Ayo Move On! Ini 7+ Cara Bangkit dari Keterpurukan

20 Aug 2021 by Laruan

Semua orang tentu sepakat jika roda kehidupan terus berputar. Kadang dibawah, kadang di bawah sekali sampai mengakar-akar. Pada kondisi inilah seolah semua hal dalam hidup berjalan dengan salah. Dari hanya buruknya keadaan finansial hingga berpengaruh pada kesehatan hubungan dengan pasangan. Bukan hanya mengutuk, tapi seolah cara bangkit dari keterpurukan tidak pernah ada.

Ayo Move On! Ini 7+ Cara Bangkit dari Keterpurukan

Sekiranya, memang begitulah kehidupan. Harus diakui, setiap orang memiliki masalah dan beban berat yang harus ditanggungnya. Tentu beruntung jika satu per satu permasalahan mendapat jalan terang. Sebab tidak sedikit pula keterpurukan yang teramat membuat orang melampiaskan pada hal-hal yang sebenarnya merugikan dirinya sendiri.

Badai Pasti Berlalu, Ini 7+ Cara Bangkit dari Keterpurukan

Bukan rahasia lagi jika kerasnya kehidupan seringkali menjadi sebab seseorang mengalami depresi. Meski begitu, bisa juga berlaku sebaliknya. Sebab ada pepatah lama yang mengatakan jika keterpurukan adalah pondasi terkuat dimana seseorang bisa membangun kembali kehidupannya. Sehingga dengan melewati masa terpuruknya, maka ia adalah orang yang matang dan siap mengarungi dunianya yang baru.

Apakah setiap orang bisa bangkit dari keterpurukan yang membelenggunya? Bisa iya bisa tidak. Tapi tentunya, tidak akan ada yang berubah jika tidak mencobanya, kan? Yup, karena tiap-tiap orang bisa belajar dari pengalamannya. Berikut ini adalah beberapa tips bangkit kembali setelah terpuruk yang bisa Sobat Pintar praktekkan.

1. Beri jeda untuk diri sendiri untuk bangkit

Tidak peduli bagaimana tekanan yang Sobat Pintar dapatkan dari orang lain, percayalah bahwa bisa jadi kondisi terburuk justru karena kita mati-matian memenuhi ekspektasi mereka. Menyadari jika tidak semua rencana berjalan sesuai alurnya adalah cara yang tepat. Dengan begitu, Sobat Pintar sedikit mengurangi beban mental yang tidak baik untuk dipendam berlama-lama. Sebab tidak hanya fisik, mental juga perlu untuk diistirahatkan.

Seperti yang sudah diketahui bersama, dalam diri kita yang utuh tidak hanya berupa fisik saja. Ada pula jiwa yang perlu dijaga kesehatannya. Sehingga tips bangkit kembali setelah terpuruk salah satunya adalah dengan memberikan jeda untuk diri sendiri dari berbagai sebab depresi. Mulai dari pekerjaan, keluarga, hingga dengan pasangan.

2. Temukan caregiver saat merasa terpuruk

Setiap orang memiliki telinga untuk mendengar, bahu untuk bersandar, dan mulut untuk memberikan nasihat. Tapi harus Sobat Pintar sadari, tidak semuanya diperuntukkan untuk Sobat Pintar. Benar. Inilah alasan mengapa seorang caregiver diperlukan. Caregiver adalah mereka yang memberikan perhatian lebih untuk kehidupan Sobat Pintar. Bisa orangtua, sahabat, pasangan, maupun mereka yang memang bekerja di bidang tersebut, psikiater misalnya.

Dengan para caregiver inilah, Sobat Pintar bisa mengungkapkan bagaimana perasaan Sobat Pintar, segala keluh kesah, dan apa rencana untuk kehidupan Sobat Pintar. Tak dapat dipungkiri jika sebenarnya kita pun pilih-pilih dengan siapa yang akan diajak bercerita. Tapi para caregiver yang tentunya merupakan orang kepercayaan Sobat Pintar inilah, kerasnya kehidupan kita seolah ada orang lain yang membantu memikulnya.

Artikel menarik untuk dibaca: 6+ Cara Mendapatkan Dana Bantuan Pemerintah 2021 

Ayo Move On! Ini 7+ Cara Bangkit dari Keterpurukan

3. Sadari realitas kehidupan terima kenyataan

Tips bangkit kembali setelah terpuruk berikutnya adalah menyadari realitas kehidupan saat ini. Bagaimana tidak, sejak Hari Penciptaan tiba, memang kita tidak bisa memesan bagaimana takdir yang akan dijalani saat ini. Tapi dengan menganggap bahwa segala yang terjadi hari ini entah senang, susah, maupun tidak merasakan apa-apa adalah alur dari skenario kita adalah suatu yang melegakan.

Kondisi ketika sedang jatuh-jatuhnya bukan berarti nasib yang harus dikutuk, sebab bisa jadi, Sang Pencipta tahu jika kita bisa melaluinya. Karena itulah, sadar bahwa roda pasti berputar. Begitupula dengan kehidupan yang sedang Sobat Pintar jalani. Meski begitu, bukan berarti hanya perlu menunggu, sebab ibarat lampu, ia juga tidak akan bisa menyala jika tidak ada yang menjalankannya.

4. Hentikan kebiasaan buruk yang memicu rasa sedih saat terpuruk

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tidak ada yang akan berubah jika tidak ada yang mengubahnya. Selain menyadari bahwa keterpurukan yang sedang dialami saat ini adalah garis takdir, perlu disadari pula jika barangkali juga disebabkan karena kebiasaan buruk yang tidak sulit dihilangkan. Misalnya, keterpurukan finansial karena tidak bisa mengelola pengeluaran.

Tidak semua orang mempercayai karma, tapi hukum sebab-akibat itu ada. Yup, seperti halnya masalah keuangan. Tak jarang dalam beberapa kondisi kita seringkali kalap melakukan foya-foya. Membeli ini-itu yang sebenarnya tidak amat-amat diperlukan. Hingga suatu waktu berbagai kebutuhan mendesak membuat sadar ketika seharusnya pengeluaran tersebut digunakan untuk hal-hal yang lebih berguna. Karena itulah, menghentikan kebiasaan buruk adalah tips bangkit kembali setelah terpuruk.

5. Masa lalu bukan aib, ayo berpikir positif!

Tidak dapat dipungkiri jika di masa-masa terpuruk, sulit sekali untuk berpikir jernih. Bahkan, tak jarang keterpurukan menanamkan rasa bersalah yang mendalam bagi diri sendiri untuk orang lain. Tentang mengapa tidak bisa menjadi pribadi yang baik, tidak bisa memberi bantuan yang diharapkan keluarga, dan lain sebagainya. Tapi sebaiknya, pelan-pelan pemikiran tersebut perlu disimpan saja lebih dahulu.

Mengapa begitu? Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kondisi terpuruk dan tips bangkit kembali setelah terpuruk membuat pribadi menjadi lebih matang. Dengan kata lain, siap menerjang badai kerasnya kehidupan yang berkali-kali membuat Sobat Pintar berada di titik paling bawah. Karena itulah, menanamkan pikiran positif bahwa semua akan baik-baik saja adalah tindakan tepat. Sebab masa lalu bukan aib, tapi catatan kehidupan untuk Sobat Pintar pelajari.

6. Temukan kegiatan yang kreatif

Seseorang pernah bertanya, apakah orang-orang gagal bisa memperbaiki hidupnya? Sejatinya, tidak ada orang yang gagal di bawah langit ini. Sebab mereka terlahir sebagai agen perubahan untuk dirinya sendiri, orang tua, dan orang-orang sekitarnya. Karena itulah, membiarkan diri dirundung kesedihan adalah dosa yang seharusnya tidak dilakukan. Sebagaimana adanya ungkapan bahwa boleh bersedih, tapi jangan lama-lama.

Setiap orang hanya memerlukan pemicu cara bangkit dari keterpurukan. Bisa jadi keinginan untuk hidup lebih baik, maupun empatinya pada orang-orang sekitar. Nah, langkah pertama adalah temukan kegiatan atau hobi menyibukkan yang sejenak bisa melupakan Sobat Pintar dari masalah yang membelenggu. Sebab bisa saja, sumber masalah dari hidup yang sedang dijalani hanya karena sedang bosan dengan kegiatan maupun orang-orang yang itu-itu saja. 

7. Membuka usaha

Satu hal yang seringkali menjadi sebab mengapa seseorang merasa begitu terpuruk adalah permasalahan finansial. Selain kebanggaan, finansial yang baik membuat orang-orang terjamin masa tuanya. Sebab tentunya, Sobat Pintar pun sudah tidak asing dengan ungkapan yang menyebutkan jika “uang memang bukan segalanya, tapi segalanya membutuhkan uang”, bukan?

Karena itulah, mereka yang tidak memiliki pekerjaan tetap sering diliputi pikiran dengan apa ia akan hidup setelah melihat keadaan keuangannya. Padahal, tak melulu semua harus dipikirkan secara suram. Daripada memikirkan hal yang tidak-tidak, akan lebih baik jika melakukan sesuatu yang berguna. Gagal mendapat pekerjaan tetap di perusahaan tidak buruk-buruk amat, sebab bisa jadi jalan ninja Sobat Pintar menjadi pengusaha. 

Keadaan yang ‘tidak baik-baik saja’ membuat kehidupan menjadi kelam, tapi tentunya, tetap ada cara bangkit dari keterpurukan. Sebab sebagaimana penyakit, tentu ada pula cara untuk menyembuhkannya. Karena itulah, Sobat Pintar hanya perlu menemukan pemicu yang akan membuat Sobat Pintar bangkit dan menjadi pribadi yang matang.

Artikel menarik untuk dibaca: 3 Cara Dapat Uang 500rb Sehari: Direkomendasikan Oleh Kredit Pintar

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload