Bisnis Waralaba, Membuka Peluang bagi Pebisnis Pemula

25 Apr 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 21 Sep 2022

Bisnis waralaba atau franchise merupakan salah satu model yang paling banyak digemari oleh para pelaku usaha, utamanya bagi pemula. Banyak alasan di dalamnya yang membuat mereka memilih bisnis franchise.

4a.png

Salah satunya ialah potensi peluang keuntungan oleh suatu brand yang sudah stabil dan terkenal, akan lebih besar ketimbang memulai dari nol. Contoh perusahaan yang menerapkan sistem waralaba adalah McDonalds.

Hampir semua orang mengenal McDonalds. Mayoritas gerainya selalu ramai pembeli. McDonalds sendiri merupakan salah satu perusahaan makanan siap saji yang menggunakan sistem bisnis franchise di berbagai negara.

Lantas sebenarnya seperti apa sih bisnis model waralaba itu? Serta bagaimana sistem kerjanya? Ulasan di bawah ini akan mengupas tentang seluk beluk bisnis franchise.

Baca juga: Kekayaan Elon Musk, Raja Bisnis Menjadi Orang Terkaya

Mengenal Bisnis Waralaba

Arti waralaba dalam bisnis yaitu hubungan kerjasama antara pemilik (franchisor dengan pembeli (franchise) pada kontrak kesepakatan. Detailnya pemilik brand suatu perusahaan akan memberikan lisensi kepada pihak yang melakukan kontrak perjanjian.

Kontrak di dalamnya atas dasar pemanfaatan hak kekayaan intelektual (HAKI) maupun penggunaan ciri khas usaha yang dimiliki. Nantinya prosedur pembagian keuntungan sesuai dengan perjanjian yang sudah pihak franchisor terapkan.

Perjanjian kontrak di dalam bisnis waralaba ini ditandai dengan pembayaran biaya awal (franchise fee). Merupakan biaya pokok yang wajib franchise bayarkan kepada franchisor sebelum gerai waralaba buka.

Biaya pokok tersebut merupakan lisensi hak untuk menggunakan merek sesuai pedoman operasional dalam kurun waktu melakukan perjanjian waralaba. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali bisnis franchise yang sudah sukses dan berhasil.

Seperti Janji Jiwa, Kebab Turki Baba Rafi, Menantea, Indomaret, J.co Donuts, dan banyak lagi brand terkenal lainnya. Nah, jika tertarik untuk memiliki gerai dari brand populer tersebut, maka langkahnya adalah dengan melakukan waralaba atas merek itu.

Beberapa Tipe Waralaba

Ada beberapa tipe bisnis waralaba yang bisa menjadi referensi ketika hendak memilih usaha tersebut. Tipe-tipe waralaba antara lain adalah sebagai berikut ini.

1. Trade Name Franchising

Termasuk tipe waralaba yang memberikan hak kepada franchise dalam melakukan produksi sendiri, namun tetap dalam pengawasan pihak franchisor.

2. Product Distribution Franchising

Tipe waralaba yang mana seorang franchise memperoleh hak untuk melakukan proses pendistribusian produk di beberapa wilayah tertentu. Karena bisa saja di setiap wilayah memiliki perusahaan distribusi yang berbeda meskipun produknya sama.

3. Pure Franchising/Business Format

Merupakan tipe waralaba dimana franchise mendapatkan hak penuh dalam banyak hal. Seperti trademark, penjualan, peralatan, metode operasi, manajemen, strategi pemasaran, dan sebagainya.

Baca juga: Harga Saham GoTo dan 7 Hal Tentang IPO GoTo

Kelebihan dan Keuntungan Menjalankan Bisnis Waralaba

Banyak orang memilih menjalankan usaha dengan melakukan waralaba pada suatu brand ternama. Kenapa demikian? Tidak lain, alasannya adalah karena banyak penawaran keuntungan yang bisa pelaku usaha dapatkan.

4b.jpeg

Lantas apa saja keuntungan dan kelebihan yang bisa franchise peroleh ketika memilih bisnis waralaba? Selengkapnya, mari simak ulasan berikut ini.

  1. Brand bisnis sudah dikenal banyak orang, sehingga dalam marketing akan lebih mudah alias tidak perlu memulainya dari nol lagi;
  2. Proses membuka usaha lebih cepat dan terstruktur, karena mendapatkan bantuan serta dampingan dari perusahaan franchisor;
  3. Manajemen bisnis dari berbagai hal sudah terbangun dengan baik serta mendapatkan arahan dari pihak franchisor, termasuk pengelolaan finansial;
  4. Mendapatkan mentor secara berkala untuk perkembangan bisnis;
  5. Risiko kegagalan minim, asalkan memilih brand atau franchisor dengan tepat. Yaitu yang sudah memiliki pengalaman dan kredibilitas baik;
  6. Mendapatkan pengetahuan dalam menjalankan bisnis secara lebih baik dan terarah. Itulah kenapa bisnis franchise cocok bagi pemula;
  7. Mendapatkan banyak jejaring bisnis yang bisa memperluas jangkauan dan pengetahuan Anda.

Keuntungan yang bisa franchise peroleh tentu akan berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Namun demikian tetap perlu mempertimbangkan banyak hal saat memilih bisnis franchise, terutama dari segi budget.

Nah, dana seringkali menjadi salah satu faktor riskan dalam menjalankan franchise. Kenapa? Salah satu alasannya ialah pembayaran lisensi kontrak waralaba. Apalagi kalau brand besar, pasti butuh dana yang tidak sedikit.

Rekomendasi Ide Bisnis Waralaba 

Supaya semakin jelas, kami akan memberikan rekomendasi terkait beberapa perusahaan waralaba yang bisa Anda jadikan referensi untuk menjadi seorang franchise.

4c.jpeg

1. Ide Bisnis Franchise Minuman dari Brand Populer

Dewasa ini bisnis minuman kekinian merupakan salah satu yang cukup populer. Seperti es kopi, minuman boba, teh, dan sebagainya. Banyak dari kalangan anak muda yang menggemari minuman tersebut.

Hal ini menjadi salah satu potensi yang cukup menggiurkan, terlebih banyak juga brand populer yang sudah membuka sistem waralaba bagi mereka yang ingin menjajal dunia bisnis.

Beberapa brand populer yang bisa Anda pilih untuk memulai bisnis franchise minuman kekinian seperti berikut ini.

  1.  Es Teh Indonesia, untuk memulainya Anda butuh modal sekitar 200-250 jutaan;
  2. Minuman Xi Boba, modal franchise bisa mulai dari 10 jutaan saja;
  3. Kopi Lain Hati, penawaran paket franchise mulai dari 75 juta rupiah;
  4. Minuman Kulo, memberikan estimasi penawaran franchise sekitar 150 jutaan;
  5. Kopi Yor, estimasi modal sekitar 75 juta rupiah sudah termasuk lisensi 3 tahun ke depan;
  6. Haus Indonesia, mulai dari 200 juta rupiah;
  7. Kopi Soe, mulai dari 150-200 juta rupiah untuk waralaba;
  8. Janji Jiwa, mulai dari 200 juta untuk memulai bisnis franchise.

2. Ide Bisnis Franchise Makanan Populer

Bisnis makanan memang tidak ada habisnya. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis makanan, tidak ada salahnya mengawalinya dengan melakukan franchise.

Hal ini akan membantu pengetahuan terkait bagaimana pengelolaan bahan baku, sistem produksi, manajemen karyawan, dan sebagainya. Beberapa waralaba makanan yang sukses menarik minat pelanggan berikut bisa jadi referensi bisnis.

1. Ngikan Yuk, menyediakan makanan cepat saji berupa ikan sebagai menu utamanya. Untuk memulai waralaba dengan Ngikan Yuk, sebaiknya menyiapkan modal sekitar 300 juta rupiah;

2. Rocket Chicken, franchise makanan cepat saji yang menjamur di berbagai wilayah Indonesia cocok untuk Anda. Lisensi waralaba juga terjangkau, hanya sekitar 15 juta saja;

3. Kebab Turki Baba Rafi, franchise makanan ala Timur Tengah yang cukup populer dan lezat. Baba Rafi menawarkan waralaba mulai dari 75-300 juta rupiah;

4. Kue Balok Parikesit, menjajakan kue tradisional dengan kemasan modern yang nikmat. Siapkan dana sekitar 20 jutaan untuk memulai bisnis tersebut.

3. Ide Bisnis Waralaba Jasa

Selain makanan dan minuman, ada juga waralaba yang menawarkan jasa dan cukup populer saat ini. Berikut rekomendasi ide franchise jasa yang bisa Anda aplikasikan dengan modal minim.

1. Galaxy Pertamini, cocok untuk yang ingin punya pom bensin sendiri. Bisnis yang menjanjikan, karena banyak orang membutuhkannya. Nah, modal untuk franchise Galaxy Pertamini sekitar 10 juta rupiah saja;

2. JNE, perusahaan yang bergerak pada jasa ekspedisi dan cukup populer ini bisa jadi pilihan. Untuk memulainya bisa memenuhi beberapa persyaratan yang ditentukan dan siapkan dana franchise 7 juta rupiah saja;

3. JET Express, perusahaan ekspedisi dan termasuk sebagai pesaing JNE. Untuk memulai franchise dengan JET Express, Anda harus menyiapkan dana sekitar 15 juta rupiah;

4. Bimba Rainbow Kids, perusahaan lembaga bimbingan belajar ini membuka franchise mulai 8 juta rupiah saja.

Baca juga: 7+ Ide Jualan Paling Laris di Bulan Ramadhan 2022

Nah, itulah beberapa informasi terkait dengan waralaba beserta beberapa rekomendasi yang bisa jadi referensi untuk Anda.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download