Akun Gojek Anda Terblokir? Cara Memulihkannya!

14 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 21 Mar 2022

Anda adalah salah satu pengguna aplikasi ojek online, Gojek? Tentunya Anda tahu jika ada beberapa pelanggaran atau saat nomor ponsel Anda tidak aktif lagi, maka akun Gojek Anda bisa terblokir. Lalu, bagaimana cara memulihkannya, ya? Berikut kami berikan cara pemulihan akun Gojek paling cepat dan praktis!

Mengapa Akun Gojek Bisa Terblokir?

Tentunya, sistem dari aplikasi Gojek ini memiliki beberapa peraturan yang jika tidak sengaja maupun sengaja Anda langgar, akan membuat akun Anda terblokir. 

Berikut ini adalah perkiraan penyebabnya. 

Baca juga:Kenali Apa Itu Get Contact dan Kenali Manfaatnya 

Adanya Aktivitas Mencurigakan

Yang pertama adalah sistem dari aplikasi Gojek yang Anda miliki di ponsel Anda mendeteksi adanya aktivitas mencurigakan yang terkait dengan aplikasi Gojek. Salah satu contohnya adalah jika Anda terus menerus mencoba untuk masuk ke akun Anda, tetapi Anda lupa dengan password-nya.

Selain itu, jika Anda berusaha untuk melakukan log in di perangkat lain, tetapi belum mengkonfirmasi izin dari aplikasi Gojek Anda yang lama, maka kemungkinan besar akun Anda akan terblokir.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak melakukan log in akun jika lupa dengan password yang telah Anda buat. Anda dapat menggunakan pilihan “Lupa Password“, sehingga pengaturan password baru akan masuk ke Email yang telah Anda daftarkan.

Anda juga harus memastikan jika saat Anda log in di perangkat baru, maka Anda telah mengeluarkan (log out) akun Anda di perangkat Anda yang lama.

Dengan demikian, kemungkinan akun Anda akan diblokir oleh sistem aplikasi akan lebih kecil.

Sering Cancel Order Gojek

Selanjutnya, alasan mengapa sistem aplikasi Gojek memutuskan untuk memblokir akun Gojek yang Anda miliki adalah karena Anda sering melakukan cancel terhadap orderan di Gojek.

Saat Anda memesan sesuatu di Gojek, baik ojek online, mobil, ataupun fitur lainnya yang ada di aplikasi Gojek, maka orderan Anda akan segera diproses. Akan tetapi, jika Anda melakukan pembatalan tepat saat orderan Anda tengah diproses dan ini terjadi terus menerus, maka akun Gojek Anda akan diblokir oleh sistem aplikasi Gojek.

Hal ini terjadi karena Anda telah melanggar salah satu peraturan dari aplikasi Gojek, yakni tidak dapat melakukan cancel atau batal orderan setelah orderan yang Anda pesan diproses.

Oleh karena itu, sebelum Anda memesan sesuatu melalui aplikasi Gojek, maka ada baiknya untuk mengecek dengan baik alamat tujuan, toko, dan pesanan Anda. Sehingga, akun Anda tidak akan ditangguhkan oleh sistem aplikasi Gojek.

Pelanggaran Kode Etik

Berikutnya, alasan terakhir mengapa sistem aplikasi Gojek memblokir akun yang Anda miliki adalah adanya pelanggaran kode etik yang telah Anda lakukan.

Untuk yang satu ini, faktor penyebabnya tergolong banyak dan tidak dapat ditentukan dengan satu alasan saja. Salah satu upaya agar Anda tidak mendapatkan sanksi kode etik adalah dengan bersikap baik dan sopan kepada driver saat melakukan kontak. Baik via pesan maupun secara langsung.

Selain itu, Anda juga tidak boleh memberikan penilaian palsu kepada driver yang telah memberikan pelayanan terbaiknya kepada Anda. Isilah kolom penilaian (baik rating bintang maupun komentar) dengan jujur.

Dengan demikian, akun Anda tidak akan ditangguhkan oleh sistem aplikasi Gojek. Selain itu, dengan memberikan rating yang jujur, Anda juga telah membantu driver tersebut untuk meningkatkan pelayanannya atau mendapatkan peringkat yang lebih tinggi.

Cara Pemulihan Akun Gojek

Berikut langkah-langkah yang harus Anda ikuti jika Anda ingin memulihkan akun Anda yang terblokir!

Baca juga:Lupa PIN HP? Lakukan Hal Ini Untuk Membuka HP 

Cari Tahu Penyebab

Langkah pertama yang harus Anda lakukan jika akun Gojek Anda terdeteksi telah diblokir oleh sistem aplikasi Gojek adalah dengan mencari tahu penyebabnya. 

