9 Langkah Cara Memulai Usaha Laundry dan Cari Modal Usaha

07 Feb 2021 by Andro
Usaha Laundry

Jika Anda ingin memiliki bisnis yang tidak membutuhkan banyak skill dan bersahabat dengan pemula, usaha laundry adalah pilihan tepat. Skala usaha dapat dijalankan mulai dari tingkat rumah tangga sehingga relatif mudah untuk dilaksanakan. Sekalipun bisnisnya tampak sederhana, jika Anda tidak merencanakan dengan hati-hati saat memulainya, bisnis tersebut masih menghadapi risiko.

Bagaimana Memulai Usaha Laundry?

Jauh sebelum memulai usaha laundry perlu dilakukan penelitian dan penentuan strategi bisnis. Berikut sederet cara untuk memudahkan anda dalam mendirikan usaha laundry yaitu:

 1. Pahami Seluk Beluk Usaha Laundry

Untuk membuka laundry, Anda bisa membukanya tanpa pikir panjang. Namun, karena kurangnya persiapan atau manajemen bisnis yang buruk, opsi ini membawa risiko kegagalan yang lebih cepat.

Cara terbaik untuk memulai bisnis ini adalah dengan meneliti seluk beluk kegiatan laundry terlebih dahulu. Bertanya kepada orang yang paham bisnis juga merupakan langkah yang tepat. Manfaat menggunakan opsi ini adalah Anda akan belajar tentang beberapa hal, seperti peluang bisnis laundry, persiapan peralatan, desain servis, biaya operasional dan promosi.

2. Hitung Kebutuhan Modal

Memulai bisnis dengan melakukan riset terlebih dahulu akan memudahkan Anda dalam menghitung besarnya dana yang dibutuhkan. Dalam industri laundry tidak hanya datang dalam bentuk mesin cuci dan setrika saja, namun jika belum memahami bisnis ini secara detail, sebenarnya banyak faktor lain yang sulit ditemukan.

Beberapa faktor yang menentukan besarnya modal yaitu sewa, gaji karyawan dan beberapa alat bantu lainnya. Setelah memahami semua faktor modal, ini akan memudahkan pilihan pembiayaan perusahaan Anda. Apakah anggaran pribadi Anda mencukupi? Apakah Anda perlu menggunakan dana pinjaman.

3. Tentukan Lokasi

Salah satu faktor penting yang menentukan sukses tidaknya sebuah usaha laundry adalah strategi lokasi. Lokasi yang salah akan membuat perusahaan Anda kehilangan pelanggan dan akhirnya bangkrut.

Sebelum menentukan lokasi bisnis Anda, Anda harus memahami target pasarnya. Siapa yang membutuhkan dan menggunakan layanan binatu?

Mahasiswa, pekerja kantoran dan keluarga adalah pasar utama Anda. Oleh karena itu, pilihlah lokasi usaha yang dekat dengan kost tempat tinggal. Tujuan mereka adalah agar mudah diakses dan ditemukan.

4. Amati Pesaing

Usaha laundry bukanlah ide bisnis baru. Bisnis tersebut sudah ada sejak lama dan luas, dan mungkin sudah ada di dekat Anda. Oleh karena itu, saat Anda menentukan lokasi bisnis, yang akan Anda lakukan hanyalah mengamati apakah ada pesaing di sekitar Anda.

Tidak ada pesaing yang akan membuat peluang Anda lebih lancar. Jika kompetitor Anda sudah menguasai posisi terlebih dahulu, maka Anda membutuhkan strategi pemasaran yang tepat untuk bersaing. Amati layanan yang diberikan pesaing mulai dari harga, layanan, dan juga pemasaran.

5. Penetapan Harga

Dengan kompetitor, setidaknya Anda akan mengetahui harga pasar (kg) usaha laundry. Penetapan harga pasar akan membantu Anda menentukan strategi penetapan harga perusahaan Anda. Beberapa faktor yang menentukan harga adalah pembelian atau modal awal peralatan, biaya sewa, gaji karyawan, tagihan listrik, dan perawatan peralatan.

Setelah menghitung semua faktor harga, bandingkan dengan harga pasar. Jika harga pasar masih menguntungkan, maka Anda bisa bersaing di harga tersebut. Selama memberikan layanan lain yang lebih baik, ia juga dapat mengenakan harga yang lebih tinggi.

6. Ciptakan Standar Pelayanan yang Memuaskan

Harga murah bukan satu-satunya cara untuk memenangkan persaingan di ruang cuci. Padahal, meski harganya lebih tinggi, layanan yang memuaskan tetap bisa menarik pelanggan.

Guna memberikan pelayanan yang memuaskan, Anda perlu mengedukasi karyawan Anda cara mencuci yang benar sesuai jenis kainnya. Layanan pelanggan juga perlu belajar bagaimana menangani keluhan pelanggan.

Selain itu, Anda juga memerlukan langkah-langkah bagaimana mencegah masalah yang sering terjadi pada pakaian (seperti mengganti pakaian, kerusakan dan kehilangan pakaian).

Demi meningkatkan kualitas layanan, berikan jaminan atas kesalahan yang dilakukan oleh usaha laundry Anda. Misalnya, menggunakan kompensasi uang untuk mengganti kerugian pelanggan, atau berapa kali mencuci pakaian secara gratis.

7. Cari Modal Usaha

Modal sangat penting untuk menjalankan bisnis. Tanpa modal, semua agenda dan rencana bisnis tidak bisa berjalan mulus.

Tidak perlu bingung mencari modal usaha. Anda dapat memilih berbagai cara, salah satunya adalah mengajukan pinjaman online langsung cair tanpa ribet dari perusahaan Kredit Pintar.

Kredit Pintar adalah pinjaman online langsung cair tanpa ribet alternatif pinjaman modal usaha, yang lebih mudah dan lebih cepat daripada lembaga keuangan tradisional atau konvensional lainnya.

Selain simpel dan cepat, bunga pinjaman Kredit Pintar juga sangat rendah. Karenanya, Anda tidak akan menanggung beban suku bunga tinggi.

Untuk pinjaman online langsung cair tanpa ribet, berikut syarat yang perlu dipersiapkan.

8. Tentukan Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran sangat penting agar pelanggan dapat mengetahui bisnis Anda. Strategi pemasaran awal yang bisa Anda ambil adalah dengan mendistribusikan brosur ke wilayah dimana target pasar berada.

Anda tahu bahwa pasar Anda sebagian besar adalah pengguna smartphone yang aktif di dunia online. Melihat situasi ini, Anda perlu memasukkan strategi pemasaran online ke dalam bisnis Anda. Tujuannya adalah agar pelanggan di sekitar Anda menemukan Anda secara online.

Untuk menampilkan perusahaan Anda secara online, Anda dapat menggunakan layanan yang disediakan oleh Google Bisnisku. Layanan ini akan membuat perusahaan Anda muncul di Google Map. Saat pelanggan menelusuri layanan di Google, mereka cenderung menemukan Anda.

9. Manajemen Keuangan

Saat bisnis berjalan, keuangan merupakan motor penggerak bagi perkembangan bisnis. Oleh karena itu, pengelolaan dana sangat diperlukan bagi perusahaan untuk memahami aliran dana.

Dengan pengelolaan dana yang tepat dan usaha laundry menghasilkan keuntungan, Anda dapat memperluas skala bisnis Anda. Anda dapat mengambil beberapa langkah untuk mengembangkan usaha laundry, seperti membuka cabang baru atau mengganti peralatan untuk meningkatkan kapasitas produksi.

Baca Juga:

5 Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Pinjam Bank

Review Pinjaman Online Kredit Pintar 2021

mobile-closeKredit PintarDownload