Apa itu Funding? Mengenal 6 Jenis Pendanaan Startup Series

11 Oct 2021 by Rindang Maulidia

Di Indonesia, dalam beberapa tahun terakhir telah muncul berbagai perusahaan yang dilabeli sebagai perusahaan startup, yang umumnya menerapkan penggunaan teknologi dalam berbagai sektor bisnis, seperti; finansial, e-commerce, pariwisata, kesehatan, dan lain-lain. Banyak generasi muda yang baru saja lulus menempuh perguruan tinggi memiliki minat besar bekerja di perusahaan startup karena budaya kerja yang unik dibandingkan dengan perusahaan yang sudah lama berdiri. Selain budaya kerja, perusahaan startup juga memiliki metode pendanaan yang berbeda dengan jenis perusahaan lain yang disebut funding. Apa itu funding?

Funding bisa diartikan sebagai proses penggalangan dana. Singkatnya, pemilik perusahaan startup akan memulai proses funding dengan cara mempromosikan diri mereka kepada para calon investor yang akan mendanai startup mereka. Setelah itu para investor yang tertarik untuk mendanai suatu perusahaan startup akan mempelajari seluk beluk dari startup tersebut.

Apabila investor tertarik untuk melakukan pendanaan pada suatu startup, maka suatu perusahaan startup akan merancang berbagai pertemuan yang bertujuan untuk menjalin kerjasama antara investor dengan suatu perusahaan startup. Nantinya dana yang diberikan oleh investor tersebut akan disebut sebagai venture capital.

Lalu, apakah funding dan venture capital adalah hal yang sama?

Tidak, kedua hal tersebut adalah hal yang berbeda.

Singkatnya, begini; funding adalah proses pendanaan sedangkan venture capital artinya adalah dana yang diberikan dalam kegiatan funding.

Setiap startup akan mendapatkan nominal venture capital yang berbeda-beda dan range nominal venture capital bisa dikelompokkan dalam berbagai jenis. Kenali pendanaan startup selengkapnya berikut ini.

Startup akan mendapatkan nominal venture capital yang variatif. Kenali pendanaan startup selengkapnya dalam artikel berikut ini.

1. Pre Seed/ Seed Funding, apa saja yang diberikan dalam tahap pendanaan awal ini?

Pre Seed/Seed Funding adalah sebuah tahap awal pendanaan dalam suatu perusahaan startup.

Apa itu funding tahap pre seed/seed?

Seperti yang kita tahu, kata “seed” dari Bahasa Inggris diartikan sebagai benih dalam Bahasa Indonesia.

Dalam tahap pendanaan ini, diibaratkan bahwa pre seed/seed funding adalah permulaan pendanaan seperti ketika kita menanam benih untuk mendapatkan panen dari pohon yang telah ditanam dan dirawat agar bisa bertumbuh dengan sehat.

Dalam tahap pendanaan ini, sebuah startup bisa menerima venture capital sebesar USD 50.000-USD 60.000. 

Sebuah startup dinilai layak mendapatkan venture capital dalam jenis pre seed/seed funding apabila sebuah perusahaan mampu mencapai target pasar karena venture capital yang diberikan akan digunakan untuk kepentingan gaji karyawan, promosi, dan branding.

2. Apa saja yang didapatkan dari pendanaan Series A sebagai tahap kedua pendanaan 

Jika mendapatkan pertumbuhan yang sehat, startup yang tadinya mendapatkan venture capital jenis pre seed/seed, bisa naik level dengan mendapatkan pendanaan series A dan selanjutnya bisa juga disebut sebagai Startup Series A.

Dengan menyandang embel-embel Series A, artinya startup tersebut telah menerima modal sebesar USD 600.000-USD 3.000.000.

Dengan adanya peningkatan modal, founder Startup Series A memiliki tanggung jawab untuk mengenalkan produknya dalam lingkup nasional maupun internasional dan membuat inovasi untuk meningkatkan daya jual agar bisa memperoleh imbal hasil yang maksimal.

3. Tahap pendanaan ketiga: Funding Series B, apa saja kriterianya?

Apabila Startup Series A telah menunjukkan kinerja yang dijanjikan saat permintaan pendanaan, maka Startup tersebut berhak untuk mengajukan funding Series B dan menjadi Startup Series B.

Apa itu funding Series B?

Funding Series B adalah jenis funding yang diperuntukkan bagi startup yang telah memiliki imbal hasil setelah menjadi Startup Series A.

Funding Series B memiliki venture capital sebesar USD 5.000.000-USD 20.000.000 yang digunakan untuk ekspansi bisnis yang lebih luas..

Umumnya, sebuah startup yang telah beroperasi selama 2-3 tahun bisa mencapai pendanaan Series B. 

4. Tahap pendanaan keempat : Funding Series C

Funding Series C bisa didapatkan oleh perusahaan startup yang dinilai cukup dewasa dan dibuktikan dengan pertumbuhan perusahaan. 

Besaran venture capital yang diberikan dalam funding Series C adalah USD 25.000.000-USD 100.000.000.

Dengan menerima venture capital Funding Series C, perusahaan dituntut untuk melakukan akuisisi dan ekspansi.

5. Funding Series D, E, F, G bagi Startup yang belum siap untuk IPO

Jika sebuah perusahaan startup telah mendapatkan pendanaan hingga Funding Series C, maka perusahaan tersebut bisa saja untuk langsung menuju tahapan Initial Public Offering (IPO).

Namun tidak semua perusahaan startup yang siap berkembang bisa memenuhi syarat dan ketentuan untuk berada di tahapan IPO.

Karenanya, ada funding Serie D, E, F, dan G yang bisa menjadi tolak ukur perkembangan suatu perusahaan startup apabila belum siap berada di tahapan IPO.

Besaran venture capital di tahap ini berkisar mulai dari puluhan hingga ratusan juta Dollar Amerika. Contohnya, baru-baru ini Advance Intelligence Group menerima pendanaan series D sebesar USD400 juta dari SoftBank Vision Fund 2, Warburg Pincus, Northstar, dan beberapa pendana lainnya.

Advance Intelligence Group merupakan perusahaan induk Kredit Pintar.

Kredit Pintar merupakan perusahaan teknologi keuangan yang memberikan layanan pinjaman online untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.

Ajukan pinjaman secara instan hanya dengan gunakan KTP melalui aplikasi Kredit Pintar yang tersedia di Play Store. 

Dengan mendaftarkan diri sebagai pengguna baru, Sobat Pintar bisa ajukan pinjaman mulai dari Rp 600.000,-  dan dana akan cair dalam kurun waktu 1 x 24 jam setelah pengajuan pinjaman diterima. 

6. Tahap pendanaan Initial Public Offering (IPO)

Tahap ini adalah tahap terakhir dari pendanaan yang bisa diraih oleh perusahaan startup.

Dengan berada di tahap pendanaan IPO, maka perusahaan tersebut telah berada dalam kategori perusahaan yang telah melantai di bursa saham. 

Umumnya, perusahaan startup yang berusia 5-10 tahun berada dalam tahap pendanaan ini. 

Itulah 6 jenis pendanaan startup series.

Dari artikel ini, Sobat Pintar bisa mengetahui definisi apa itu funding dan berbagai macam jenis funding yang bisa diraih oleh suatu perusahaan startup.

Penjelasan ini bisa menjadi referensi bagi Sobat Pintar untuk mengambil keputusan dalam berkarir di dunia startup juga, lho. Semoga membantu!


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

mobile-closeKredit PintarDownload