Biasanya, saat akun terblokir dan Anda berusaha log in atau melakukan pemesanan, maka akan muncul notifikasi yang menyatakan penyebab akun Anda terblokir. Jika Anda telah mengetahui penyebabnya, maka Anda harus mencatat atau screenshot notifikasi tersebut untuk nantinya dijadikan bukti saat melapor ke kantor Gojek terdekat.

Membuat Laporan ke Kantor Gojek

Selanjutnya, jika Anda telah menyiapkan bukti penyebab akun Anda ditangguhkan, maka Anda dapat langsung mengunjungi kantor Gojek terdekat. Setelahnya, Anda dapat melakukan banding atau mengajukan laporan terkait akun Anda yang telah diblokir oleh sistem aplikasi Gojek.

Pastikan Anda melakukan prosedur laporan dengan baik dan benar. Sehingga, Anda tidak akan menerima sanksi lain.

Akui Kesalahan atau Bantah Jika Tidak Melakukannya

Berikutnya, Anda harus menyatakan bahwa Anda tidak bersalah jika Anda tidak melakukan pelanggaran yang dinyatakan di notifikasi blokir akun sebelumnya. Sehingga, pihak Gojek akan membantu Anda untuk mengembalikan akun saat itu juga.

Akan tetapi, jika Anda melakukan kesalahan seperti yang dinyatakan di notifikasi pemblokiran akun, maka Anda harus mengakui kesalahan Anda. Dengan demikian, pihak Gojek akan membantu Anda untuk menemukan solusi lain. Sehingga, Anda dapat menggunakan aplikasi Gojek lagi.

Tunggu Laporan Diproses

Langkah terakhir dari cara pemulihan akun ini adalah dengan menunggu laporan Anda selesai diproses. Biasanya, ini tidak akan memakan waktu lama. Oleh karena itu, Anda dapat mencari alternatif aplikasi ojek online lainnya jika Anda benar-benar membutuhkan layanan aplikasi serupa.

Demikianlah langkah-langkah dari cara pemulihan akun Gojek. Berikutnya, mari kita bahas tentang tips agar akun Gojek Anda tidak terblokir oleh sistem aplikasi Gojek!

Tips Agar Akun Gojek Tidak Terblokir

Beberapa tips di bawah ini ternyata sangat mudah untuk Anda terapkan. Oleh karena itu, simak baik-baik untuk menghindari akun Gojek Anda diblokir oleh sistem aplikasi Gojek!

Pastikan Sistem Keamanan

Pertama, pastikan sistem keamanan yang Gojek tawarkan kepada Anda sudah terpenuhi.

Anda harus mengisi data yang sistem aplikasi butuhkan dengan baik dan benar. Sehingga, sistem keamanan Gojek dapat bekerja dengan baik. Selain itu, pastikan nomor yang Anda gunakan adalah nomor telepon yang aktif.

Sebaiknya, Anda juga mencatat password dari Gojek yang Anda miliki, sekaligus kode pin GoPay yang Anda buat. Sehingga, jika Anda lupa, Anda dapat melihat catatan Anda.

Jangan Melakukan Cancel Order

Selanjutnya, Anda tidak boleh melakukan cancel order di aplikasi Gojek.

Jika Anda memesan sesuatu, baik ojek online, makanan, ataupun pengantaran paket, maka pastikan semua data yang dibutuhkan telah benar. Seperti alamat, jumlah barang, jenis barang, tujuan, dan lain-lain.

Dengan demikian, potensi Anda untuk melakukan pembatalan order akan lebih kecil. Akun Gojek Anda pun dapat terhindar dari pemblokiran oleh sistem.

Jangan Menggunakan Aplikasi Pendukung

Berikutnya, hal yang harus Anda ingat sehingga akun Gojek Anda tidak akan diblokir oleh sistem aplikasi Gojek adalah jangan pernah menggunakan aplikasi pendukung apapun.

Jaman sekarang, ada banyak aplikasi pendukung yang mengiming-imingi berbagai keuntungan, seperti diskon besar-besaran dan gratis ongkir. Hal ini tentunya sangat menarik untuk pengguna aplikasi Gojek.

Akan tetapi, sebaiknya Anda tidak mengunduh atau menggunakan aplikasi demikian. Karena, sistem aplikasi Gojek dapat mendeteksi adanya kejanggalan di akun Anda. Selanjutnya, sistem pun akan memblokir akun Anda untuk mencegah adanya kebocoran data.

Baca juga:Lupa PIN ShopeePay? Ini Cara Recoverynya 

Demikianlah cara pemulihan akun Gojek sekaligus tips untuk menghindari pemblokiran dari Gojek! Patuhilah aturan yang ada di aplikasi Gojek untuk menghindari pemblokiran akun oleh pihak Gojek.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download