7 Cara Mengatasi Insomnia

18 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 19 Feb 2022

Mungkin Sobat Pintar pernah merasakan gelisah atau mengalami kesulitan ketika akan tidur di malam hari. Kondisi ini dikenal juga dengan sebutan insomnia. 

cara mengatasi insomnia

Apa itu insomnia? 

Insomnia adalah sebuah keadaan dimana orang yang menderita kondisi ini akan mengalami kesulitan atau bahkan tidak bisa tidur sama sekali. Apabila kondisi insomnia ini hanya terjadi sesekali, kondisi ini tidak perlu untuk sobat pintar waspadai. Namun apabila kondisi insomnia ini telah berjalan dalam waktu yang lama dan membuat Anda kesulitan atau tidak bisa tidur sama sekali di malam hari, ada baiknya sobat pintar mempertimbangkan untuk bertemu dengan dokter.

Kondisi insomnia ini dapat disebabkan oleh berbagai macam hal yang membuat sobat pintar tidak dapat tidur dengan nyaman ketika malam hari tiba. Berikut ini adalah beberapa penyebab insomnia.

1. Apnea tidur 

Apnea tidur atau juga dikenal dengan sebutan Sleep apnea adalah kondisi dimana penderita mengalami gangguan tidur yang dikenali dengan berhentinya napas secara berulang pada saat tidur. Apnea tidur ini membuat pasokan oksigen berkurang dan membuat tidur tidak nyaman.

Beberapa ciri orang yang menderita apnea tidur adalah terengah-engah ketika tidur, terbangun dengan mulut yang kering, tidur dengan mendengkur yang keras, kepala nyeri ketika bangun tidur, sulit untuk tidur dengan nyenyak, dan juga mengantuk di siang hari.

2. Masalah emosional

Kondisi insomnisa juga dapat disebabkan oleh permasalahan yang dihadapi. Permasalahan yang berat sering kali membuat kondisi tidak nyaman, perasaan tidak tenang, bisa membuat depresi dan berujung pada sering bangun ditengah malam dan kesulitan untuk tidur kembali. Permasalahan yang berlarut-larut akan membuat tekanan emosional menjadi bertambah dan akan tambah sulit untuk tidur dengan nyenyak. Untuk itu, permasalahan yang mengganjal harus segera diatasi untuk membuat tidur dapat kembali nyaman dan nyenyak.

 3. Kondisi Yang Tidak Nyaman

Kesulitan tidur dapat juga berasal dari kondisi tidur yang tidak nyaman, mulai dari kasur yang terlalu keras, terlalu empuk yang membuat posisi tidur tidak nyaman. Atau bisa juga kondisi tidak nyaman ini disebabkan oleh suhu udara yang terlalu panas. Indonesia memang berada di daerah tropis yang membuat suhu udara di dalam kamar terasa panas, apabila Sobat Pintar tidak menggunakan Air Conditioning untuk membuat suhu udara di dalam kamar menjadi nyaman.

Cara Mengatasi Insomnia

Apabila sobat pintar sering mengalami insomnia, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi insomnia.

1. Relaksasi

Sebelum tidur cobalah untuk melakukan metode relaksasi, untuk membuat kondisi Sobat Pintar menjadi lebih tenang. Cobalah untuk melakukan yoga atau bisa juga melakukan pilates. Tujuan dari relaksasi ini adalah untuk memberikan ketenangan dan juga suasana yang nyaman bagi tubuh, dengan harapan kita dapat lebih mudah terlelap dan tidur dengan nyenyak sampai pagi hari.

Selain dua aktivitas relaksasi seperti yoga dan pilates, Sobat Pintar juga dapat mencoba untuk membaca buku ringan, mandi air hangat atau bisa juga mendengarkan musik dengan irama yang pelan untuk membuat suasana tubuh yang tenang sehingga tubuh dapat lebih relaks dan siap untuk tidur sampai pagi hari.

2. Menjaga Pikiran Positif

Orang yang sering memiliki prasangka buruk, memiliki kecemasan dan juga rasa khawatir yang berlebihan dapat menjadi sebab tidur menjadi sangat tidak nyaman. Untuk Sobat Pintar yang sering merasakan kecemasan yang berlebihan, ada baiknya untuk mulai berlatih untuk berpikir secara positif untuk menciptakan kondisi pikiran yang lebih tenang.

Apabila ini sering terjadi pada Sobat Pintar, cobalah untuk melakukan meditasi yang bertujuan untuk menenangkan pikiran sebelum tidur. Namun apabila masih sulit untuk menghilangkan kecemasan, ada baiknya untuk konseling ke psikiater untuk membantu mengatasi permasalahan kecemasan ini.

