Rekomendasi Aplikasi Edit Gambar untuk Android

08 Nov 2021 by Laruan

Kegiatan fotografi dengan menggunakan smartphone saat ini telah mengalami perkembangan yang pesat. Teknologi kamera smartphone semakin canggih, sehingga tidak memerlukan perangkat kamera profesional. Terlepas dari canggihnya kamera smartphone, gambar masih memerlukan beberapa sentuhan. Aplikasi edit gambar diperlukan untuk memberikan sentuhan tersebut. 

Banyaknya pilihan yang ada diluar sana, berikut adalah beberapa aplikasi edit gambar terbaik untuk perangkat Android yang dapat ditemukan di Play Store. Berikut adalah rekomendasi aplikasi edit gambar terbaik di Android.

  1. Adobe Photoshop Express Photo Editor

Dengan antar muka yang sederhana dan dinamis, produk Adobe ini adalah aplikasi edit gambar Android yang baik untuk pengeditan cepat, mudah dan kuat di perangkat. Aplikasi ini dikemas dengan fitur-fitur penting seperti memotong gambar, meluruskan gambar, memutar gambar dan membalik gambar. 

Photoshop Express memberikan berbagai jenis filter yang dapat digunakan dalam sekali sentuh, bingkai, berbagai efek, perbaikan otomatis, warna dan juga beberapa alat canggih seperti mesin rendering gambar untuk memperbaiki file gambar besar. Selain itu juga terdapat fitur noise reduction atau penghilang bintik pada gambar yang dapat meminimalkan butiran yang tidak diinginkan dan bintik-bintik pada foto malam hari.

Kelebihan Adobe Photoshop Express antara lain:

  • Gratis dan bebas iklan
  • Terdapat lebih dari 80 filter instan untuk mengedit gambar secara otomatis
  • Gambar dapat diimpor dan diedit dalam format RAW
  • Fitur korektif perspektif untuk memperbaiki posisi gambar yang miring
  • Gambar dapat dibagikan ke berbagai media sosial langsung setelah di edit

Ukuran aplikasi: 81 MB

Rating: 4,4/5

  1. Adobe Lightroom: Photo Editor

Satu lagi aplikasi edit gambar profesional produksi Adobe yang sangat populer hingga saat ini adalah Lightroom. Seperti namanya, Lightroom memberikan fitur permainan cahaya dan warna dalam gambar. Pengeditan gambar yang dapat dilakukan seperti penyesuaian tingkat eksposur, sorotan, bayangan, dan tone serta warna gambar. Selain itu juga terdapat beberapa preset yang disediakan gratis.

Lightroom terdiri dari versi gratis, dan versi berbayar dengan kelengkapan alat pengeditan foto yang lebih lengkap dan profesional. 

Kelebihan Lightroom antara lain:

  • Fitur penyesuaian cahaya dan warna profesional
  • Versi gratis yang sudah memiliki fitur yang cukup lengkap
  • Fitur penyimpanan preset pribadi yang dapat digunakan kembali 

Ukuran aplikasi: 89 MB

Rating: 4,2/5

  1. PicsArt Photo & Video Editor

PicsArt adalah salah satu aplikasi edit gambar yang paling populer saat ini. Hal ini karena banyaknya pilihan fitur yang disediakan untuk melakukan pengeditan gambar serta dapat disesuaikan dengan tren yang ada. Fitur-fitur yang disediakan oleh PicsArt adalah pembuatan kolase, menggambar, bingkai, stiker dan lebih banyak lagi. Meskipun aplikasi ini tersedia secara gratis, terdapat beberapa pembelian dalam aplikasi untuk memperoleh filter pro dan terdapat iklan.

Kelebihan PicsArt Photo & Video Editor antara lain:

  • Mode kuas yang berfungsi untuk menerapkan efek secara selektif pada bagian gambar tertentu
  • Efek dengan kemampuan Al yang berkembang pesat
  • Aplikasi kamera built-in yang dapat langsung menerapkan efek
  • Eksposur ganda menggunakan layers dan transparansi yang dapat disesuaikan

Ukuran aplikasi: 43 MB

Rating: 4,2/5

  1. PhotoDirector

PhotoDirector adalah aplikasi edit gambar yang multifungsi. Antarmuka yang minimalis dan ramah pengguna dimana dapat dengan cepat melakukan penyesuaian warna dan tone gambar. Salah satu fitur unggulan aplikasi ini adalah adanya alat animasi yang menambah nilai artistik dalam gambar. 

Aplikasi ini juga memiliki fitur kamera built-in, sehingga efek gambar dapat langsung diterapkan saat mengambil foto. PhotoDirector dapat diperoleh secara gratis dan terdapat beberapa pembelian dalam aplikasi. 

Kelebihan PhotoDirector antara lain:

  • Alat content-aware untuk menghapus objek yang tidak diinginkan dalam gambar
  • Efek gambar prasetel artistik seperti Lomo, Vignette dan HDR
  • Foto Fx untuk menerapkan efek ke bagian tertentu dalam gambar

Ukuran aplikasi: 118 MB

Rating: 4,5/5

  1. Snapseed

Snapseed adalah aplikasi edit gambar yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang tersedia secara gratis dan bebas iklan, serta ukuran aplikasi yang kecil sehingga tidak membutuhkan penyimpanan yang besar. Snapseed juga memiliki antarmuka yang ramah pengguna dan mudah digunakan. 

Snapseed hadir dengan berbagai jenis filter untuk memodifikasi tampilan gambar, termasuk 29 jenis alat yang berbeda. Setelah selesai mengedit, gambar dapat dengan mudah diekspor dengan pilihan penyimpanan atau langsung dibagikan ke media sosial. 

Kelebihan Snapseed antara lain:

  • Terdapat fitur pengeditan gambar dengan format RAW dan DNG, serta dapat diekspor menjadi format JPG
  • Mode tema gelap asli di aplikasi
  • Kuas filter selektif untuk mengedit gambar pada bagian tertentu
  • Pilihan untuk menyimpan preset yang dibuat sendiri dan dapat diterapkan pada gambar lain
  • Terdapat fitur untuk menghilangkan objek tertentu yang mungkin mengganggu dalam gambar

Ukuran aplikasi: 22 MB

Rating: 4,4/5

  1. VSCO: Photo & Video Editor

VSCO merupakan aplikasi edit gambar yang populer di kalangan selebgram dan influencer di media sosial instagram. Aplikasi ini menghadirkan 10 hadiah dan beberapa filter untuk menyempurnakan gambar secara gratis. Juga terdapat preset-preset premium yang dapat diperoleh dengan melakukan pembelian dalam aplikasi.

VSCO dapat dikategorikan sebagai aplikasi edit foto profesional dengan hadirnya fitur seperti HSL dan Split Tones. Aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk pengeditan video. Selain itu, VSCO juga dapat berfungsi sebagai media sosial komunitas fotografi untuk berbagi ilmu dan menunjukkan bakat fotografi.

Kelebihan VSCO antara lain:

  • 10 preset gratis untuk mengedit gambar
  • Alat dan kelengkapan pengeditan kelas profesional
  • Adanya komunitas fotografi

Ukuran aplikasi: 50 MB

Rating: 3,6/5

  1. Photo Editor Pro

Photo Editor Pro adalah salah satu aplikasi edit gambar terbaik di Android. Selain alat pengeditan dasar, aplikasi ini memiliki beberapa alat yang sedang tren saat ini seperti menambahkan efek glitch, filter sketsa, stiker, tato dan masih banyak lagi. Namun aplikasi ini memiliki versi gratis dan berbayar, sehingga alat pengeditan profesional seperti HSL hanya dapat digunakan pada versi berbayar. 

Kelebihan Photo Editor Pro antara lain:

  • Ukuran kecil sehingga tidak membebankan penyimpanan smartphone
  • Efek glitch dan banyak filter lainnya
  • Editor tubuh seperti slim body, elongated legs dan multiple hairstyles

Ukuran aplikasi: 15 MB

Rating: 4,8/5

  1. Prisma Photo Editor

Aplikasi edit gambar yang satu ini sangat sesuai dengan pengeditan untuk mengubah gambar menjadi lukisan. Aplikasi dini memberikan lebih dari 300 art yang dapat dipilih untuk pengeditan gambar. Selain itu, Prisma juga menawarkan filter art baru setiap hari sehingga akan memberikan pengalaman baru dalam pengeditan gambar. 

Kelebihan Prisma antara lain:

  • Mode pengeditan gambar tingkat lanjut
  • Gaya art baru setiap harinya
  • Komunitas Prisma untuk berbagi kreasi dan memamerkan hasil editan pribadi

Ukuran aplikasi: 46 MB

Rating: 4,6/5

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi edit gambar yang ada di perangkat Android. Anda dapat memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan pengeditan yang ingin dicapai.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
08 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload