Adakah Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Bulan Puasa?

06 May 2021 by kreditpintar
cara menghilangkan bau mulut

Saat memasuki bulan Ramadan, Sobat Pintar mungkin akan mengalami masalah pada mulut. Salah satunya adalah bau mulut. Menahan rasa lapar dengan tidak makan dan minum selama berjam-jam akan menyebabkan bau mulut atau halitosis. Sehingga diperlukan cara menghilangkan bau mulut yang ampuh

Tidak hanya mengganggu, namun bau mulut juga membuat kepercayaan diri menurun. Umumnya bau mulut terjadi karena adanya bakteri di area gigi juga lidah. Meski bau mulut sering menyerang saat menjalani puasa, bukan berarti hal ini tidak bisa dicegah. Jangan khawatir dan jangan panik, apabila tiba-tiba bau mulut muncul karena Sobat Pintar dapat menghilangkannya. Berikut beberapa cara menghilangkan bau mulut saat menjalankan ibadah puasa.

Sikat gigi

Jangan lupa menyikat gigi setelah waktu berbuka dan sahur secara menyeluruh. Jangan asal menyikat saja, namun pastikan menjangkau seluruh bagian dalam mulut dan sela-sela gigi. Hal ini akan membantu membersihkan sisa makanan yang tersangkut dalam mulut dan menjadikannya tempat bakteri berkembang biak. Menyikat gigi pada siang atau sore hari dapat menjadi cara mengusir bau mulut apabila benar diperlukan.

Bersihkan lidah

Tidak cukup menyikat gigi, cara mengusir bau mulut adalah dengan membersihkan lidah yang dapat menjadi tempat bakteri yang menyebabkan bau mulut. Sekarang ini sudah banyak yang menjual pembersih lidah khusus, jadi bila Sobat Pintar merasa memiliki nafas yang tidak sedap, maka wajib mencoba cara satu ini. Anda tidak perlu menggunakan pasta gigi untuk membersihkan lidah, yang penting adalah alat pembersih tersebut higienis untuk digunakan. 

Gunakan obat kumur

Obat kumur dapat menghilangkan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Ada baiknya jika Sobat Pintar menggunakan obat kumur tanpa alkohol, pastikan juga jenis obat kumur yang digunakan dapat membunuh bakteri di mulut. Apabila Sobat Pintar rutin berkumur, maka dapat membantu menghilangkan bau mulut saat menjalankan kewajiban ibadah di Bulan Ramadhan.

Jagalah kesehatan gusi

Hal ini penting untuk Sobat Pintar lakukan, gusi yang bermasalah dapat menjadi masalah bau mulut. Kondisi ini dapat terjadi karena bakteri penyebab bau mulut yang terkumpul pada dasar gigi. Cara mengusir bau mulut karena masalah gusi, dapat Sobat Pintar konsultasikan dengan dokter gigi. Hal seperti periodontitis dan gingivitis diperlukan penanganan langsung. Periodontitis adalah infeksi gusi serius dimana merusak jaringan lunak dan tulang penyokong gigi, sedangkan gingivitis adalah radang gusi yang diakibatkan infeksi bakteri yang menyebabkan gusi bengkak karena peradangan.

Minum jus buah

Manfaatkan jus sebagai cara menghilangkan bau mulut, salah satunya adalah buah nanas yang diklaim dapat mengatasi masalah bau mulut. Nanas memiliki kandungan yang dapat atasi peradangan, juga adanya senyawa bromelain yang berfungsi untuk menurunkan masalah infeksi akibat bakteri dan meningkatkan daya tahan tubuh saat bulan Ramadhan ketika berbuka atau saat sahur. Buah lainnya untuk hilangkan bau mulut adalah jeruk, karena dapat membersihkan gigi. 

Setelah mengetahui cara menghilangkan bau mulut saat menjalankan kewajiban ibadah di Bulan Ramadhan, sudah seharusnya Sobat Pintar memperhatikan hal lain seperti baju untuk lebaran misalnya. Jangan khawatir jika Sobat Pintar belum cukup punya dana. Kini ada Kredit Pintar yaitu pinjaman online 24 jam yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Sebagai pinjaman online 24 jam, Kredit Pintar dapat diakses kapan saja dan kapan saja melalui smartphone. Sangat mudah bukan? Tidak sampai disitu, Kredit Pintar juga menawarkan bunga yang rendah, berbeda dengan pinjaman online lainnya.

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload