Bumbu Ayam Bakar Nusantara yang Bikin Lapar

20 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 28 Jan 2022

Soal masakan, Indonesia memang juaranya. Apalagi yang berkaitan dengan olahan ayam. Setiap daerah di Indonesia bahkan memiliki bumbu olahan ayam sendiri yang menjadi ciri khasnya. Salah satu yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia adalah bumbu ayam bakar.

Baca juga Resep Ayam Kodok, Makanan Enak Khas Natal

Bicara soal ayam bakar, jenis masakan ini merupakan salah satu yang paling populer di Tanah Air. Hampir ada di setiap jenis restoran, mau itu restoran Padang, Jawa, Melayu sampai ke restoran Daerah Indonesia Timur.

Salah satu yang membuat ayam bakar begitu terkenal dan disukai adalah karena tekstur kulit ayam yang gosong dan creamy di bagian luar akibat terbakar arang memiliki sensasi makan tersendiri yang bikin nagih. Biasanya sebelum dibakar, ayam perlu dimarinasi dengan cara dibumbui terlebih dahulu beberapa jam sebelum dipanggang agar bumbunya lebih meresap.

Setiap daerah memiliki bumbu ayam bakar tersendiri yang menjadikannya berbeda dengan masakan dari daerah lainnya.

Jika Sobat Pintar adalah penikmat hidangan ayam bakar, baca artikel ini sampai selesai agar tahu semua jenis masakan ayam bakar di Nusantara.

1. Bumbu Ayam Bakar Padang

Jangan asal ngaku pecinta rumah makan Padang kalau Sobat Pintar belum pernah mencicipi hidangan dari RM Padang ini. Bumbu ayam bakar Padang yang pedas dan kaya rempah ini memang menjadi salah satu menu andalan di rumah makan Padang, mau itu yang sekelas restoran maupun yang di kaki lima. Semua pasti menyediakan menu ayam bakar.

Untuk menyajikan ayam bakar ala Minang, biasanya mereka memarinasi ayam terlebih dahulu dengan bumbu kuning dan sedikit santan. Beberapa jenis bumbu khas Padang lainnya juga senantiasa menemai proses memasak ayam bakar tersebut, seperti daun serai, daun kunyit, asam kandis, dan bumbu lainnya yang menambah kental aroma ayam.

2. Bumbu Ayam Bakar Sapit

Tahukah Sobat Pintar dari mana asal ayam bakar sapit ini? Ayam bakar ini adalah makanan khas Palembang dan disebut ayam sapit karena proses membakarnya yang menggunakan penjepit dari bambu.

Bumbu ayam bakar sapit sebenarnya tidak jauh berbeda dengan ayam bakar yang berasal dari Padang tadi, yaitu berupa bumbu santan kental yang telah dicampur dengan berbagai rempah-rempah dan daun-daunan yang beraroma. 

Untuk membuat ayam bakar sapit, terdapat beberapa bumbu halus yang juga harus dipersiapkan. Beberapa diantaranya yaitu bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe, ketumbar, jinten dan terasi matang. Kemudian ayam dijepit dengan menggunakan penjepit bambu dan dibakar diatas arang hingga matang. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?

3. Bumbu Ayam Bakar Bekakak

Sekarang kita menyeberang ke Pulau Jawa. Kali ini berasal dari Jawa Barat, yaitu ayam bakar khas Sunda yang diberi nama Ayam Bakar Bekakak. 

Nah, bedanya ayam bakar sunda ini dengan dua ayam bakar sebelumnya adalah cara penyajiannya. Ayam Bakar Bekakak disajikan dengan bentuk ayam utuh yang diposisikan telentang di atas nampan besar. Biasanya ayam ini diperuntukkan bagi mereka yang sedang melangsungkan hajatan.

Ayam Bekakak dipercaya oleh masyarakat Sunda sebagai simbol sedekah yang dilakukan oleh si pemilik hajatan tersebut.

Ayam Bakar Bekakak memiliki rasa spesial yang wajib Sobat Pintar coba. Perpaduan rasa manis, gurih dan pedas memiliki cita rasa yang luar biasa. Sebuah perpaduan yang sangat sempurna.

Bumbu Ayam Bakar Bekakak sendiri merupakan resep warisan turun temurun dari masyarakat Sunda yang terdiri dari dari santai dan rempah-rempah khas Sunda lainnya. Ayam ini diungkep terlebih dahulu agar daging ayam terasa lebih empuk. 

Baca juga Cara Masak Sayur Sop Ayam dan Daging

4. Bumbu Ayam Bakar Solo

Selanjutnya adalah Ayam Bakar dari kota kelahiran Presiden Joko Widodo, yaitu Ayam Bakar Solo. 

Yang khas dari ayam bakar asal Solo ini adalah rasa manis dan gurihnya yang begitu kental di lidah. Masakan ini mirip dengan tahu bacem. Mulai dari warnanya hingga rasanya. 

Penampilan hidangan ini begitu menarik dari luar, warna kulitnya coklat mengkilat. Terlihat proses pembakaran yang begitu sempurna. Belum mencicipinya saja Sobat Pintar sudah tergila-gila oleh penampakannya.

Adapun yang menjadi rahasia kenikmatan dari hidangan khas Solo ini adalah penggunaan air kelapa dan kecap manis saat proses pengungkapannya. Bumbu ayam bakar dimasukkan bersama air kelapa dan kecap, menjadi perpaduan bumbu yang begitu sempurna di lidah.

Biasanya makanan ini lebih sering menggunakan ayam kampung daripada ayam kota. Hidangan Ayam Bakar Solo juga semakin lengkap dinikmati bersama tahu goreng, tempe goreng, sambal bawang dan segelas es teh.

5. Bumbu Ayam Bakar Taliwang

Bisakah Sobat Pintar menebak dari mana asal Ayam Bakar Taliwang ini? Ya, ini adalah hidangan khas salah satu kota di Indonesia bagian timur, Lombok. Hidangan Taliwang selalu terkenal dengan cita rasanya yang super pedas, begitu juga dengan ayam bakar ini. Sensasi bumbu ayam bakar Taliwang cukup membuat telingamu memerah karena kepedasan.

Mengapa bisa begitu pedas? 

Rahasianya ada di bumbu marinasinya. Ternyata bumbunya adalah bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabe merah keriting, kenur, terasi dan garam. Pantes pedas sekali ya!

Setelah dibakar, biasanya Ayam Bakar Taliwang disajikan bersama plecing kangkung dan sedikit taburan bawang goreng. Sebuah surga kuliner yang tiada dua pastinya.

6. Bumbu Ayam Bakar Cincane

Dari Lombok, sekarang kita beralih ke Pulau Kalimantan, tepatnya di Kalimantan Timur. Salah satu ayam bakar yang khas dari daerah ini adalah Ayam Bakar Cincane.

Biasanya orang kalimantan menikmati Ayam Bakar Cincane sebagai menu sarapan. Tapi, kalau Sobat Pintar mau menikmatinya untuk makan siang juga tidak menjadi masalah.

Cita rasa yang disajikan oleh ayam bakar ini adalah gurih, pedas dan legit. Tentu saja ini berasal dari bumbu yang unik dari Kalimantan Timur. Biasanya masyarakat sekitar menggunakan cabe, terasi dan gula merah untuk bumbu marinasinya.

Penggunaan ayam kampung juga menjadi rahasia mengapa ayam ini begitu nikmat di lidah. Ayam Cincane ini juga sering dihidangkan saat masyarakat Kalimantan Timur mengadakan hajatan atau syukuran. 

Ayam Bakar Cincane semakin nikmat disantap bersama nasi putih hangat dan segelas air dingin.

7. Bumbu Ayam Bakar Iloni

Nah, ini dia ayam bakar terakhir yang akan dibahas dalam artikel ini. Ayam Bakar Iloni yang merupakan hidangan khas dari Gorontalo. 

Yang unik dari ayam bakar ini adalah cara memasaknya. Ayam bakar tidak digunakan sekaligus untuk mengungkep. Pertama-tama ayam direbus terlebih dahulu menggunakan santai hingga empuk. Setelah itu, barulah ayam dilumuri dengan bumbu lainnya sebelum kemudian dibakar di atas bara api.

Itulah beberapa jenis bumbu khas nusantara. Jika Sobat Pintar berkunjung ke salah satu kota diatas jangan lupa untuk mencicipi ayam bakarnya ya.

Baca juga Cara Masak Gulai Ayam Super EmpukArtikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
28 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download