3. Konsumsi makanan sehat

Makanan yang kita konsumsi, memiliki pengaruh yang sangat besar pada pola tidur kita. Untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak dan juga nyaman adalah menghindari makan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat dan lemak jenuh yang tinggi beberapa saat sebelum tidur. 

Hal ini disebabkan, makanan jenis ini cukup sulit untuk dicerna dan akan membuat sistem pencernaan bekerja jauh lebih berat dan pada akhirnya membuat kita sulit untuk tidur dengan tenang.

Apabila Sobat Pintar merasa kelaparan di malam hari, cobalah makan buah atau makanan ringan yang sehat seperti yoghurt

4. Mengurangi Minuman Dengan Kandungan Kafein

Konsumsi minuman berkafein tinggi seperti kopi beberapa saat sebelum tidur dapat membuat tidur Sobat Pintar menjadi tidak nyaman. Minuman dengan kandungan kafein ini dapat membuat kita menjadi terjaga dan membuat kita tetap melek di malam hari.

Untuk itu apabila Sobat Pintar tidak memiliki deadline yang akan dikejar, tugas yang belum terselesaikan, dan ingin tidur nyenyak di malam hari, ada baiknya kita menghindari minuman berkafein.

Sebagai gantinya, Sobat Pintar dapat meminum air putih atau juga susu.

5. Membuat Suasana Kamar Yang Nyaman

Kamar tidur terkadang menjadi pusat kegiatan ketika kita berada di dalam rumah. Berbagai macam kegiatan kita lakukan seperti bekerja, bermain game atau hanya sekedar menonton tv, seringkali semuanya kita lakukan di dalam kamar tidur. Hal ini terkadang dapat membuat kita merasa kesulitan tidur karena dari pagi hingga malam tiba kita hanya berada di dalam ruangan tidur secara terus menerus.

Kamar tidur idealnya memang hanya dipakai untuk beristirahat dan tidur di malam hari. Untuk itu apabila kita memiliki beberapa ruangan, ada baiknya untuk membagi sesuai dengan kebutuhan sobat pintar seperti ruang belajar, ruang menonton tv atau ruangan lain sesuai kebutuhan kita.

Ciptakan suasana kamar yang mendukung untuk kita beristirahat, seperti kamar dengan aliran udara yang baik, kondisi ruangan yang bersih dan tidak berbau tajam yang mengganggu. Untuk lebih membuat tidur lebih nyaman, pilihlah bantal yang pas untuk leher kita dan pastikan kasur yang kita gunakan merupakan kasur yang nyaman untuk tidur.

6. Olahraga

Untuk mendapatkan tidur yang nyaman, kita juga perlu memiliki pola hidup yang baik, seperti makan yang teratur, menghindari stress dan juga yang penting adalah berolahraga secara teratur. Olahraga ini penting untuk membuat kondisi tubuh kita tetap bugar sehingga selain dapat tidur dengan nyaman, tubuh kita juga selalu dalam kondisi yang prima. Usahakan untuk secara teratur berolahraga paling tidak 30 menit setiap harinya.

7. Konsultasi Dengan Dokter

Apabila kondisi insomnia ini sudah sangat mengganggu dan membuat kita tidak dapat tidur selama berhari-hari, maka sangat dianjurkan untuk Sobat Pintar segera berkonsultasi dengan dokter. Apabila memang dibutuhkan, dokter akan memberikan kita obat-obatan yang dibutuhkan untuk membantu kita mendapatkan tidur yang nyaman dan nyenyak di malam hari.

Namun pastikan, agar kita mengikuti anjuran dokter dan meminum obat sesuai resep yang diberikan oleh dokter. Hal ini karena, bagaimanapun obat-obatan memiliki efek samping yang buruk apabila disalahgunakan atau dipergunakan terlalu banyak.

Demikianlah beberapa cara yang dapat Sobat Pintar lakukan untuk dapat mengatasi insomnia, sehingga kita mendapatkan tidur malam yang nyenyak dan dapat bangun dengan kondisi segar yang dapat membuat kita siap untuk berbagai macam tantangan di hari esok.

Kondisi ruangan tidur yang panas akan sangat mengganggu kualitas tidur kita, untuk itu jangan ragu lagi untuk melengkapi kamar tidur dengan AC agar suhu kamar menjadi nyaman dan tidur menjadi lebih berkualitas. Untuk Sobat Pintar yang mengalami kesulitan tidur karena kondisi yang tidak nyaman seperti suhu udara yang terlalu panas atau kasur yang sudah sangat tidak nyaman maka Kredit Pintar dapat memberikan solusi yang cepat dan tepat untuk Sobat Pintar. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

19 Feb 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download