Ini Dia Tips Mencegah Insomnia Untuk Tidur Nyenyak

19 Apr 2021 by Laruan
insomnia

Apa itu insomnia?

Apakah Anda termasuk salah satu orang yang memiliki kesulitan tidur di malam hari? Padahal jadwal besok sangat padat dan Anda harus istirahat sebanyak mungkin. Mungkin saja Anda adalah salah satu penderita insomnia, yaitu kondisi kesulitan tidur yang dialami seseorang. Para penderita insomnia cenderung memiliki kondisi yang tidak prima saat menjalankan aktivitasnya karena kurang tidur.

Untuk mengetahui pastinya apabila Anda memiliki insomnia, perhatikan hal-hal berikut. Apakah Anda sulit tidur nyenyak sepanjang malam dalam jangka waktu berhari-hari? Kepala Anda terasa sakit di pagi hari? Apakah Anda mendapatkan diri Anda sulit untuk berkonsentrasi dan fokus? Dan apakah Anda merasa menjadi lebih sensitif dari biasanya?

Apa penyebab insomnia?

Apabila iya, maka terdapat kemungkinan besar Anda memiliki insomnia. Jika kondisi ini sampai mengganggu aktivitas sehari-hari Anda, jangan lupa untuk konsultasikan kepada ahli kesehatan atau dokter terdekat. Beberapa penyebab seseorang mengalami gangguan tidur meliputi stres atau kegelisahan akan masalah yang bertumpuk, efek mengonsumsi makanan yang tidak baik, kurang olahraga, atau faktor-faktor lainnya. Faktor pengganggu seperti suara berlebihan, suhu yang sering berubah, atau efek samping dari pengobatan juga dapat menjadi beberapa penyebab insomnia.

Bagaimana cara mencegah insomnia menyerang?

Anda bisa mencegah insomnia dengan mengubah gaya hidup Anda secara perlahan. Beberapa tips untuk mencegah insomnia, diantaranya menetapkan jadwal tidur, menciptakan lingkungan tidur yang nyenyak seperti mematikan lampu saat tidur, berjemur di bawah matahari saat bangun tidur untuk membantu jam biologis tubuh, mengurangi konsumsi kafein sebelum tidur, berolahraga secara rutin, membatasi aktivitas di tempat tidur, dan mengurangi beban pikiran. Insomnia harus dengan sigap dihadapi dengan beberapa tips pencegahan di atas agar tidak mengganggu aktivitas dan kegiatan yang seharusnya Anda lakukan. Apabila tips untuk mencegah yang telah dilakukan masih dianggap tidak membuahkan hasil, maka Anda disarankan untuk dapat menemui ahli tidur untuk melakukan tes dan menerima diagnosa lebih lanjut.

Lalu, apa itu hipersomnia?

Walau begitu, insomnia bukanlah satu-satunya gangguan tidur, lho. Hipersomnia merupakan kondisi umum yang jarang diketahui orang banyak. Namun, perbedaannya adalah penderita hipersomnia selalu merasa ingin tidur sekalipun sudah tidur cukup. Pemicu-pemicu hipersomnia sendiri, yakni tubuh obesitas, pola hidup yang kurang sehat, efek samping dari pengobatan, faktor genetika, dan lain-lain.

Apa penyebab hipersomnia?

Pemilik gangguan hipersomnia sendiri cenderung sering tidur siang, tertidur secara tiba-tiba, atau tidur dalam waktu lebih lama dari rata-rata. Selain itu, penderita hipersomnia juga akan memiliki kesulitan mengingat, tidak nafsu makan, perasaan cemas, kesulitan untuk fokus, dan merasa sulit untuk bangun tidur. Beberapa tips pencegahan hipersomnia adalah dengan membuat agenda atau jadwal tidur, menyetel jam tertentu untuk bangun, mencoba untuk tidur lebih awal dari biasanya, dan berolahraga secara teratur. Perlu diketahui bahwa banyak yang mengira hipersomnia dapat muncul saat seseorang melakukan terlalu banyak aktivitas pada kesehariannya. Namun, hipersomnia juga dapat muncul ketika seseorang tidak melakukan aktivitas apapun sehingga waktunya dihabiskan untuk tidur.

Salah satu faktor besar dari gangguan tidur yang dialami banyak orang ini adalah kasur yang tidak nyaman. Cari tahu kasur apa yang cocok dengan Anda, kasur apa yang dapat membuat Anda nyaman saat tidur, dan kasur apa yang dapat membuat Anda tidur lebih baik. Harga yang mahal jangan dijadikan penghalang untuk Anda menikmati waktu tidur Anda, dan jangan sampai Anda menerima efek jangka panjang yang buruk karena Anda tidak sigap dalam menyikapi permasalahan ini. Sekarang sudah ada kredit pintar, yaitu pinjaman dana yang akan membantu Anda memperoleh kasur terbaik tanpa menunggu terlalu lama. Kredit pintar memberikan keuntungan berupa pencairan yang cepat, sehingga pinjaman dana yang diterima dapat langsung Anda pakai untuk kasur baru Anda!

Kredit pintar
19 Apr 2021
mobile-closeKredit PintarDownload