Perbedaan Antara Biaya Cat Mobil Bengkel Resmi dan Umum!

10 Oct 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 10 Oct 2022

Bagaimana sobat pintar? Apakah anda sudah pas dengan warna mobil kalian saat ini? Apa masih bingung karena tidak punya pandangan daftar biaya dan bengkel terpercaya? Jangan khawatir, artikel kali ini akan membahas tentang biaya cat mobil baik di bengkel resmi maupun umum.

spray.png

Biaya cat di bengkel resmi dan umum tentu saja berbeda. Keduanya memiliki daftar harga dan pilihan kualitas masing-masing. Dengan demikian, sebelum memutuskan bengkel cat mobil yang tepat, anda harus tahu dulu bagaimana karakteristik, baik itu meliputi produk, fasilitas, dan pelayanan di bengkel resmi dan juga bengkel biasa.

Baca juga : Cara Menemukan Bengkel Mobil Terdekat

Kualitas dan Estimasi Pengerjaan Cat Mobil di Bengkel Resmi

Harga-Cat-Mobil-Per-Panel-dan-Full-Body-Terbaru.jpg

Biaya cat mobil menjadi salah satu pertimbangan terpenting seseorang ketika akan melakukan pengecatan ulang baik full maupun di beberapa bagian saja. Bengkel dikatakan resmi berarti telah mendapatkan label berlisensi. Maka dari itu, bengkel resmi mampu membuat pelanggan tidak ragu.

Bengkel resmi sudah pasti memiliki fasilitas lengkap yang lebih modern dan praktis. Proses pengerjaan tidak akan berlangsung sangat lama. Dari proses pencucian, pengecatan, pengeringan dan lain sebagainya menggunakan fasilitas yang memadai.

Meski biaya cat mobil di bengkel resmi pada umumnya lebih mahal, kualitas yang dihasilkan tidak akan mengecewakan. Namun hal ini juga tidak bersifat jaminan bagi semua bengkel. Semua punya standar dan karakteristik masing-masing.

Hal yang membuat bengkel resmi menjadi terkenal dengan estimasi yang baik karena pengecatan mobil bisa berkualitas seperti asalnya. Kembali ke asal bukan berarti warnanya, namun kualitas seperti kemulusan, kilap, dan nyaris semua hal kembali seperti baru lagi. Untuk perubahan warna tergantung pada keinginan dan permintaan pelanggan yang bisa tetap atau berubah ke cat warna lain.

Baca juga : Update Harga Mobil Avanza Terbaru 2022

Kualitas dan Estimasi Pengerjaan Cat Mobil di Bengkel Umum

daftar Bengkel Cat Mobil Banda Aceh.jpg

Pada umumnya bengkel umum sangat mudah ditemukan tidak sesulit bengkel resmi. Selain itu, bukan berarti pengerjaan di bengkel umum tidak berkualitas meskipun biaya cat mobil memiliki perbandingan jelas. Meskipun dikatakan tidak resmi, bukan berarti bengkel umum memiliki label ilegal.

Bahkan, banyak orang yang tidak memandang apakah bengkel itu umum atau resmi. Pasalnya, mayoritas orang lebih nyaman melakukan pengecatan mobil di daerah terdekat. Tidak perlu biaya bolak-balik atau  biaya transport berlebih.

Mengecat mobil di bengkel umum memang memiliki proses lebih lambat daripada di bengkel resmi. Tapi kualitas dan biaya cat mobil di bengkel umum juga baik. Hal ini juga tergantung pada kredibilitas bengkel itu sendiri.

Beberapa Daftar dan Perbandingan Biaya Cat Mobil di Bengkel Umum dan Resmi

Pada dasarnya, kualitas cat dan pengerjaan menjadi penentu tinggi rendahnya biaya yang harus dibayar. Kebanyakan pelanggan memilih kualitas terbaik karena jika tidak mungkin suatu hari mereka akan menyesal dan kembali mengecat mobil. Pengulangan pengecatan mobil yang sering malah akan memakan biaya lebih banyak.

Untuk menghindari rasa kecewa itu, sobat pintar harus teliti dalam memilih bengkel serta jangan berpacu hanya pada biaya cat mobil. Baik resmi maupun umum, akan sangat baik jika mengetahui lebih dalam kredibilitasnya. Seperti pada umumnya, minta rekomendasi dari kenalan baik itu teman, saudara, keluarga juga termasuk pemilihan yang tepat.

Daftar harga pada setiap bengkel tentu saja berbeda. Namun pada umumnya target biaya cat mobil di bengkel resmi lebih tinggi daripada bengkel umum. Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas, bahwa biaya juga tergantung pada produk atau merek catnya serta ukuran bagian yang diwarnai.

Daftar Update Terbaru Biaya Cat Mobil Bengkel Resmi

  • Biaya Pengecatan Mobil Full Body

Pengerjaan cat seluruh bagian tentu memakan waktu lebih lama. Biasanya bengkel resmi memiliki target pengerjaan selama 10 hari untuk kategori ini. Biaya cat ulang mobil full body juga sudah pasti lebih mahal. Sebagai sedikit contoh, berikut merupakan daftar harga cat ulang full body berdasarkan merek kendaraannya. 

  • Mobil Toyota Avanza : Rp 10. 500.000
  • Mobil Kijang Innova : Rp 11.850.000
  • Mobil Toyota Agya Auto 2000 : Rp 7.100.000
  • Biaya Pengecatan Mobil Per panel

Dikatakan per panel sudah jelas jika mobil hanya di cat pada bagian tertentu. Setiap merek memiliki ukuran panel yang berbeda. Namun pada umumnya biaya pengecatan dijabarkan berdasarkan bagian dasarnya seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

  • Bagasi : Rp 750.000
  • Bumper depan dan belakang : Rp 630.000
  • Kap Mesin : Rp 720.000
  • Fender : Rp 650.000
  • dan lain-lain.

Daftar Update Terbaru Biaya Cat Mobil Bengkel Umum

  • Full Body

Perbandingan biaya cat ulang mobil full body antara di bengkel umum dan resmi tidak terlalu jauh. Berikut ini merupakan beberpa contoh daftar biaya cat bedasarkan pilihan merek atau bahan yang digunakan.

  • Cat Blinken dan Cat Apsara : Rp 4.000.000
  • Cat Spies Hecker (Sikkens) : Rp 6.500.000 – Rp 9.000.000
  • Cat DuPont dan Cat Nippon Paint : Rp 4.100.000
  • Per Panel

Seperti pada biaya pengecatan full body, perbandingan antara biaya pengecatan di bengkel umum dan resmi juga tidak terlalu jauh. Di bawah ini merupakan contoh daftar biayanya.

  • Roof : Rp 500.000 – Rp 800.000
  • Bagasi : Rp 400.000 – Rp 600.000
  • Kap Mesin : Rp 400.000 – Rp 600.000
  • Bumper : Rp 300.000 – Rp 450.000
  • dan lain-lain.

Baca juga : Spesifikasi Dan Harga Mobil Agya Terbaru 2022

Apakah Memastikan Bahan dan Kualitas Cat Pada Bengkel Sangat Penting Sebelum Menjadi Pelanggan?

car-detailing-09-large-e1626099901760.jpg

Saat ini, banyak kejahatan yang sering terjadi seperti halnya penipuan. Untuk menghindari hal itu, anda sangat disarankan untuk mengetauhi lebih dalam tentang bengkel yang akan dijadikan langganan atau tempat mengecat mobil. Hal yang penting lagi, jangan hanya berpedoman pada biaya cat mobil yang ditawarkan dengan harga terlalu murah.

Begitupun sebaliknya, harga terlalu mahal juga perlu dicurigai jika tidak sesuai dengan kredibilitas yang dimiliki bengkel. Jika anda ragu, akan lebih mudah jika meminta rekomendasi dari orang yang sudah anda kenal dan sudah pernah melakukan pengecatan mobil sebelumnya. 

Bengkel yang memiliki banyak pelanggan sudah pesti mampu mempertahankan kredibilitasnya. Biaya cat mobil pada setiap bengkel juga ditagertkan dengan ketentuan yang berbeda-beda. Seperti halnya perbandingan harga antara bengkel resmi dan juga bengkel umum.

Bengkel di daerah  terdekat akan lebih menguntungkan tanpa harus membuang biaya trasport yang berlebihan. Bagaimanapun, sobat pintar juga memiliki selera yang berbeda-beda. Baik bengkel resmi maupun umum, semuanya tergantung pada standar pelanggan.

Beberapa penjelasan diatas mungkin akan sangat bermanfaat bagi anda yang masih bingung dengan seputar pengecatan mobil ini. Biaya cat mobil yang bervariasi juga menjadi ketentuan standar anda masing-masing.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
10 Oct 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download