5 Wisata Alam Sekitar Bukit Bintang Dengan Nuansa Indah

03 Nov 2023 by kreditpintar, Last edit: 10 Nov 2023

Jika kamu berkunjung ke Yogyakarta, maka kurang lengkap kalau kamu tidak mendatangi wisata yang fenomenal ini. Wisata malam Bukit Bintang tepatnya berlokasi di Jalan Jogja  – Wonosari, Kapanewon Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Wisata Alam

Bukit Bintang ini memiliki nuansa malam hari yang sangat menawan. Dengan pemandangan gemerlap Kota Yogyakarta dari atas bukit yang bisa kita saksikan bersama kerabat terdekat.

Nama asli dari Bukit Bintang Jogja adalah Bukit Hargodumilah. Sebelum menjadi tempat wisata, tempat ini berfungsi untuk rest area untuk orang yang melintas. Namun seiring waktu melihat potensi pemandangan dari atas bukit sangat menakjubkan. Warga membuat warung atau kedai di wilayah tersebut.

Semakin lama, semakin banyak wisatawan yang mendatangi tempat  ini. Pemerintah dan masyarakat setempat yang peka terhadap potensi tersebut berupaya menjadikan Bukit Bintang sebagai tempat wisata yang lebih tertata. Utamanya pada malam hari, Bukit Bintang ini ramai dikunjungi khususnya kaum remaja karena tiket masuknya gratis.

Para pengunjung yang datang cukup membayar tiket untuk parker. Café setempat menawarkan menu dengan harga yang ramah di kantong. Lalu yang menjadi poin utamanya disini adalah pemandangan indah gemerlap kota Yogyakarta yang dapat dilihat dari atas tanpa tertutup apapun.

Tak cuma di malam hari, pada sore hari pemandangan indah wisata Bukit Bintang juga tidak kalah menarik. Terlihat Gunung Merapi dan Merbabu dengan jelas saat cuaca sedang cerah.

Baca juga: Manfaat Minum Kopi Hitam Bagi Kesehatan

Juga pada saat senja, wisatawan dapat menikmati pemandangan sunset dan bercengkrama dengan kerabat sambil menyeruput teh dan kopi. Ada juga roti bakar atau jagung bakar sebagai menu yang andalan wisata Bukit Bintang.

Hingga saat ini kawasan wisata Bukit Bintang bisa dikategorikan sebagai surganya para remaja. Pun  bagi fotografer yang sedang berburu pemandangan alam dari atas untuk diabadikan dan dijepret lensa kamera untuk diunggah di media sosial. Bukan tanpa alasan, karena nuansa indah Bukit Bintang yang tak terbendung.

Wisata Bukit Bintang buka selama 24 jam, namun dominasi pengunjung untuk berkunjung ke Bukit Bintang justru pada malam hari. Karena pemandangan wisata ini terlihat lebih indah saat malam hari. Terlebih lagi pengunjung tidak dibebani biaya tiket masuk dan cuma perlu membayar tiket parkir.

Kawasan wisata Bukit Bintang di Jogja ramai dijumpai wisatawan untuk menyaksikan pemandangan Kota Jogja yang lebih indah. Daerah ini bisa dikatakan hampir tidak pernah sepi, baik siang maupun malam.

√ 5 Daftar Pesona Wisata Dan Hotel Bukit Bintang Jogja

Baca juga: Kini Membuat dan Memperpanjang SIM 2022

Tidak jauh dari Bukit Bintang, ternyata ada wisata alam lain yang menarik untuk dikunjungi wisatawan. Kamu bisa catat informasi di bawah ini ya agar nanti bisa sekalian mampir saat ke Bukit Bintang.

1. Gunung Ireng

Buat kamu yang suka berburu pemandangan matahari terbit, maka Gunung Ireng adalah jawaban yang tepat untuk kamu. Hadir di ketinggian sekitar 200 mdpl, kamu bisa saksikan kepulan kabut dan lukisan sunrise di langit pagi.

Spot yang menjadi tajuk utama wisatawan saat mengunjungi Gunung Ireng ialah sebuah gubuk kayu yang ada di ujung tebing. Saking indahnya, gunung ireng ini banyak dijadikan lokasi prewedding oleh para calon manten. 

Lokasi tepatnya ada di Ngrancahan, Pengkok, Patuk, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk tiket masuk hanya dikenakan Rp5 ribu.

2. Hutan Pinus Pengger

Masih tidak jauh dari Bukit Bintang, ada kawasan wisata hutan pinus yang masih asri nan sejuk. Hutan Pinus Pengger sangat tepat untuk dikunjungi kapan saja, pagi, sore, hingga malam hari.

Dengan panorama bukit yang menawan pada siang hari bisa berubah menjadi lautan bintang saat malam hari. Sangat disayangkan untuk wisatawan jika melewatkan pemandangan ini.

Lokasi tepatnya ada di Jl. Dlingo-Patuk, Sendangsari, Terong, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk tiket masuk hanya dikenakan Rp3 ribu.

3. Taman Bunga Amarilis

Jika di Belanda punya bunga tulip, maka Jogja punya hamparan bunga amarilis berwarna oranye dengan pemandangan indah dan menyejukan mata wisatawan. Patut disayangkan, tempat wisata ini tidak bisa dikunjungi setiap saat karena bunganya hanya mekar dalam setahun sekali. Momen ini sangat langka untuk wisatawan. 

Lokasi tepatnya ada di Ngasemayu, Salam, Patuk, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidak ada biaya tiket masuk alias gratis.

4. Gunung Api Purba Nglanggeran

Untuk kamu yang menyukai tantangan dalam menikmati wisata alam, Gunung Api Purba Nglanggeran cocok untuk masuk list destinasi selanjutnya. Ketinggiannya tidak terlalu tinggi, hanya dengan 700 mdpl namun cukup menguras tenaga.

Tapi semua lelah kamu akan terbayar begitu kamu sampai di puncak. Panorama alam Gunungkidul dan perbukitan hijau akan menyambut mata yang lelah. 

Lokasi tepatnya ada di Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Untuk tiket masuk hanya dikenakan Rp15 ribu.

5. Air Terjun Kedung Kandang

Sekilas air terjun ini terlihat mirip kawasan Ubud, Bali. Karena Air Terjun Kedung Kandang lokasinya di tengah persawahan terasering serta memiliki 6 tanjakan tebing vulkanik.

Bukit Bintang Jogja

Baca juga: Cara Menabung 1 Juta Per Bulan Untuk Anak Sekolah

Saat debit air sedang deras, pemandangan disini akan terlihat lebih menakjubkan karena air terjun akan terlihat bertumpuk. Kamu bisa ambil foto dengan latar belakang air terjun yang indah.

Lokasi tepatnya ada di Desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk tiket masuk hanya dikenakan Rp8 ribu.

Itulah 5 wisata alam sekitar bukit bintang dengan nuansa yang indah. Terlalu sayang untuk dilewatkan. Dari 5 list yang sudah kita kasih tau, kira – kira kamu mau kemana dulu nih?

Lima wisata alam sekitar bukit bintang tersebut bisa kalian kunjungi untuk liburan bersama keluarga atau kerabat terdekat. Jangan lupa juga berkunjung ke Bukit Bintang saat cuaca cerah pada malam hari. Kamu akan menikmati pemandangan luar biasa dari bintang-bintang. Ditemani kopi dan gorengan, tak heran jika wisata ini menjadi spot favorit kawula muda maupun orang dewasa..

Sedikit gambaran tadi mengenai pesona alam kota Jogja dari atas Bukit Bintang. Jika kamu tertarik mengunjungi Bukit Bintang di Jogja, pastikan cuaca cerah untuk bisa menikmati pesona senja dari lampu-lampu perkotaan. Bukit Bintang ini  menjadi tempat wisata yang sangat pas untuk didatangi nongkrong sambil berbincang bersama kerabat terdekat atau keluarga.

Demikian ulasan mengenai Bukit Bintang untuk tempat wisata asik pada malam hari di Yogyakarta. Jika kamu gak mau berdesak-desakan dengan pengunjung lain, ada baiknya kamu datangi Bukit Bintang saat tidak weekend karena perbedaan jumlah pengunjung jelas berbeda.

Bagaimana? Semakin bikin kamu penasaran kan? Langsung saja, atur waktu liburan kamu dan nikmati berbagai keindahan Bukit Bintang. Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
10 Nov 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download