Ada Kesalahan Pada KTP? Begini Cara Ubah Data KTP Elektronik

12 May 2021 by kreditpintar
cara ubah data ktp

KTP merupakan salah satu kartu yang sangat penting bagi kita semua, maka seharusnya kartu tersebut tidak boleh memiliki kesalahan. Namun, kendati begitu, tetap saja ada saja kesalahan yang terjadi. Seperti salah penulisan nama, atau bahkan salah tempat maupun tanggal lahir. 

KTP memiliki banyak kegunaan, salah satunya adalah untuk mengajukan pinjaman di Kredit Pintar. Namun, apabila informasi pada KTP Sobat Pintar salah, maka jelas Sobat Pintar tidak dapat mengajukan pinjaman tersebut karena pada akhirnya data yang terdaftar pada KTP tidak sesuai. 

Nah, berikut adalah bagaimana cara ubah data KTP Elektronik yang ternyata salah, tidak perlu khawatir tentang biaya yang perlu Sobat Pintar penuhi, sebab mengubah data KTP ini gratis alias tidak dipungut biaya, lho! Tunggu apalagi, simak cara selengkapnya di bawah ini:

1. Persiapkan Dokumen Yang Diperlukan

Inilah cara ubah data KTP Elektronik yang pertama. Sebelum Sobat Pintar memperbaiki KTP Sobat Pintar, ada beberapa dokumen yang perlu Sobat Pintar siapkan terlebih dahulu. Dokumen yang diperlukan tersebut wajib Sobat Pintar siapkan karena akan menjadi bukti bahwa data tersebut (yang ada di KTP) salah, dan menjadi patokan ke mana data tersebut harus dibetulkan. 

Apa saja dokumen yang diperlukan? Bermacam-macam, tergantung apa yang ingin Sobat Pintar ubah.

Untuk mengubah nama, tempat tanggal lahir, dan semacamnya Sobat Pintar dapat membawa Akta Kelahiran Sobat Pintar, atau bahkan juga KK Sobat Pintar. 

Apabila Sobat Pintar ingin mengubah status pernikahan Sobat Pintar maka Sobat Pintar harus membawa surat bukti tanda nikah atau yang biasa disebut dengan buku nikah Sobat Pintar. 

Sebagai tambahan, tidak ada salahnya Sobat Pintar pun membawa dokumen pendukung seperti surat keterangan RT/RW, surat keterangan instansi untuk mengubah status pekerjaan

2. Datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sesuai Alamat Domisili

Setelah Sobat Pintar mempersiapkan semua data dengan baik dan benar, Sobat Pintar tinggal datang saja ke dinas kependudukan dan pencatatan sipil sesuai alamat domisili pada KTP Sobat Pintar. Nah, jangan lupa juga untuk tetap membawa dokumen nya ya jangan sampai tertinggal!

3. Mengantri di Konter Dukcapil

Biasanya Sobat Pintar diharuskan untuk mengantri terlebih dahulu, jadi Sobat Pintar harus bersabar. Apabila Sobat Pintar tidak ingin mengantri, kami sarankan Sobat Pintar agar datang lebih pagi, ya.

4. Serahkan Dokumen Yang Telah Disiapkan

Selanjutnya Sobat Pintar tinggal menyerahkan dokumen yang telah Sobat Pintar siapkan sebelumnya. Dokumen tersebut diserahkan untuk selanjutnya diproses oleh pihak Dukcapil.

5. Tunggu Maksimal 14 Hari Kerja

Apabila Sobat Pintar telah menyerahkan dokumen yang telah Sobat Pintar persiapkan dan menjelaskan kepada petugas Dukcapil apa saja yang ingin diubah pada data KTP Sobat Pintar, maka Sobat Pintar tinggal menunggu saja 14 (empat belas) hari kerja. 

6. Kembali ke Dukcapil Untuk Membawa KTP Baru

Inilah langkah terakhir dari cara ubah data KTP elektronik. KTP yang baru Sobat Pintar tidak diantarkan begitu saja ke alamat Sobat Pintar. Tetapi Sobat Pintar harus mengambilnya sendiri di kantor tempat Sobat Pintar sebelumnya menyerahkan dokumen. 

Nah, pada saat pengambilan ini Sobat Pintar memerlukan KTP lama Sobat Pintar (apabila tidak diserahkan) dan juga KK untuk verifikasi data. 

Voila, KTP Sobat Pintar pun berhasil diubah datanya. Bagaimana? Tidak sulit bukan untuk mengubah data pada KTP Elektronik Sobat Pintar? Jadi itulah cara ubah data KTP Elektronik dengan mudah. Sekarang apabila data Sobat Pintar sudah benar dan sesuai, maka Sobat Pintar dapat mengajukan pinjaman instan, perizinan dan lain sebagainya dengan mudah.

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload