Beli Steam Wallet: ShopeePay, Indomaret dan Tokopedia

30 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 25 Apr 2022

Banyak dari pecinta game yang sudah mengenal platform Steam untuk dapat bermain dengan game kesayangannya, namun sayang dari banyaknya pengguna Steam, masih banyak juga orang yang masih belum paham bagaimana beli Steam Wallet agar dapat bertransaksi atau membeli game terbaru di Steam.

Sebelumnya, Steam merupakan suatu layanan digital yang berisi beberapa permainan video yang dikembangkan oleh Valve. Steam sendiri pertama kalinya diluncurkan pada September 2003 sebagai perangkat lunak guna mempermudah para player untuk mendapatkan pembaruan otomatis pada beberapa game yang tersedia di dalamnya.

Sementara itu, tak hanya game saja yang ditawarkan oleh Valve, namun perangkat lunak ini juga menyediakan beberapa Application Programming Interface (API) yang tersedia secara bebas dan banyak kalangan programmer menyebut dengan istilah Steamworks.

Baca Juga: iPad Air M1 2022: Spesifikasi dan Harga

Platform Steam juga merupakan platform distribusi terbesar dalam PC Gaming dengan menampung berkisar 75 persen pasar di tahun 2013. Dan hingga saat ini di tahun 2022, pengguna yang membeli beberapa permainan dari platform Stream sudah berkisar antara US$ 7,2 miliar dan telah mewakili setidaknya 20% penjualan permainan game PC secara global.

Oleh karena itu, dengan banyaknya pecinta game PC, Steam mulai banyak menggandeng para pengembang untuk dapat mempermudah pembelian konsol game digital yang ada di platform Steam.

Kali ini Kredit Pintar akan membahas beberapa cara beli Steam Wallet mudah dari beberapa penyedia yang secara tidak langsung bekerja sama dengan Steam.

Beli Steam Wallet melalui UniPin dengan pembayaran GoPay, Ovo, dan Dana

Untuk dapat membeli game dalam Steam, setiap player harus memiliki saldo akun yang terdapat pada akun Steam masing-masing dengan membeli Voucher agar nantinya dapat di tukar (redeem) agar menjadi saldo dalam Steam Wallet.

Beberapa layanan yang dapat dilakukan untuk beli Steam Wallet melalui UniPin yakni:

  • Ovo
  • GoPay
  • ShopeePay
  • Dana
  • Jenius
  • Doku Wallet
  • Dsb.

Baca Juga: 4 Syarat Pinjaman Online Mudah dari Kredit Pintar

Cara Mudah Beli Steam Wallet dengan menggunakan GoPay, Ovo, dan Dana

Jika ingin beli Steam Wallet menggunakan ShopeePay, berikut langkah mudahnya:

  1. Sebelumnya, pastikan memiliki akun Unipin terlebih dahulu.
  1. Buka halaman pembelian untuk beli Steam Wallet di UniPin.
  1. Isikan nominal voucher yang akan ditambahkan atau yang ingin dibeli dan pilih ShopeePay jika ingin melakukan pembayaran dengan dengan metode itu (Bisa dengan metode pembayaran lain sesuai selera)
  1. Pada bagian selanjutnya, maka akan ditujukan ke kolom pembayaran dengan memasukkan alamat email dan nomor handphone terdaftar untuk keperluan transaksi. Jika selesai melakukan pembayaran, segera konfirmasi.
  1. Jika sudah melakukan konfirmasi pembayaran, maka kode Voucher akan segera dikirimkan ke email yang telah didaftarkan di awal.

Beli Steam Wallet Melalui Merchant Indomaret Secara Praktis

Jika dirasa cara beli Steam Wallet dengan ShopeePay masih kesulitan atau tidak ingin ribet harus membuat akun lagi, maka solusinya dapat membelinya melalui beberapa merchant seperti Indomaret.

Berikut ini langkah-langkah untuk beli Steam Wallet di Indomaret tanpa harus membuat akun lain selain akun Steam yang sudah dimiliki, namun jika kalian baru pertama kali untuk bermain game di Steam ada baiknya tetap memiliki akun Steam terlebih dahulu.

Daftar Steam Akun terlebih dahulu melalui link berikut ini https://store.steampowered.com/. Karena nantinya akun ini akan digunakan untuk menampung saldo Steam yang Sobat Pintar beli.

Meskipun begitu, Sobat Pintar tetap harus menggunakan pihak ketiga dari beberapa situs yang masih melayani jasa pengisian Steam Wallet.

Caranya cukup mudah dengan mengakses situs seperti UniPin, DigiCodes, ataupun CodaShop yang mana memberikan jasa pengisian Steam Wallet.

  1. Daftar dan masukkan email pada salah satu penyedia jasa pengisian Steam Wallet dan usahakan untuk memverifikasi terlebih dahulu.
  2. Masuk kedalam menu pembelian voucher atau search “Steam Wallet” pada kolom pencarian.
  3. Pilih nominal yang dibutuhkan untuk beli Steam Wallet sesuai kebutuhan Sobat Pintar
  4. Setelah memilih nominal yang diinginkan, pilih metode pembayaran melalui Indomaret atau Alfamart.
  5. Konfirmasi email dan nomor telepon untuk proses pembayaran.
  6. Nantinya, masing-masing penyedia pengisian Steam Wallet akan memberikan Merchant ID yang mana cukup ditunjukkan di kasir dari Indomaret atau Alfamart.
  7. Setelah melakukan pembayaran, makan akan terdapat email balasan yang mana akan berisi keterangan tentang Kode Redeem untuk di input ke dalam Steam Account.

Beli Steam Wallet Melalui Transfer Bank Menggunakan Virtual Account

Cara ini sangat cocok jika Sobat Pintar jarang sekali membawa uang tunai, dengan memanfaatkan fitur mobile banking atau internet banking, Sobat Pintar pasti akan lebih menghemat tenaga untuk tidak pergi ke minimarket. Terlebih untuk cara beli Steam Wallet menggunakan transfer bank biasanya tidak ada biaya administrasi seperti yang ada di minimarket.

Langkah awalnya masih sama dengan menggunakan situs penyedia jasa pengisian Steam Wallet di beberapa situs seperti UniPin, DigiCodes ataupun CodaShop.

Baca Juga: Butuh Pinjaman Online Bunga Kecil? Pilih Kredit Pintar!

  1. Setelah masuk ke situs, arahkan untuk mencari Steam Wallet.
  2. Tentukan besaran nominal yang ingin dibeli.
  3. Gunakan metode pembayaran dengan Virtual Account.
  4. Pilih bank sesuai yang dimiliki Sobat Pintar.
  5. Input data seperti email dan nomor telepon untuk verifikasi.
  6. Setelah itu, masukkan kode Virtual Account yang tertera pada situs, dan input kedalam mobile banking yang digunakan (Terkadang masing-masing bank berbeda letaknya). Namun, secara umum tinggal memilih menu Transaksi Lainnya kemudian Transfer, dan pilih Ke Rekening Virtual Account. Lalu Inputkan kode Virtual Account. Cara ini jika Sobat Pintar menggunakan mesin Transfer ATM.
  7. Sementara jika menggunakan Mobile Banking atau Internet Banking, cukup dengan mengakses aplikasi dari penyedia bank masing-masing kemudian pilih m-Transfer > dan pilih Virtual Account, sebelum transaksi, terkadang pengguna diminta untuk input PIN Rekening.
  8. Setelah sukses melakukan pembayaran, maka kode redeem Steam Wallet akan dikirimkan melalui email yang sudah terdaftar di akun penyedia jasa pengisian Steam Wallet tersebut sesuai yang Sobat Pintar gunakan.

Itulah beberapa cara mudah untuk beli Steam Wallet melalui beberapa platform dan metode pembayaran yang dapat dicoba tanpa harus memiliki kartu kredit agar pengalaman bermain game semakin menarik. Sebelum beranjak, pastikan Sobat Pintar untuk menginput kembali kode redeem voucher dari Steam Wallet yang sudah dibeli agar tidak ada kesalahan atau kekurangan dalam transaksi.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
25 Apr 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download