8 Tips dan Cara Membuat Martabak Manis Anti Gagal

05 Aug 2021 by Laruan

Martabak manis menjadi salah satu jajanan yang punya banyak penggemar. Makanan yang juga disebut terang bulan ini biasanya dikombinasi dengan aneka macam toping, mulai dari coklat, selai buah, keju, hingga remahan kacang. Rasanya dan teksturnya yang khas membuat kudapan yang satu ini selalu laris ketika disajikan. Namun, di balik kelezatan rasanya, tak banyak yang tau cara membuat martabak manis dengan benar. 

8 Tips dan Cara Membuat Martabak Manis Anti Gagal

Dalam membuat martabak manis, terdapat beberapa langkah penting yang menentukan keberhasilan hasil akhirnya. Jika langkah-langkah tersebut tidak dilakukan secara benar, maka kemungkinan pembuatan martabak akan gagal dan tidak sesuai yang diinginkan. Berikut adalah tips penting yang harus diterapkan agar martabak manis dapat tersaji dengan lebih lezat.

Buat Martabak Manis Paling Enak Dengan Cara Berikut

  1. Diamkan adonan selama satu jam  

Ketika bahan-bahan untuk membuat martabak manis yang meliputi tepung terigu, telur, margarin, gula, baking powder, ragi, garam, dan air telah tersedia, campur semua bahan tersebut secara bertahap hingga merata. Prose ini bisa menggunakan mixer atau secara manual. Apabila menggunakan mixer, kocok adonan selama lima menit, kemudian diamkan selama satu jam.

Cara membuat martabak manis ini penting agar adonan dapat mengembang dan nantinya memiliki tekstur yang berserat. Jika sudah satu jam atau 60 menit, adonan dapat digunakan untuk proses selanjutnya.

  1. Gunakan santan atau susu cair 

Untuk mencampur semua bahan adonan menjadi satu, air menjadi bahan yang paling mudah digunakan. Namun bahan yang satu ini bisa disubstitusi dengan susu atau santan agar rasa martabak menjadi lebih gurih. 

  1. Gunakan tepung terigu protein sedang 

Kunci dari tekstur martabak manis yang kenyal dan bersarang salah satunya terletak pada jenis tepung terigu yang digunakan. Cara membuat martabak manis agar berhasil adalah dengan memilih tepung protein sedang sebagai bahan utamanya. Jenis yang satu ini akan menghasilkan adonan yang tetap kenyal dan tidak keras saat sudah dingin. 

  1. Gunakan soda kue 

Soda kue berfungsi untuk mengembangkan adonan. Bahan yang satu ini bekerja dengan baik pada adonan yang asam, sehingga dapat membentuk tekstur rongga yang sempurna. Namun perlu diperhatikan kapan saat yang tepat untuk menambahkan soda kue ke dalam adonan. Soda kue bisa dicampurkan di bagian akhir setelah bahan lain selesai dicampur dan sebelum dituang ke wajan.

  1. Aduk dan saring adonan sebelum dituang ke waj  

Dengan mengaduk sebentar adonan sebelum dituang ke wajan, akan membuat hasil akhir martabaknya lebih lembut dan tidak keras. Bisa juga dengan disaring untuk memastikan tidak ada adonan yang masih menggumpal yang bisa merusak tekstur martabak.   

  1. Gunakan wajan atau loyang yang sudah panas

Sebelum menuang adonan ke wajan, pastikan wajan sudah benar-benar panas. Oles mentega tipis secara merata dan panggang dengan api kecil. Sebaiknya gunakan kompor yang diameter apinya sebanding dengan lebar wajan agar panasnya dapat merata.

  1. Jangan meratakan sampai menyentuh dasar wajan 

Adonan yang telah siap, bisa dituang ke dalam wajan. Untuk meratakannya bisa menggunakan spatula atau sendok sayur biasa. Namun perlu diperhatikan agar spatula tersebut jangan sampai menyentuh dasar wajan. Cukup di permukaannya saja hingga merata. Jika spatula sampai menyentuh dasar wajan, maka adonan martabak akan berlubang dan mengurangi tampilan akhirnya.   

  1. Olesi permukaan martabak dengan margarin 

Cara membuat martabak manis yang tak boleh dilewatkan adalah mengolesi kulit martabak yang hampir matang dengan margarin atau mentega. Olesin saat masih panas secara ke seluruh permukaan. Margarin akan meresap ke dalam martabak dan membuat martabak manis menjadi lebih harum dan nikmat.

Ketika membuat martabak manis, orang-orang umumnya merasa sudah benar dalam mengikuti instruksi dalam resep yang diacu. Namun sebenarnya terdapat langkah-langkah kecil yang terlewat sehingga menghasilkan martabak yang tidak sesuai harapan. Tips dan cara membuat martabak manis tersebut dapat diterapkan agar jajanan favorit ini bisa tersaji seperti dengan rasa dan tekstur seperti yang diidamkan.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload