Alasan Mengapa Anda Harus Memulai Bisnis Online Selama Pandemi

19 Apr 2021 by Laruan

Mengenal virus Corona, pandemi ini sudah menjadi sebuah keseharian yang normal di masa-masa ini. Begitu banyak hal-hal buruk yang bersangkutan dengan pandemi ini, seperti hilangnya pekerjaan, turunnya kesempatan bekerja, dan batalnya rencana-rencana yang sudah dibuat dari jauh-jauh hari. Walau begitu, jangan bersedih hati. Pandemi ini juga membuka banyak pintu-pintu, mulai dari munculnya komunitas-komunitas daring, seminar online yang terbuka untuk umum, acara-acara yang dilakukan jarak jauh, serta terbukanya kesempatan untuk membuka bisnis baru dari rumah.

bisnis online pandemi

Diketahui bahwa terdapat lonjakan drastis oleh pengguna dalam melakukan transaksi secara online. Dengan pembatasan sosial yang diberlakukan, sebagian besar masyarakat menghabiskan waktu mereka di rumah. Himbauan pemerintah untuk tidak keluar rumah bila tidak mendesak membuat orang-orang melakukan kegiatan di dalam rumah, entah itu menyelesaikan pekerjaan, kewajiban, pembelajaran, sampai perencanaan untuk kemudian hari. Salah satu hal yang diketahui terus meningkat adalah jumlah bisnis online yang lahir sejak pandemi ini. Mulai dari kerajinan tangan, makanan rumah, produk fesyen, maupun barang-barang elektronik.

Bagaimana cara memulai bisnis online?

Dengan kendala tatap muka yang sulit untuk dilakukan, penjual beralih dan memanfaatkan platform e-commerce untuk memajang dan memasarkan produk-produk yang dijual. Toko-toko fisik yang sebelumnya menjual produk-produk mereka secara offline kini bertransisi sebagai bisnis online dan memanfaatkan e-commerce untuk terus menawarkan produk-produk mereka kepada para pelanggan yang masih takut untuk berpergian keluar rumah. Seperti yang diketahui, menjalankan bisnis online tidaklah mudah karena penjual tidak bertemu dengan para pembeli secara langsung. Maka dari itu, penjual bisnis online harus bisa mengoptimalkan e-commerce. Tidak hanya untuk sekedar menjual produk-produk kepada para pelanggan setia, tetapi juga memakai layanan yang ditawarkan untuk mencari calon pembeli baru.

Apa saja sebenarnya yang bisa dijual di dalam e-commerce?

Di masa sekarang ini, hampir semua bisa dipasarkan di e-commerce, mulai dari produk makanan, produk minuman, produk rumah tangga, bahan-bahan dasar memasak, alat-alat berat, furnitur, barang-barang elektronik, alat tulis, produk-produk fesyen, bahkan kendaraan. Kelebihan e-commerce adalah fungsinya sebagai jembatan yang mempertemukan pembeli dengan penjual yang cocok. Setelah transaksi dilakukan, penjual akan mengirimkan produk yang dibeli dan dikirimkan kepada sang pembeli tanpa adanya kontak secara langsung. Penjual juga tidak akan menerima dana transaksi sampai pembeli memastikan produknya sampai dengan aman. Hal itu menjadi kelebihan dari melakukan transaksi melalui e-commerce.

Hampir seluruh aplikasi jual beli online memberikan layanan pengiklanan untuk para pemilik bisnis online. Dengan mengeluarkan sedikit modal untuk mengaktifkan mode iklan, penjual dapat dengan sabar menunggu pembeli setia dan pembeli baru untuk melakukan transaksi. Mendengar ini, menjalankan bisnis online terdengar mudah, bukan? Namun, tidak sedikit yang memiliki banyak ide untuk memulai bisnis dan berujung tidak memulai dengan berbagai pertimbangan. Beberapa diantaranya seperti mencari pemasok barang yang cocok, target pasar yang sesuai, tren yang sedang naik daun sekarang, serta modal yang kurang memadai.

Mendengar kendala utama berupa modal yang kurang menjadi penghambat bisnis-bisnis baru, Kredit Pintar datang untuk memberikan solusi sebagai pinjaman online. Membuka bisnis baru memang tidak mudah, tetapi jangan biarkan faktor modal menjadi sebuah masalah untuk menjalankan sebuah bisnis. Kredit pintar diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan menjanjikan para pengguna untuk tidak merasa terbebani dengan cicilan yang ringan. Pinjaman online ini juga dapat menjamin Anda untuk menerima pencairan yang instan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk memulai dan jadikan kredit pintar sebagai jawaban dan pendorong Anda untuk maju.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload