Cara Memilih Produk Asuransi Rawat Jalan & 5 Pilihan Terbaik 2022

16 Sep 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 18 Sep 2022

Masa pandemi adalah masa kehidupan yang mengertikan bagi sebagian besar orang, bagaimana tidak? Banyak usaha maupun bisnis yang mengalami penurunan omzet disisi lain bagi para karyawan juga tidak sedikit yang mengalami PHK. Ketidakpastian ekonomi dan kesulitan mencari nafkah di tengah situasi yang mengancam kesehatan tentu sangat menyeramkan dan tidak aman bagi keberlangsungan finansial.

Gambaran situasi seperti itu membuat kita sadar akan pentingnya memiliki asuransi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Di Indonesia kenaikan biaya kesehatan diperkirakan meningkat 10 atau lebih per tahunnya. Kenaikan biaya tersebut tidak sebanding dengan kenaikan gaji rata-rata orang Indonesia 5-6,9% per tahun, hal ini tentu membuat orang Indonesia mengalami resiko kemiskinan akibat sakit penyakit mereka.

Baca Juga: Biaya Kemoterapi Mahal? Asuransi Siap Menjaminnya

Fakta bahwa anda membaca artikel ini mungkin menunjukan kesadaran diri akan pentingnya memiliki asuransi kesehatan baik rawat inap maupun rawat jalan. Rawat jalan memberikan pelayanan medis kepada pasien untuk berbagai tujuan seperti diagnosis, observasi, kontrol kesehatan, pengobatan sederhana dan pelayanan kesehatan lain yang tidak memerlukan rawat inap.

Cara Memilih Produk Asuransi Rawat Jalan & 5 Pilihan Terbaik 2022

Pertimbangan dalam Memilih Asuransi Rawat Jalan
Anda mungkin tertarik atau sedang dalam proses untuk memilih produk asuransi rawat jalan yang sesuai dan terbaik bagi anda. Artikel ini akan membantu anda untuk mengetahui pertimbangan apa yang perlu diperhatikan dalam melihat kualitas asuransi seperti dibawah ini:

  • Besaran Nilai Premi dan Kemampuan Finansial kita

Kita tentu sudah menyadari pentingnya memperhatikan nilai besaran harga nilai pembayaran premi yang sesuai dengan kemampuan finansial dan budget kita. Tetapi juga penting diperhatikan bahwa nilai premi apakah sebanding dengan manfaatnya dan bagaimana jika dibandingkan dengan nilai premi produk asuransi yang lain.

  • Sistem Pembayaran Asuransi Rawat Jalan

Sistem pembayaran juga penting d iperhatikan pada umumnya ada 2 metode sistem yaitu cashless dan reimburse dimana cashless adalah sistem pembayaran dengan memakai media seperti kartu dan pasien tidak perlu melakukan pembayaran terlebih dahulu. Kebalikannya dengan sistem reimburse yang mewajibkan pasien untuk membayar biaya pengobatan terlebih dahulu.

Secara finansial tentu pembayaran dengan sistem cashless jauh lebih menguntungkan dan tidak se-berbahaya atau berisiko reimburse.

  • Jenis Asuransi Rawat Jalan
    Jika anda tinggal sendiri dan belum memiliki keluarga sendiri maka jenis asuransi pribadi mungkin bisa menjadi pilihan, namun banyak orang memilih jenis asuransi polis keluarga sehingga setiap anggota keluarga akan mendapatkan manfaat asuransi rawat jalan. 

Baca Juga: Bank Tabungan Pensiunan Nasional: Produk dan Keunggulannya

  • Penyakit atau Apa Saja yang Bisa di Klaim di Produk Asuransi
    Setiap perusahaan asuransi memiliki ketentuan dan kebijakan yang berbeda sendiri terhadap penyakit atau kondisi medis apa yang bisa dicover oleh produk asuransi rawat jalan mereka. Hal ini tentu perlu diperhatikan, apakah kondisi kesehatan yang anda atau keluarga miliki relevan dengan jenis penyakit yang bisa ditanggung? Pastikan anda memilih produk yang relevan dengan kondisi anda sebelum memilih asuransi rawat jalan.
  • Asuransi Rawat Jalan tersebut Bekerjasama dengan Rumah Sakit Apa Saja?

Mungkin produk asuransi yang ditawarkan memang bagus dan menarik namun ternyata tidak memiliki banyak rekanan rumah sakit sehingga anda terpaksa berobat pada rumah sakit tertentu. Hal tersebut akan menyusahkan anda bukan? Maka dari itu pada prinsipnya semakin banyak rekanan rumah sakit yang dimiliki produk asuransi maka akan semakin baik pula.

  • Plafon Asuransi

Ketika kita berbicara plafon asuransi maka kita berbicara berapa jumlah besaran maksimal nilai tertanggung yang bisa dibayarkan oleh perusahaan asuransi atas klaim yang diajukan. Plafon asuransi yang tinggi atau tidak terbatas tentu akan memberikan  rasa aman dan nyaman  bagi anda karena kita tidak tahu bagaimana kenaikan dan besaran biaya yang mungkin bisa ditagihkan rumah sakit.

  • Kemudahan untuk Mengklaim  

Tentu sama saja jika kita memiliki produk asuransi yang menarik dan bagus namun ternyata susah untuk mengklaim biaya perawatan rumah sakit tersebut. Dalam memilih produk asuransi kita perlu memastikan bagaimana prosedur klaim tersebut dan apakah terdapat waktu tunggu dan jika ada maka seberapa lamakah waktu tunggu tersebut?

Kita ingin mendapat produk asuransi yang mudah digunakan dan prosedur klaim tidak ribet, percuma saja jika biaya rumah sakit atau klinik susah diakui, hal tersebut bisa diperhitungkan juga sebagai resiko.

  • Apakah Asuransi Kompatibel dengan Sistem Double Claim?

Kita tentu sudah tidak asing dengan layanan BPJS. Jika kita telah terdaftar dalam BPJS dan masih ingin memiliki produk asuransi swasta akan lebih bijak jika kita memastikan terlebih dahulu bahwa produk asuransi swasta tersebut mendukung sistem double claim?

Jika tidak maka dikhawatirkan, klaim yang diajukan ditolak hanya karena biaya pengobatan kita telah ditanggung produk asuransi BPJS dari pemerintah.

Cara Memilih Produk Asuransi Rawat Jalan & 5 Pilihan Terbaik 2022

Baca Juga: Taksiran Biaya Ke Psikolog, Terjangkau dan Pakai BPJS

Rekomendasi 5 Produk Asuransi Rawat Jalan Tahun 2022

Mungkin pembahasan inilah yang paling ditunggu-tunggu oleh para pembaca yang sedang mencari produk asuransi. Berikut adalah uraian singkat daftar produk asuransi yang direkomendasikan: 

  • Asuransi rawat jalan Jagadiri

Asuransi ini menawarkan budget premi yang cukup rendah dimulai dari harga Rp. 280.000 untuk satu keluarga hingga 5 orang.  Syarat pemegang polis harus berusia minimal 21 tahun dengan usia dewasa hingga 60 tahun. Selebihnya informasi mengenai asuransi Jagadiri dapat dilihat pada halaman ini.

  • Asuransi rawat jalan Sinarmas]


Produk asuransi yang satu ini terbilang cukup memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari manfaat rawat jalan dan kecelakaan diri dengan masa tunggu hinga 15 hari. Asuransi ini juga memiliki tiga plan produk yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan anda. Informasi selebihnya bisa di cek pada halaman ini.

  • Asuransi rawat jalan Manulife


Manulife memiliki sistem pembayaran cashless atau reimburse yang menguntungkan pemegang polis. Selain itu asuransi ini menawarkan limit tahunan untuk penyakit kritis seperti kanker, serangan jantung dan gagal ginjal. Informasi selebihnya bisa di cek pada halaman ini.

  • Asuransi rawat jalan AIA


Produk AIA menawarkan program khusus bagi karyawan dengan nilai premi terjangkau yaitu Rp. 50.000/ bulan. Nilai premi tersebut diimbangi dengan manfaat seperti konsultasi, perawatan dokter, obat, pemeriksaan diagnostic, perawatan gigi dan lain-lain. Informasi selebihnya bisa di cek pada halaman ini.

  • Asuransi rawat jalan Allianz

Allianz adalah produk asuransi kesehatan yang bersifat internasional dengan total plafon bisa mencapai Rp. 6.000.000.000 per orang setiap tahunnya. Allianz juga memberikan fasilitas rawat jalan yang mewah dengan pembayaran cashless. Informasi selebihnya bisa di cek pada halaman ini.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
18 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download