Cara Agar Tidak Mengantuk, Jadi Lebih Produktif

22 Jun 2023 by kreditpintar, Last edit: 21 Jun 2023

Tidur yang berkualitas adalah kunci untuk meraih produktivitas yang maksimal. Apakah Anda sudah biasa tidur dalam waktu yang cukup? Atau sebaliknya, Anda masih merasa mudah mengantuk padahal sudah tidur berjam-jam. Ada baiknya untuk memahami cara agar tidak mengantuk, khususnya pada waktu-waktu yang seharusnya Anda gunakan untuk beraktivitas.

Selain itu, pada artikel ini kami juga akan membahas tentang penyebab rasa kantuk berlebih, Begitu juga untuk solusi agar tidak mudah mengantuk di pagi hari. Simak selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Apa Itu Sleep Paralysis, Penyebab, dan Solusinya

Pahami Alasan Kenapa Sering Mengantuk, dan Temukan Cara Agar Tidak Mengantuk

Alasan seseorang merasa ngantuk terus bisa jadi akibat dari kondisi tidur yang cukup singkat. Hal ini juga dikenal dengan jet lag karena perubahan jadwal aktivitas yang padat, sehingga tidak sesuai dengan siklus tidur normal. Tidak hanya itu saja, seseorang mungkin saja mengalami gejala penyakit tertentu, alhasil dirinya sering mengantuk. 

Gejala penyakit dalam pengertian ini, misalnya saja insomnia dan sleep apnea atau keadaan terganggunya pernapasan ketika tidur. Namun, masih banyak alasan lain yang dapat menyebabkan seseorang mengalami ngantuk terus di sepanjang hari, di antaranya:

  • Dehidrasi atau Kurang Cairan pada Tubuh

Ketika tubuh seseorang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, darah akan mengental dan memperlambat aliran nutrisi dan oksigen  untuk organ-organ dan otot. Konsentrasi juga akan menurun bila kadar air di dalam tubuh berkurang 1,5%. 

Saat mencapai angka 2%, tubuh kita akan memberikan sinyal haus atau butuh asupan cairan tambahan dan mudah ngantuk. Untuk itulah, kita harus menjaga tubuh agar tidak dehidrasi dengan cara minum banyak air putih Tanda dehidrasi sendiri adalah jika warna urin sudah berubah warna menjadi lebih gelap. 

  • Kebiasaan Tidur yang Buruk

Cara agar tidak mengantuk bisa dilakukan dengan kebiasaan tidur yang baik. Sebaliknya, kebiasaan tidur yang buruk juga mempengaruhi kualitas tidur. Atur jadwal tidur dengan baik karena ini sangat penting dan mempengaruhi aktivitas. Caranya dengan membiasakan bangun tidur seperti hari normal ketika akhir pekan dan lakukan istirahat (tidur) di siang hari secara singkat selama 20-25 menit. 

Tidur siang ini bakal memberi energi kembali setelah dari pagi mengerjakan banyak aktivitas. Anda juga tidak perlu tidur terlalu lelap yang justru menimbulkan kelelahan secara berlebih  dan membuat Anda sering ngantuk terus.

Selain itu, alasan kenapa manusia ngantuk terus di siang hari juga kadang tidak cukup tidur di malam hari. Penyebab kurang tidur ini karena ada beberapa faktor. Misalnya lingkungan tidur tidak kondusif, terlalu banyak pekerjaan, dan tidak mengetahui secara jelas waktu tidur yang dibutuhkan.

  • Kurang Berolahraga

Kurangnya kegiatan fisik seperti olahraga menjadi salah satu penyebab kenapa seseorang tidak berenergi dan mudah ngantuk seharian. Apakah Anda pernah mengalaminya? 

Ada beberapa penelitian yang membuktikan kalau orang dewasa yang beberapa kali dalam seminggu melakukan aktivitas ringan selama 15-20 menit selama 6 minggu akan berdampak pada kondisi tubuh lebih berenergi. Tentunya dengan berolahraga lebih rutin juga akan meningkatkan kualitas tidur. 

Karena olahraga dan tidur saling berhubungan dalam menjaga stamina tubuh. Jadi, olahraga cukup adalah salah satu cara agar tidak mengantuk. Tentunya harus dilakukan secara konsisten. 

  • Mengonsumsi Minuman Alkohol

Bagi sebagian orang, mengkonsumsi minuman alkohol memang bisa membantu tidur lelap. Namun, justru alkohol ini akan memperburuk kualitas tidur dan lebih cenderung terbangun di malam hari. 

Ada penelitian yang menyatakan bahwa bila seseorang minum alkohol secara berlebihan dalam waktu panjang akan mempersingkat waktu tidurnya. Alkohol membuat jumlah waktu tidur REM (Rapor Eye Movement) berkurang dan akan menyebabkan manusia tetap merasa ngantuk dan lelah walaupun sudah tidur. 

  • Stress dan Depresi

Kondisi emosional dan mental juga faktor penting yang mempengaruhi kualitas tidur, terutama stress dan depresi. Hal ini bisa terbentuk dari banyaknya pikiran yang menumpuk sebelum menjelang tidur.  

Jika seseorang banyak pikiran tentu akan membuat tidur tidak nyenyak, sehingga menjadi alasan kenapa sering mengantuk terus di keesokan harinya. Kondisi stress dan depresi akan memicu manusia mengalami insomnia. Cara agar tidak mengantuk keesokan harinya bisa dimulai dengan mengatur pikiran agar lebih rileks.

  • Mengalami Penyakit atau Kondisi Kesehatan Tertentu

Ada beberapa kondisi kesehatan yang membuat manusia sering ngantuk di sepanjang hari. Misalnya Sindrom Kaki Gelisah atau Restless Leg Syndrome (RLS), narkolepsi, parasomnia, fibromyalgia, diabetes, dan anemia. Kondisi kesehatan seperti ini membutuhkan pengobatan atau penanganan medis yang tepat.

 Baca juga: 7 Cara Mengatasi Insomnia

Cara Agar Tidak Mengantuk di Pagi Hari?

Pagi hari merupakan waktu di mana tubuh merasa segar setelah bangun tidur. Namun, tidak jarang justru banyak orang yang merasa lemas dan masih mengantuk. Karena itu, Anda yang sering mengantuk di pagi hari, harus lebih tahu penyebabnya agar segera tahu cara mencegah ataupun mengatasinya.

Bila diperlukan, konsultasikan dengan dokter sesuai dengan gejala penyebab yang dialami. Anda juga bisa mengikuti langkah praktis agar tubuh terasa segar dan tidak mengantuk di pagi hari seperti berikut ini:

  1. Melakukan peregangan tubuh atau berolahraga ringan
  2. Segera mencuci muka dengan air setelah bangun tidur
  3. Makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks saat sarapan
  4. Usahakan ruang tidur ada celah untuk sinar matahari masuk saat pagi hari
  5. Hindari begadang, usahakan tidur selama 7-8 jam setiap hari
  6. Tidur dan bangun di jam yang sama tiap harinya
  7. Tidak minum kopi atau minuman yang mengandung kafein sebelum tidur
  8. Tidur dalam keadaan pikiran yang rileks

Agar Tidak Mengantuk, Tanpa Harus Minum Kopi

Kopi menjadi minuman pilihan untuk mengurangi kantuk dan lelah ketika bekerja. Namun, bila dikonsumsi secara berlebihan, tentu tidak baik bagi kesehatan. 

Mungkinkah seseorang bisa tahan dan tidak mengantuk tanpa minum kopi? Tentu bisa, asal dilakukan dengan konsisten. Yuk, simak tips dan cara agar tidak mengantuk berikut!

  1. Rutin berjemur di bawah sinar matahari ketika pagi hari
  2. Mengkonsumsi camilan sehat untuk me-recharge energi
  3. Perbanyak minum air putih
  4. Mengatur pernafasan atau bernafas dengan dalam
  5. Melakukan meditasi sejenak
  6. Usahakan menghindari makanan pedas dan berlemak di malang hari
  7. Sering makan makanan yang mengandung vitamin B
  8. Rutin jalan-jalan ringan

Baca juga: Manfaat Membaca Sebelum Tidur Untuk Kinerja Otak

Demikianlah ulasan tentang cara agar tidak mengantuk, khususnya di waktu produktif. Anda pun sudah mengetahui penyebab seseorang sering mengantuk. Semoga penjelasan ini berguna bagi Anda, dan Anda bisa menjalani kegiatan sehari-hari dengan lebih bermakna. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech yang terdaftar dan diawasi OJK yang akan memberikan kemudahan pinjaman online bagi seluruh masyarakat. Ikuti terus blognya untuk mendapatkan informasi promo dan tips menarik lainnya!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Jun 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download