Cara Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu

09 Nov 2023 by kreditpintar, Last edit: 09 Nov 2023

Punya modal kecil, tapi ingin mencoba berinvestasi saham? Bisa-bisa saja kok, Anda hanya tinggal ikuti panduan cara bermain saham dengan modal 100 ribu. Seperti yang telah diketahui, saham merupakan instrumen investasi yang dapat memberikan return tinggi.

Cara Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu, Cocok untuk Pemula

Hal tersebut membuat orang beramai-ramai mencobanya walaupun tahu resikonya juga cukup besar. Bagi Anda yang masih pemula, berinvestasi saham memang disarankan dengan modal yang kecil terlebih dahulu.

Dengan begitu, kemungkinan kerugian yang ditanggung juga tidak terasa besar. Jangan lupa, Anda juga butuh persiapan mental dan pengetahuan cukup mengenai saham sebelum mulai berinvestasi. Setelah itu terapkan cara bermain saham dengan modal 100 ribu berikut ini. 

Baca Juga: 7 Tips dan Cara Main Saham Pemula, Mudah dan Cepat Profit

Cara Main Saham Dengan Modal 100 Ribu

Jangan dikira, dengan modal kecil maka investasi saham tidak akan berhasil. Justru sebaliknya, jika Anda punya ketekunan dan menggunakan strategi yang tepat maka return tinggi tidak akan sulit diraih. Ikuti panduan selengkapnya di bawah ini. 

  • Tentukan Tujuan Finansial Anda

Langkah pertama dalam cara bermain saham dengan modal 100 ribu adalah Anda perlu menentukan tujuan finansial di masa depan. Dengan begitu, Anda bisa memperkirakan jangka waktu investasi saham serta potensi imbal hasilnya.

Diingatkan kembali jika investasi saham ini adalah instrumen yang memiliki tingkat resiko tinggi. Pasalnya, pergerakan harga saham ini fluktuatif, bisa naik atau turun drastis. Namun, dengan analisis fundamental yang baik jual beli saham sebenarnya memberikan return tinggi.

  • Pilih Sekuritas yang Cocok Dengan Kondisi Anda

Berikutnya adalah Anda harus membuka RDN yaitu Rekening Dana Nasabah. Tempatnya ada di perusahaan sekuritas, sekaligus di sana juga nantinya Anda akan membeli atau menjual saham.

Memilih perusahaan sekuritas tidak boleh asal-asalan. Anda harus memeriksa latar belakang dan kebijakan yang diterapkan di sana. Selain itu, pastikan juga perusahaan sekuritas dipastikan legal dan memiliki track record yang baik.

Berikutnya cek juga jumlah setoran awal serta biaya transaksi yang dikenakan pada investor. Setiap perusahaan sekuritas pada umumnya mempunyai kebijakan setoran awal yang berbeda-beda. Ada yang minimal sebesar 1 juta rupiah hingga 5 juta rupiah.

Jika Anda merupakan investor pemula tidak perlu khawatir. Saat ini sudah banyak bermunculan aplikasi saham online yang bisa membantu Anda untuk membeli saham dengan modal kecil. Bahkan aplikasi tersebut menawarkan pembelian saham di bawah 100 ribu saja.

  • Pilih Saham Dengan Harga Rendah dan Potensial

Sudah punya Rekening Dana Nasabah, kini saatnya lanjut ke step selanjutnya dari cara bermain saham dengan modal 100 ribu selanjutnya yaitu membeli saham. Anda harus tahu ada banyak sekali emiten saham di BEI.

Setiap emiten pun punya harga yang berbeda-beda. Lalu bagaimana cara memilih emiten sesuai dengan modal Anda? Pertama-tama ketahui dulu jika pembelian saham minum adalah 1 Lot atau 100 lembar.

Artinya jika modal Anda adalah 100 ribu rupiah, maka silahkan cari saham dengan harga di bawah 1.000 rupiah per lembar. Saat ini sudah banyak sekali saham dengan harga murah semacam itu. 

Walaupun begitu, Anda pun tidak boleh asal pilih, langsung beli saham paling murah. Anda harus mempertimbangkan banyak aspek. Contohnya seperti kondisi keuangan serta tingkat likuiditas perusahaan sekuritas tersebut.

Jangan sampai asal beli saham murah, padahal kondisi perusahaan sebenarnya sedang tidak bagus. Hal tersebut tentu akan mengurangi minat para investor lain. Lalu berefek pada tingkat likuiditas jadi rendah sampai harga saham yang terus merosot.

Cerita Sukses Nabung Saham 100 ribu per Bulan & Cara Memutarnya - Ajaib
  • Beli dan Jual Saham di Saat Yang Tepat

Cara bermain saham dengan modal 100 ribu berikutnya adalah Anda harus menjual dan beli di saat yang tepat. Waktu punya peranan yang sangat penting untuk aktivitas main saham. Selain itu, harga saham sifatnya fluktuatif alias naik turun dengan sangat cepat.

Pada umumnya, saham dengan harga rendah merupakan saham lapis kedua (medium cap) dan saham lapis ketiga (small cap). Biasanya, jenis saham seperti ini harganya lebih bergejolak daripada saham blue chip.

Sebagai orang yang main saham, Anda harus terus memantau pergerakan harga saham. Jangan lupa perhatikan juga grafik harga sama. Sehingga, Anda bisa memperkirakan waktu terbaik untuk menjual atau justru membelinya.

Keuntungan yang didapatkan juga makin banyak. Sebaliknya, jika Anda tidak mampu mengatur waktu yang tepat kapan harus beli atau menjual saham. Akibatnya tingkat kerugian juga bisa makin besar.

Baca Juga: Mau Tahu Cara Membeli Saham bagi Pemula?

  • Perhatikan Biaya Transaksi

Saat Anda melakukan aktivitas beli atau jual saham, setiap perusahaan sekuritas akan mengenakan biaya transaksi. Jumlah biaya transaksi untuk tiap perusahaan sekuritas pun berbeda-beda. Mulai dari yang termurah sebesar 0,15% sampai 0,35%.

Jangan salah, biaya transaksi ini juga faktor penting yang tidak boleh Anda abaikan. Dengan memperhitungkan berapa biaya transaksi, tentunya Anda akan semakin mudah memperkirakan perolehan keuntungan.

Tidak hanya itu saja, karena biaya transaksi sebenarnya juga bisa Anda pakai sebagai bahan pertimbangan seberapa sering Anda melakukan aktivitas jual beli saham. Makin sering Anda bertransaksi saham, berarti jumlah potongan yang dikenakan juga makin tinggi.

Tutorial Cara Bermain Saham dengan Modal 100 Ribu bagi Pemula | kumparan.com

Tips Investasi Saham Dengan Modal Kecil 100 Ribu Rupiah

Cara bermain saham dengan modal 100 ribu sudah dibahas sebelumnya. Kini saatnya Anda juga mengetahui tips dan strategi supaya investasi yang dilakukan berhasil dengan baik. Jadi, jika mau investasi Anda menguntungkan, setidaknya terapkan beberapa hal berikut:

  • Rajin Membaca Berita

Perbanyak membaca berita untuk memperkirakan saham dengan harga rendah namun cukup berpotensi mengalami kenaikan harga. Anda harus tahu bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga saham seperti akuisisi, situasi politik, hingga naik turunnya suku bunga.

  • Jangan Coba-Coba Malas Menganalisis

Sebelum memutuskan beli saham, jangan malas untuk melakukan analisis. Caranya seperti membaca laporan keuangan perusahaan paling tidak selama 5 tahun kebelakang. Selain itu, Anda juga bisa memperkirakan kondisi industri perusahaan di masa depan.

  • Menentukan Target

Saat mulai berinvestasi saham, pastikan sebelumnya untuk menentukan tujuan terlebih dahulu. Jadi bisa lebih mudah memilih langkah kedepannya. Untuk investasi saham, Anda dapat memasang target.

Target yang dimaksud seperti tentang jangka waktu investasi, persentase keuntungan, hingga kemungkinan kerugian yang harus diambil. Misalnya, Anda tentukan target keuntungan 10%  dan kalau sudah berhasil diraih baru dapat menjual saham.

Selain itu, upayakan juga untuk selalu disiplin. Biasanya investor pemula suka serakah dengan menahan saham karena harganya naik dengan tujuan mendapatkan keuntungan lebih banyak. Ingat harga saham itu fluktuatif, maka sangat bahaya jika tiba-tiba harganya turun.

Baca Juga: Cara Beli Saham Dan Aplikasi Saham

Itu dia tadi cara bermain saham dengan modal 100 ribu rupiah saja. Ternyata cukup mudah, dan paling penting Anda harus tidak malas melakukan analisis. Supaya keuntungannya juga dapat dimaksimalkan.

Artikel ditulis oleh Kredit Pintar, yang merupakan perusahaan fintech terkemuka, terdaftar OJK. Memberikan pinjaman online bagi Anda dan seluruh masyarakat Indonesia. Silahkan ikuti blog Kredit Pintar untuk informasi penting seperti promo dan hal menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
09 Nov 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download