Apa itu Startup? Peluang Bisnis di Era Teknologi Digital

04 Jun 2021 by kreditpintar
bisnis startup

Mendengar kata startup, hal pertama yang terlintas di pikiran kita adalah tokopedia, gojek, traveloka, dan lain-lain. Perkembangan teknologi informasi mempengaruhi dunia bisnis. Salah satunya ditandai dengan banyaknya perusahaan startup yang bermunculan. Indonesia sendiri berada di jajaran negara dengan jumlah perusahaan startup di dunia. Mulai dari perusahaan startup kecil hingga perusahaan startup yang telah merajai nasional seperti yang disebutkan sebelumnya. Hal ini menandakan startup merupakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan di pasar Indonesia. 

Apa itu Startup?

Sebelum memulai bisnis startup, lebih baik kita mengenal dulu dengan apa itu startup. Pada awalnya startup didefinisikan sebagai sebuah perusahaan baru atau perusahaan rintisan yang berjalan dalam jangka waktu dibawah lima tahun. Seiring perkembangan teknologi informasi, definisi startup juga mengalami pergeseran. Sekarang startup lebih dikenal dengan perusahaan baru yang menerapkan inovasi dan teknologi digital sebagai solusi dalam masyarakat. 

Contohnya saja gojek, lahir sebagai solusi transportasi yang lebih praktis bagi masyarakat dengan hanya menggunakan smartphone. Hingga sekarang banyak bermunculan startup-startup yang menggunakan ide ini sebagai peluang bisnisnya. Pada satu sisi startup dianggap dapat merusak pasar industri konvensional, namun di sisi lain startup merupakan sebuah ide bisnis baru dalam kontribusinya mengembangkan dunia industri digital di Indonesia.

Ciri-Ciri Perusahaan Startup

Perusahaan startup pada dasarnya merupakan perusahaan yang baru dirintis. Bagi kamu yang tertarik untuk memulai usaha di bidang ini, lebih baik mengenal lebih dalam mengenai startup dari ciri-ciri berikut.

  1. Startup merupakan perusahaan baru atau perusahaan rintisan yang masih berusia dibawah lima tahun. 
  2. Peluang bisnis startup biasanya muncul dari permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam masyarakat, sebagai solusi inovatif untuk mempermudah kehidupan masyarakat.
  3. Jumlah karyawan perusahaan startup biasanya lebih sedikit, namun memiliki keahlian dan mampu bekerja multitasking, serta memiliki semangat kerja yang tinggi. Karena biasanya perusahaan startup didirikan oleh generasi muda dan karyawan yang juga berasal dari generasi muda yang masih memiliki semangat kerja tinggi.
  4. Perusahaan startup memanfaatkan integrasinya dengan teknologi yang menjadi nilai tambah dalam ide bisnisnya. Selain menggunakan teknologi dalam strategi marketingnya, perusahaan startup juga memanfaatkan teknologi sebagai bagian utama bisnisnya.

Bagaimana Peluang Bisnis Startup di Indonesia?

Sebagai negara berkembang, Indonesia sangat mengandalkan pertumbuhan ekonominya dari perusahaan lokal. Baik itu perusahaan besar maupun perusahaan berskala kecil dan UMKM. Peluang bisnis startup di Indonesia sendiri cukup luas. Mengingat Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki wilayah sangat luas dan jumlah penduduk yang tinggi, dimana memiliki permasalahan tersendiri yang membutuhkan solusi inovatif. Sehingga peluang bisnis startup di Indonesia sangat menjanjikan. 

Sukses atau tidaknya sebuah perusahaan startup bergantung kepada kebutuhan masyarakat itu sendiri. Ide-ide inovatif yang ditawarkan kepada masyarakat haruslah menjawab permasalahan masyarakat dalam berbagai hal dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Selain itu perkembangan teknologi digital yang telah memasuki berbagai kalangan di Indonesia dirasa cukup membuka peluang bisnis yang luas bagi startup-startup baru. 

Tips Mendirikan Bisnis Startup

Perusahaan startup semakin “ngetren” sejak boomingnya drama korea berjudul “startup”. Semua orang berlomba-lomba dengan cita-citanya untuk menjadi pengusaha startup. Akan tetapi, membuka usaha startup tidak semudah yang ada di drama. Drama kehidupan nyata terkadang lebih kompleks, dan daya tahan kita sangat diuji dalam membuka sebuah bisnis. Bagi Sobat Pintar yang tertarik untuk membangun sebuah perusahaan startup berikut adalah beberapa tips yang akan membantu Sobat Pintar.

