Hal Mengenai Bouncer Bayi yang Perlu Kamu Ketahui

09 Jul 2022 by Laruan, Last edit: 11 Jul 2022

Ada banyak tipe bayi yang baru dilahirkan. Ada yang memang senang tidur langsung di ranjang, ada juga yang perlu diayun-ayun agar bisa tidur. Tentu saja, hal ini sedikit membuat kamu kerepotan, oleh sebab itu tidak ada salahnya untuk membeli bouncer bayi. 

Pada awal kelahiran si kecil, sudah pasti ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Tidak hanya perlengkapan baju saja, tetapi perlengkapan lain yang tidak kalah pentingnya. Salah satu perlengkapan yang dimaksud adalah bouncer bayi. 

Biasanya, perlengkapan ini sering dimanfaatkan untuk meletakkan bayi. Berupa kursi ringan untuk tempat duduk bayi yang ternyata posisinya bisa diatur dan dapat diayun-ayunkan. Kursi ini ternyata bisa memantul ketika bayi menendang-nendang atau menggerakkan tangannya. 

Baca juga: 5 Hal Penting Tentang Popok Bayi yang Penting 

Bouncer bayi dirancang untuk meringankan tugas kamu dalam merawat bayi. Nantinya, kamu bisa tenang ketika akan mengerjakan beberapa pekerjaan rumah. Kamu hanya perlu mendudukkan bayi di bouncer, dan pasangkan pengamannya. 

Hanya perlu diayunkan pelan-pelan bisa membuat bayi merasa nyaman. Meskipun nantinya si bayi mulai merengek, ia akan tetap aman dan berada dalam jangkauan. 

Sebelumnya, kamu perlu mengetahui bahwa ini biasanya didesain untuk bayi yang belum bisa duduk. Biasanya, alat ini digunakan untuk bayi yang baru lahir sampai bayi yang berusia 6 bulan. 

Tips Memilih Bouncer Bayi yang Nyaman 

Sebelum memilih dan membeli bouncer bayi, kamu perlu mengetahui tips memilih bouncer yang nyaman. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. 

Memilih Bouncer yang Memiliki Peyangga Kokoh 

Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memilih bouncer yang memiliki peyangga kokoh. Peyangga yang kokoh meminimal risiko bayi terjatuh. Jangan sampai memilih bouncer yang peyangganya tidak kokoh. 

Untuk mengecek penyangga bouncer bayi kokoh atau tidak, kamu bisa mencoba meletakannya di lantai. Nantinya, apabila bouncer tidak bergeser saat diayunkan, maka bisa dipastikan bahwa bouncer tersebut aman untuk digunakan. 

Memeriksa Sandaran Bouncer 

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memeriksa sandaran dari bouncer itu sendiri. Pastikan bouncer memiliki sandaran yang tidak kaku. Sandaran yang tidak kaku ini bisa menghindari adanya gangguan pada tulang belakang bayi. 

Ada baiknya kamu memilih bouncer bayi yang sandarannya bisa diatur. Sehingga dengan sandaran ini maka bisa membuat bayi merasa nyaman. Terlebih untuk bayi yang baru lahir. 

Memilih Jenis Bouncer Bayi yang Praktis 

Kamu perlu tau bahwa bouncer memiliki 2 jenis pilihan, yaitu bouncer elektrik dan manual. Tentu saja keduanya memiliki perbedaan, baik dari segi harga, kenyamanan, dan kepraktisa. 

Untuk harga elektrik pasti memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan jenis manual. Hal ini tentu dipengaruhi karena teknologi otomatis yang terdapat di sana. Bouncer elektrik memang bisa dipakai dengan mudah karena bisa mengayun secara otomatis menggunakan baterai atau listrik. 

Sementara, untuk bouncer manual harus digoyangkan secara manual. Meskipun begitu, jenis bouncer ini lebih ringan dibandingkan dengan bouncer elektrik. Di mana, jenis ini bisa dipindahkan dengan mudah. 

Memilih Bouncer yang Memiliki Sabuk Pengaman Kuat

Tips lain yang bisa kamu lakukan untuk memilih bouncer bayi adalah dengan memperhatikan sabuk pengaman yang kokoh. Sehingga, mampu mengunci area selangkangan bayi dan area pinggang.

Perhatikan Dudukannya 

Terakhir, ketika memilih bouncer, maka harus memperhatikan dudukannya. Karena memang digunakan untuk bayi di bawah usia 6 bulan, maka dudukannya haruslah empuk. Sehingga, bayi akan merasa nyaman ketika didudukkan di bouncer. 

Kamu perlu tau bahwa bouncer yang memiliki kualitas kurang bagus akan membuat kulit menjadi mudah terkena iritasi. Selain memilih bouncer bayi yang empuk, kamu juga harus memilih barang yang tempat duduknya tidak panas, dan bisa dengan mudah menyerap keringat.

Baca juga: Ini Pilihan Skincare yang Aman Untuk Ibu Hamil 

Tips Untuk Menggunakan Bouncer Bayi 

Setelah mengetahui tips untuk memilih bouncer, kamu juga perlu mengetahui cara menggunakannya dengan aman. Ada beberapa tips aman yang bisa kamu lakukan. 

Meletakkan Bouncer di Permukaan Datar 

Tips pertama agar aman menggunakan bouncer adalah dengan menempatkankannya di permukaan datar. Ketika meletakkan bouncer di permukaan tidak rata, seperti tempat tidur atau meja akaa membuat bouncer menjadi mudah bergeser. 

Memastikan Sabuk Pengaman Mengunci dengan Sempurna 

Tips lain yang bisa dilakukan untuk menggunakan bouncer dengan aman adalah memastikan sabuk pengaman mengunci dengan sempurna. Pastikanlah talinya tidak kendor, tetapi jangan sampai juga terlalu ketat. Sebab, bisa melukai bayi. 

Mengatur Posisi Kepala dan Leher Bayi dengan Benar 

Selanjutnya, ketika menggunakan ini kamu juga harus mengatur posisi kepala dan lehernya dengan benar. Pastikanlah leher dan kepalanya tidak berada pada posisi yang sama. 

Jangan Biarkan Bayi Tertidur di Bouncer 

Jika bayi tertidur, maka segeralah pindahkan ke tempat tidur. Sebab, nantinya bayi akan tidak nyaman. 

Jangan Memakai Terlalu Lama 

Terakhir, jangan menggunakan bouncer terlalu lama. Cukup gunakan selama 20-30 menit saja. Selebihnya, kamu bisa mengajak bayi bermain di luar. 

Beberapa Rekomendasi Bouncer Bayi 

Setelah mengetahui berbagai hal di atas, kamu juga perlu tau beberapa rekomendasi dari bouncer ini. Adapun berbagai rekomendasinya adalah sebagai berikut.

Sugar Baby 10 in 1 

Berbagai jenis bouncer sudah pasti memiliki harga dan kualitas yang berbeda. Harga sendiri biasanya memang cukup mahal. Untuk rekomendasi pertama, kamu bisa menggunakan bouncer sugar baby 10 in 1. 

Sesuai dengan namanya, ada 10 fitur yang bisa digunakan pada bouncer ini. Di mana, berbagai fitur tersebut bisa membuat si kecil menjadi lebih rileks. Biasanya, bouncer ini bisa digunakan sebagai rocker atau kursi goyang yang bisa membantu menidurkan si kecil secara lebih mudah. 

Bouncer Mastela Deluxe Portable Baby Swing 

Rekomendasi bouncer bayi lainnya adalah mastela deluxe portable baby swing. Bouncer elektrik ini memiliki fungsi yang dapat membantu bayi saat tidur. Menariknya, bouncer ini memiliki pengaman 5 titik, sehingga memang akan lebih aman untuk bayi. 

Selain itu, bouncer ini juga sangat cocok untuk bayi baru lahir sampai dengan anak yang memiliki berat 11 kg. Menariknya lagi sudah dilengkapi dengan mainan berwarna-warni yang berfungsi untuk melatih sensorik si kecil. 

Bouncer Cocolatte Rocker Futon 

Kalau bouncer yang satu akan membuat bayi merasa lebih nyaman karena gerakan ayunan ke depan dan ke belakang. Bouncer ini termasuk ke dalam bouncer manual yang perlu diayunkan oleh tangan. Menariknya, bouncer ini sudah dilengkapi dengan musik dan getar dengan pengontrol suara. 

Itulah beberapa hal mengenai bouncer bayi yang harus kamu ketahui. Penggunaan bouncer tidak bisa sembarangan, harus tetap memperhatikan kenyamanan bayi. 

Baca juga: Begini Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

11 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download