Cara Bikin Aplikasi Android Sendiri, Sederhana dan Gak Ribet

13 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 17 Jan 2022

Cara bikin aplikasi android sendiri sebenarnya bisa kamu lakukan tanpa harus tahu ilmu bahasa pemrograman atau yang sering disebut dengan istilah coding. Aplikasi android digunakan untuk mempermudah aktifitas kamu, bisa jadi lebih simple dan efisien gerak serta waktu. Kamu bisa bikin aplikasi yang berupa kumpulan artikel, materi-materi pelajaran, dan lain sebagainya. Jadi dengan demikian, kamu akan lebih gampang ketika ingin membuka kembali suatu waktu nanti.

Tentunya, belajar sesuatu itu harus bertahap ya, sob! Apalagi jika kamu adalah seorang pemula. Gak usah deh mikirin yang berat-berat dulu seperti gimana caranya bikin aplikasi marketplace besar seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, atau aplikasi pesan instan kayak Whatsapp, dll. Walaupun kamu sebenarnya bisa membuat itu semua, tapi yang namanya belajar juga harus dari dasarnya dong. Biar gak bingung.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara bikin aplikasi android tanpa harus menguasai ilmu coding yang akan kami bagikan untuk kamu semua.

Penasaran bagaimana tutorial selengkapnya? Yuk, langsung saja simak artikelnya.

Cara Bikin Aplikasi Tanpa Coding

Seiring berkembangnya waktu, banyak developer web aplikasi yang menciptakan sebuah teknologi yang akan membantu kamu membuat aplikasi android kamu sendiri. Semua perlengkapan dan sistem sudah tersedia dalam website tersebut, jadi para pengguna tinggal drag & drop saja.

Nah, berikut ini adalah beberapa website yang bisa membantu kamu bikin aplikasi android.

  1. Cara Bikin Aplikasi dengan Jegel.id

Sekilas memang seakan kayak too good to be true, terlalu keren untuk jadi kenyataan. Tapi itu faktanya, loh! Kamu bisa dengan sangat mudah merancang dan mulai bikin aplikasi android kamu sendiri dengan bantuan sistem yang disediakan oleh website jegel.id.

Jadi, kamu gak perlu lagi tuh mikirin banyak resource untuk membuat sebuah aplikasi android. Umumnya sih, membuat aplikasi memang membutuhkan resource yang gak biasa. Kamu butuh PS dengan spek yang high end agar bisa menjalankan software editor nya.

Apalagi, sebuah aplikasi tentunya membutuhkan biaya untuk maintenance yang jumlahnya tidak bisa dibilang sedikit. Tapi,, pakai jegel.id kamu gak butuh itu semua, bahkan kamu bisa bangun dan bikin aplikasi sendiri dengan gratis.

Bukan kaleng-kaleng, jegel.id menawarkan sebuah sistem yang bisa kamu gunakan untuk membangun berbagai jenis aplikasi android. Kamu bisa bikin marketplace untuk jual beli, biki aplikasi transportasi layaknya gojek dan grab, atau bikin aplikasi-aplikasi lainnya.

Kerennya lagi, aplikasi yang sudah selesai kamu buat tadi bisa loh kamu upload di Google  Playstore dan di publikasi untuk umum.

Gimana sih cara bikin aplikasi android pakai jegel.id. Mudah banget kok! Begini nih caranya!

  • Kamu tinggal pergi ke Playstore
  • Tuliskan pada kolom pencarian, Jegel.id atau Buat Apliaksi Android (+Ojek Online – Jagel.id
  • Setelah itu download aplikasinya dan install di smartphone kalian
  • Pastikan aplikasi sudah berhasil terinstall di Hp kalian
  • Buka aplikasi Jagel.id
  • Untuk pengguna baru, kamu diharuskan membuat akun terlebih dahulu di aplikasi Jagel.id
  • Setelah berhasil melalui tahapan buat akun baru, sekarang masuk ke aplikasinya
  • Sekarang kamu sudah bisa mulai bikin aplikasi nya

Kamu gak perlu lagi pusing mikirin bahasa coding yang njlimet. Karena untuk mulai membuat aplikasi android mu sendiri, kamu cukup klik pada opsi BUAT APP SEKARANG pada tampilan beranda aplikasi Jagel.id.

Setelah itu kamu akan diarahkan ke panel Appku. Disini kamu bisa mulai melakukan penyetingan awal untuk aplikasi yang ingin kamu buat.

Selanjutnya

  • Isi semua kolom yang tersedia
  • Upload gambar aplikasi pada opsi ikon
  • Ketikkan nama aplikasi yang akan kamu buat pada kolom Nama Aplikasi Selanjutnya, di bawah kolom nama aplikasi ada opsi Kode Nama App. Nah, pada bagian ini kamu bisa menuliskan nama aplikasi atau seperti username aplikasi (tanpa spasi). Bagian ini digunakan untuk mempermudah pencarian aplikasi pada menu pencarian yang ada di Google Play Store.

Dan selesai. Tahapan awal aplikasi sudah berhasil kamu buat. Selanjutnya kamu bisa melakukan penyetingan aplikasi android buatanmu. Menyesuaikan tata letak dan fungsi panel-panel pada halaman user interface nya. Kamu juga bisa melakukan pengaturan user experience pada tahapan kedua ini. Sesuaikan fungsi dan panel-panelnya dengan kebutuhan aplikasi yang akan kamu buat nantinya.

Sangat mudah, bukan?

  1. Cara Bikin Aplikasi dengan AppMachine

Seperti namanya, dengan situs website yang satu ini, kamu bisa membuat sebuah aplikasi android tanpa coding. Situs website ini AppMachine ini adalah sebuah platform pembuatan aplikasi android ataupun iPhone yang berbasis web, jadi kamu gak perlu download apapun untuk membuat sebuah aplikasi di website ini.

Yang perlu kamu lakukan adalah langsung melakukan penyetingan pada aplikasi sesuai dengan konsep dan fungsi aplikasi itu sendiri. Bahkan hanya dengan drag & drop kamu sudah bisa membangun satu aplikasi yang kamu inginkan.

Sayangnya sih, kamu harus melakukan pembayaran untuk bisa menggunakan semua fitur di website ini. Ada beberapa pilihan paket yang bisa kamu gunakan, untuk bisa membuat sebuah aplikasi profesional kamu harus menyiapkan setidaknya dana untuk pendaftaran sebesar $49. Tapi, ya lumayanlah! Hanya dengan uang kurang lebih 500-600 ribuan kamu udah bisa bikin aplikasi android sendiri.

  1. Cara Membuat Aplikasi Tanpa Coding dengan Good Barber

App builder selanjutnya yang kita rekomendasikan adalah Good Barber. platform yang satu ini merupakan salah satu app builder yang telah banyak digunakan oleh para developer aplikasi di seluruh dunia.

Mereka menyediakan persiapan template dan juga tema untuk aplikasi yang beragam. Baik tema-tema casual seperti bunga-bunga, hingga tema-tema teknologi. Tak kurang dari 350an tema tersedia dan bisa digunakan untuk para pengguna appbuilder yang satu ini.

Dengan Good Barber, kamu bisa bikin aplikasi android, iPhone, atau bahkan aplikasi website mu sendiri. Biaya yang ditawarkan pun cukup murah. Mulai dari 32 dollar/bulan hingga $200 per bulan. Berbeda dengan sebelumnya, kalau yang satu ini kamu membayar biaya berlangganan selama satu bulan. Jadi tak peduli berapapun aplikasi yang kamu buat, pembayaran tetap dengan nominal bulanan pendaftaran per paket yang kamu pilih. Menarik banget kan.

Nah, gimana? Masih pusing cari cara bikin aplikasi android yang mudah simple dan gak ribet? Perkembangan teknologi yang semakin pesat, tentu membawa dampak positif bagi kehidupan manusia, banyak kemudahan-kemudahan yang ditawarkan dari kemajuan era digital ini. Tinggal bagaimana pintar-pintarnya kita memanfaatkannya. Mau dibawa ke arah positif atau negatif semua tergantung pola pikir kita masing-masing.

Okay! Semoga artikel cara bikin aplikasi android sendiri tanpa coding ini bermanfaat untuk kalian ya. Jangan lupa berlangganan blog kami, karena akan ada artikel-artikel menarik lainnya untuk kamu.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
17 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download