1. Menentukan tujuan

Tujuan merupakan hal yang paling penting saat memulai bisnis apapun. Ini untuk menentukan langkah-langkah yang akan kamu lakukan dalam mengembangkan perusahaan startup kedepannya. Tujuan ini memuat mulai dari jenis usaha apa yang akan dijalankan, apa saja yang dibutuhkan, siapa saja target pasarnya, dan langkah-langkah apa yang akan dilakukan untuk memenuhi tujuan tersebut.

Bagaimana cara menentukan tujuan saat mendirikan startup? Pertama Sobat Pintar harus memulai bisnis yang sesuai dengan minat Sobat Pintar. Kedua adalah melakukan identifikasi terhadap kebutuhan masyarakat, sebagus dan inovatif apapun ide Sobat Pintar tidak akan berhasil jika hal tersebut tidak dibutuhkan oleh masyarakat. Ketiga adalah menentukan target pasar sesuai dengan hasil identifikasi tersebut. 

2. Mempersiapkan modal

Tips mendirikan startup yang kedua dan tidak kalah pentingnya adalah modal. Modal usaha diperlukan bagi perusahaan manapun dan bergerak di bidang apapun. Tanpa modal ide inovatif Sobat Pintar tidak akan dapat direalisasikan dalam bentuk bisnis. Modal usaha bisa Sobat Pintar peroleh dengan mengundang investor-investor untuk bergabung dengan perusahaan Sobat Pintar. Atau ada solusi lainnya dengan melakukan pinjaman modal usaha di Kredit Pintar, solusi pinjaman cepat, limit tinggi, dan bunga rendah, yang sesuai dengan kebutuhan usaha Sobat Pintar. 

3. Kepuasan konsumen adalah yang utama

Tidak dapat dipungkiri bahwa perusahaan startup sangat bergantung pada konsumen. Di tengah persaingan bisnis yang semakin tinggi, selain persaingan ide, persaingan dalam memperebutkan hati konsumen tidak dapat dihindari. Berikanlah pelayanan terbaik bagi konsumen, dengan menerima kritik dan saran dari konsumen, atau dengan melakukan survei kepuasan dan kebutuhan konsumen. Sehingga Sobat Pintar dapat memaksimalkan pengembangan usaha dengan lebih baik.

4. Fleksibel 

Fleksibilitas sangat diperlukan dalam menjalankan bisnis startup. Apalagi startup bergerak dengan teknologi yang mengalami perkembangan dengan sangat cepat. Sehingga fleksibilitas diperlukan agar perusahaan startup yang Sobat Pintar dirikan dapat menyesuaikan diri dengan kondisi lapangan. Kita sebut saja tokopedia sebagai contoh. Perusahaan startup yang pada awalnya bergerak dalam bidang e-commerce tersebut, sekarang telah berkembang dengan mengeluarkan layanan-layanan lain seperti pembelian tiket perjalanan, investasi, bahkan layanan kesehatan. 

Sudah Siap Mendirikan Bisnis Startup?

Setelah membaca penjelasan tentang apa itu startup, apakah Sobat Pintar sudah siap untuk mendirikan startup? Memang terdengar sulit, namun jika Sobat Pintar mempersiapkan dengan baik maka tidak menutup kemungkinan perusahaan startup yang Sobat Pintar dirikan akan menjadi besar. Hal terpenting dari mendirikan sebuah perusahaan startup adalah ide inovatif yang solutif bagi masyarakat. Realisasikan ide tersebut dalam sebuah peluang usaha untuk mendirikan startup.

Hal kedua yang tidak kalah penting adalah kesiapan modal. Untuk memenuhi kebutuhan modal usaha startup Sobat Pintar dapat dilakukan pada Kredit Pintar yang menawarkan pinjaman modal usaha tanpa persyaratan yang menyulitkan. Selain itu dana pinjaman modal yang cepat cair tentunya sangat membantu dalam mengembangkan bisnis startup Sobat Pintar dan juga memberikan bunga rendah dan tenor pinjaman panjang, yang dapat Sobat Pintar sesuaikan dengan kemampuan Sobat Pintar dalam mengembalikan pinjaman modal tersebut. 

Kesimpulan 

Setelah panjang lebar dijelaskan mengenai apa itu startup, ciri-cirinya, peluang bisnis startup di Indonesia, dan tips mendirikan startup, apakah Sobat Pintar sudah siap dan menentukan ide bisnis Sobat Pintar? Mulai dari sekarang dan kembangkan startup Sobat Pintar secara bertahap bersama Kredit Pintar.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload