8 Jenis Investasi Buat Pemula, Modal Kecil, Cuan Besar

19 Aug 2021 by pujisukarryadi

Sobat Pintar!

Kali ini kita akan belajar tentang beberapa jenis investasi untuk pemula. Semakin berkembangnya zaman, semua hal yang dulu susah sekarang menjadi mudah, termasuk Investasi. Investasi adalah usaha untuk menanam modal yang berharap pada masa yang akan datang si penanam modal mendapat keuntungan. 

Orang yang melakukan investasi disebut investor. Contoh dalam dunia jual beli saham, di beberapa tahun sebelumnya kita harus pergi ke kantor sekuritas atau mengirim formulir kepemilikan saham. berbeda dengan sekarang yang semuanya bisa dilakukan via online. 

Namun ketakutan orang yang belum pernah berinvestasi adalah takut mengalami kerugian.oleh karena itu, di kesempatan ini sobat pintar akan mengetahui apa saja investasi yang butuh modal kecil akan tetapi bisa untung besar.

Jenis Investasi Untuk Pemula 

Sebagai calon investor, sobat pintar perlu mengetahui beberapa jenis investasi yang modal kecil. Sambil memulai sobat pintar juga bisa sambil belajar. Apabila sudah mahir, bisa mencoba instrumen lain yang memiliki resiko tinggi Inilah beberapa investasi yang sepertinya cocok untuk Sobat Pintar.

1. Investasi Emas

Instrumen investasi pertama adalah emas. Untuk pemula yang baru kenal investasi, emas menjadi pilihan karena tidak perlu banyak melakukan analisa. Setiap tahunnya, harga emas selalu naik. Emas juga tidak terpengaruh dengan inflasi. Emas menjadi jenis investasi bagi peminat baru yang cocok karena aman. 

Sobat Pintar cukup membeli dan menyimpannya, suatu saat ketika membutuhkan tinggal jual lagi. Namun, mahalnya harga emas per gramnya menjadi alasan untuk tidak berinvestasi emas. Kabar baiknya, sekarang sudah banyak cara untuk menabung emas dengan minimal top up bebas. Contohnya adalah pegadaian. 

Sobat Pintar cukup unduh aplikasinya, mendaftar dan mulai menabung. Ketika sudah mencapai harga emas per gram di pasaran, akan dikonversikan dalam bentuk emas. Apabila Sobat Pintar mempunyai uang di tabungan Sobat Pintar bisa mengarahkannya ke emas. Uang Sobat Pintar menjadi lebih aman dan nilainya tidak akan turun.

2. Deposito Berjangka, Cocok Bagi Pemula

Banyak yang menyamai deposito dengan tabungan biasa. Instrumen investasi ini adalah dengan pengembalian keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan biasa. 

Deposito berjangka sendiri adalah deposito yang mempunyai batas waktu pengambilan tertentu. Semakin lama jangka waktunya, keuntungan yang didapat semakin tinggi. Jenis investasi bagi peminat baru satu ini sangat cocok bagi sobat pintar yang ingin memiliki barang tertentu di waktu yang akan datang. 

Uang Sobat Pintar aman dan bisa bertambah karena mendapatkan keuntungan. Cara untuk mendaftar deposito adalah dengan pergi ke kantor cabang bank yang Sobat Pintar inginkan. Setelah itu pergi ke customer service. Pertama tanyalah terkait deposito di bank tersebut, mulai dari berapa keuntungan dan bagaimana prosedurnya. Setelah itu Sobat Pintar bisa menyerahkan nominal uang yang akan di depositkan.

3. Investasi Saham

Investasi untuk pemula selanjutnya adalah menabung saham. meskipun saham mempunyai resiko tinggi, Sobat Pintar bisa meminimalisir resikonya dengan memilih saham Blue Chip. Saham blue chip adalah saham yang bisa dibilang aman dari kerugian dan setiap tahunnya selalu naik keuntungannya. Untuk investasi saham, hindari trading saham di jangka pendek. Alasannya adalah karena perlu banyak analisa dan Sobat Pintar harus berada di depan layar untuk melihat pergerakan harga. Cara untuk mulai menabung saham adalah memilih broker yang cocok. 

Ingat, jangan langsung membeli saham dalam jumlah banyak jika masih pemula. Modal kecil tetapi rutin sangat dianjurkan. Bagusnya menabung saham adalah keuntungan yang didapat jauh lebih tinggi daripada deposito, bahkan emas. Keuntungan saham bisa dari dividen perusahaan dan keuntungan naiknya harga.

4. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa biasanya banyak dipakai oleh orang yang memikirkan bagaimana agar keluarganya nanti tidak terlalu sedih jika dirinya meninggal. Apalagi jika mempunyai anak yang masih belum menikah. Akan tetapi tetap saja, kerugian dari investasi asuransi adalah perusahaan asuransi yang jika suatu waktu bangkrut.

5. Peer to peer (P2P) Lending

Jenis investasi bagi peminat baru modal kecil untung besar lainnya adalah Peer-to-peer (P2P) Lending. Jenis investasi ini memungkinkan untuk memberi pengembalian yang tinggi. P2P adalah sebuah model permodalan 2 pihak, yaitu pihak investor yang mempunyai modal dengan pihak yang membutuhkan modal untuk usahanya.

P2P Lending akan mempertemukan kedua pihak yang mempunyai kebutuhan masing-masing dan mencapai kesepakatan untuk masing-masing tujuannya. Keuntungan dari P2P Lending adalah 13 hingga 20 persen per tahunnya, nilai ini Lebih tinggi dari bunga tabungan dan juga deposito berjangka.

6. Barang Untuk Hobi

Apabila Sobat Pintar membeli smartphone sekarang lalu sobat pintar jual bulan besok, pasti harganya akan jatuh. Hal ini berbeda dengan barang untuk hobi. Contohnya, burung, barang antik,dan lain-lain. Barang yang berhubungan dengan hobi biasanya akan mempunyai masa dimana harganya melonjak mahal. Contoh bunga janda bolong yang kemarin harganya sampai jutaan. Padahal bulan sebelumnya masih puluhan ribu, melihat berapa untung yang didapatkan oleh si pemilik bunga. Sekarang tentukan barang hobi mana yang akan Sobat Pintar beli untuk investasi. Tunggu waktu yang tepat ketika barang itu sudah trend. Jangan menunda untuk menjualnya karena biasanya akan cepat turun juga trendnya.

7. Investasi Dalam Bentuk Reksadana

Investasi bagi peminat baru selanjutnya adalah reksadana. Reksadana adalah kumpulan dana yang nantinya akan dipecah ke instrumen keuangan seperti saham, obligasi, dan lain-lain. Reksadana sangat cocok untuk pemula karena tidak memerlukan modal yang besar, sobat pintar bisa memulainya dengan modal awal 100.000. salah satu ciri dari reksadana lainnya adalah terdapat manajer investasi. Reksadana tetap saja mempunyai resiko walaupun kecil. Sebelum melakukan investasi reksadana, sobat pintar perlu menetapkan tujuan, dengan tujuan yang jelas nantinya akan tahu kapan dana reksadana Sobat Pintar akan diambil. Reksadana ada beberapa macam. Reksadana pasar uang, reksadana campuran, reksadana saham, reksadana terproteksi, dan reksadana pendapatan tetap. Salah satu kerugian dari reksadana adalah keuntungan yang masih samar, maksudnya tidak tahu Sobat Pintar mendapatkan keuntungan atau tidak pada bulan itu.

8. Uang Asing

Selanjutnya adalah investasi uang asing, terutama dollar. Sobat Pintar tahu kan setiap tahunnya pasti harga dollar selalu naik. Caranya mudah, bisa menukar langsung ke tempat penukaran uang, atau menggunakan jasa penukaran uang asing secara online. Aku dulu pernah menyimpan uang 300 dollar ketika harganya masih 11 ribuan, lalu beberapa tahun berikutnya aku jual ketika harganya di 14.000,-. 

Begitulah yang bisa aku bagikan ke sobat pintar tentang jenis investasi untuk pemula. Bagi sobat pintar yang membutuhkan pinjaman secara cepat hanya dengan modal KTP dan tanpa agunan, Kredit Pintar bisa menjadi solusi. Kami adalah perusahaan yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

mobile-closeKredit PintarDownload