresi BCA, maka berikut ini adalah ketentuan limit Tahapan Xpresi BCA.

Limit per transaksi Tahapan Xpresi BCA melalui ATM BCA yaitu:

  • Tarik tunai Rp 7 juta
  • Setoran tunai Rp 30.000
  • Transfer ke sesama rekening BCA Rp 25 juta
  • Transfer ke rekening bank selain BCA Rp 10 juta

Limit transaksi Tahapan Xpresi BCA melalui mesin EDC yaitu:

  • Debit BCA Rp 25 juta

Limit transaksi Tahapan Xpresi BCA melalui mobile banking BCA (m-BCA):

  • Transfer ke sesama rekening BCA Rp 25 juta
  • Transfer ke rekening bank selain BCA Rp 10 juta


Sedangkan untuk limit transaksi Tahapan Xpresi BCA melalui internet banking yaitu Rp 25 juta dan transfer ke antar bank sebesar Rp 10 juta.

Baca juga: Portofolio Saham, Pengertian Hingga Cara Membacanya

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
30 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download