Awas Boros! Pahami Apa Itu Kartu Kredit Sebelum Pakai

16 Jul 2021 by Ary Wibowo, Last edit: 20 Sep 2022

Kartu kredit menjadi kebutuhan sekaligus gaya hidup untuk sebagian orang. Bagi mereka yang tinggal di kota besar dan aktif bekerja atau berbisnis membutuhkan kemudahan transaksi keuangan. Kartu kredit menawarkan kemudahan dalam melakukan transaksi keuangan nasional hingga internasional.

Seseorang harus mengajukan permohonan pada bank penerbit kartu kredit untuk memilikinya. Caranya dengan mengisi formulir dan melengkapi segala persyaratan yang ditentukan oleh bank. Bank memproses permohonan kartu kredit nasabah kurang lebih 2 pekan. Hampir setiap bank menyediakan layanan kartu kredit untuk nasabahnya.  

Pahami Apa Itu Kartu Kredit Sebelum Menggunakannya

Untuk lebih jelas tentang kartu kredit, jenis dan cara menggunakannya, mari simak penjelasan berikut! 

  1. Pengertian Kartu Kredit

Kartu kredit adalah alat pembayaran untuk melakukan penyelesaian transaksi ritel dan sistem kredit. Kartu kredit menggunakan sistem utang yang dikeluarkan oleh bank penerbit. Pengguna kartu kredit mempunyai nilai pinjaman yang harus dibayarkan ke bank penerbit dalam waktu yang telah ditentukan.

Sistem penggunaan kartu kredit berarti transaksi yang dilakukan pemegang kartu akan dibayarkan terlebih dahulu oleh bank penerbit. Selanjutnya, transaksi tersebut menjadi utang yang harus dibayar oleh nasabah dalam batas waktu tertentu. 

Berdasarkan kutipan dari Peraturan Bank Indonesia No 10/8/PBI/2008 mengenai Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran Dengan Menggunakan Kartu, kartu kredit adalah alat pembayaran yang sah untuk melakukan pembayaran atas kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi.

Jangan sampai tertukar antara kartu kredit dan kartu debit. Kartu kredit digunakan untuk meminjamkan nasabah sejumlah uang melalui transaksi yang dilakukan. Sedangkan, kartu debit digunakan untuk menarik uang atau menggunakan uang dari rekening nasabah.

  1. Jenis Kartu Kredit

Pada bagian depan kartu terdapat informasi nomor kartu, masa berlaku, nama pemegang kartu, nama bank penerbit kartu, nomor identifikasi dan beberapa kartu kredit memiliki hologram tiga dimensi. Setiap kartu kredit mempunyai bentuk dan ukuran sama, tapi kartu kredit punya beberapa jenis berbeda. 

  1. Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Wilayah Berlaku
  2. Kartu Kredit Nasional

Kartu kredit nasional memiliki batasan wilayah penggunaan yang terbatas, biasanya hanya berlaku pada kawasan atau wilayah tertentu. Kartu jenis ini dikeluarkan oleh perusahaan tertentu bekerjasama dengan pihak bank penerbit kartu. 

Contoh penggunaan kartu kredit nasional Indonesia adalah Garuda Executive Card, Golden Truly, Astra, Carrefour dan sebagainya. 

  1. Kartu Kredit Internasional

Kartu kredit internasional bisa digunakan sebagai alat pembayaran secara global atau lintas negara. Keunggulan kartu kredit ini yaitu diakui sebagai alat transaksi keuangan sah hampir di seluruh dunia. Hal ini bisa terjadi karena kartu kredit  internasional mempunyai dukungan jaringan yang sangat luas.

Contoh kartu kredit internasional yaitu Visa, Master Card, Dinner Club, Carte Blanche dan American Express. Visa dan Mastercard mendominasi pasar kartu kredit dunia dengan lebih dari 100 juta pemegang kartu aktif. 

  1. Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Afiliasi
  2. Co-Branding Card

Co-Branding Card diterbitkan berdasarkan kerja sama pihak bank dengan brand atau institusi tertentu. Jenis Co-Branding Card ada yang nasional maupun internasional.  Contoh Co-Branding Card adalah kartu kredit Citibank Telkomsel, Danamon Manchester United, Mandiri Hypermart, BII Lion Air dan sebagainya.

  1. Affinity Card

Affinity Card adalah jenis kartu kredit khusus yang dibuat dengan hasil kerja sama antara pihak bank dan organisasi atau institusi tertentu. Affinity Card digunakan oleh pihak atau kelompok tertentu, contohnya mahasiswa. 

Contoh Affinity Card adalah kartu kredit BNI yang bekerja sama dengan Universitas di Indonesia.

  1. Kelebihan Kartu Kredit 

Banyak orang merasa membutuhkan kartu kredit karena bisa memberikan manfaat dan kemudahan bagi penggunanya. 

Berikut adalah Keunggulan dari kartu kredit: 

  1. Memberikan Pinjaman secara Instan 

Kartu kredit memiliki Keunggulan dalam memudahkan pengguna melakukan transaksi keuangan melebihi dana dalam rekeningnya. Kartu kredit memberikan pinjaman secara instan tanpa harus melalui prosedur peminjaman uang dari bank. 

Meminjam uang ke bank tentu membutuhkan proses dan butuh waktu persetujuan cukup lama. Dengan kartu kredit, Sobat Pintar bisa mendapatkan pinjaman secara instan dan membayar belakangan.

  1. Mempermudah Transaksi Jual Beli

Transaksi jual beli online atau offline akan lebih mudah dengan kartu kredit. Keuntungan menggunakan kartu kredit dalam berbelanja yaitu Sobat Pintar tidak perlu membawa uang tunai terlalu banyak. Hal ini membuat transaksi jual lebih aman dan mudah. 

Dalam transaksi online, kartu kredit lebih fleksibel di banyak aplikasi belanja online. Bahkan, kartu kredit memungkinkan Sobat Pintar melakukan transaksi jual beli lintas negara.  

  1. Lebih Hemat dengan Promo

Kartu kredit seringkali memberikan promo kepada penggunanya. Sobat Pintar bisa mendapatkan promo dalam bentuk potongan harga atau cashback pada toko atau merchant tertentu. Promo yang ditawarkan oleh kartu kredit sangat membantu dalam penghematan anggaran belanja Sobat Pintar. 

  1. Memudahkan Pembayaran Tagihan

Dengan satu kartu kredit Sobat Pintar bisa melakukan pembayaran tagihan rutin bulanan dengan lebih praktis. Kartu kredit bisa digunakan untuk membayar tagihan listrik, tv kabel, layanan internet hingga cicilan rumah. Dengan begitu, rutinitas membayar tagihan Sobat Pintar lebih aman karena dilakukan otomatis dari sistem layanan kartu kredit. 

  1. Ada Fitur Tarik Tunai

Kelebihan kartu kredit lainnya adalah Sobat Pintar bisa melakukan tarik tunai di ATM dengan fitur cash advance. Fitur ini sangat membantu jika Sobat Pintar membutuhkan pinjaman instan dalam bentuk uang tunai. Setiap transaksi tarik tunai dengan fitur cash advance ada biaya dan limit yang ditentukan.  

  1. Kekurangan Kartu Kredit

Sebelum menggunakan kartu kredit Sobat Pintar perlu tahu apa saja kelemahannya.

Berikut adalah kekurangan dari kartu kredit:

  1. Syarat Pengajuan Ketat

Tidak semua orang bisa memiliki kartu kredit. Ada persyaratan dan prosedur yang ketat jika seorang nasabah ingin mengajukan permohonan kartu kredit. Penerbit kartu sangat selektif dalam menentukan nasabah yang lolos pengajuan kartu kredit. Syarat tersebut meliputi besar penghasilan nasabah, jenis pekerjaan, usia, wilayah dan sebagainya. 

  1. Ada Biaya-Biaya yang Perlu Dibayarkan

Kartu kredit memiliki biaya yang dibebankan kepada nasabah, di luar tagihan dari transaksi keuangan. Ada biaya bunga per bulan dan per tahun yang jumlahnya bisa berbeda pada setiap bank dan jenis kartu. 

Bunga kartu kredit dibebankan kepada nasabah ketika tidak membayar tagihan sebelum jatuh tempo. Selain itu, ada juga denda keterlambatan pembayaran dan biaya iuran tahunan. 

Itulah penjelasan tentang kartu kredit, semoga sedikit banyak bisa bermanfaat bagi Sobat Pintar yang ingin membuat kartu kredit. Hal yang perlu diingat, penggunaan kartu kredit yang kurang bijak bisa menyebabkan seseorang menjadi lebih boros. Oleh karena itu, hindari penggunaan kartu kredit untuk hal-hal yang tidak penting. Sobat Pintar harus bijak dan disiplin menggunakan kartu kredit. Pastikan Sobat Pintar sudah mempertimbangan segala kelebihan dan kekurangan sebelum memutuskan menggunakannya. Jangan sampai kartu kredit yang dimaksudkan untuk mempermudah transaksi keuangan justru membuat Sobat Pintar mengalami kerugian.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
20 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download