7 Cara Memulai Jadi Youtuber Bagi Pemula

24 Aug 2021 by Laruan

Cara Memulai Jadi Youtuber Bagi Pemula – Youtube adalah platform berisi video yang diaktifkan pada 14 Februari 2005 oleh Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim saat ketiganya bekerja di PayPal. Video pertama yang diunggah berjudul Me at the Zoo yang diunggah oleh Jawed Karim dengan nama saluran Jawed pada 24 April 2005. 

Menarik untuk dibaca: 5 Pekerjaan Yang Akan Bertahan di Masa Depan

Bukan hanya sebagai tontonan, kini youtube menjadi lahan pekerjaan bagi content creator atau disebut youtube untuk menghasilkan uang. Para pembuat konten ini dapat mengekspresikan kekreatifannya dalam membuat video. Popularitas platform ini youtube kian meningkat setiap harinya sehingga semakin banyak yang tertarik untuk mengadu nasib di youtube. 

7 Cara Memulai Jadi Youtuber Bagi Pemula

Melihat kesuksesan Youtuber terkenal Sobat Pintar akan mulai berpikir bahwa peluang untuk mendapat uang di platform ini sangat menjanjikan. Untuk itu, dalam membangun sebuah channel YouTube terdapat beberapa cara yang dapat Sobat Pintar lakukan. Berikut beberapa tips cara memulai jadi youtuber yang dapat Sobat Pintar lakukan untuk membangun akun Sobat Pintar. 

Cara Memulai Jadi YouTuber

1. Membuat Akun Youtube

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk menjadi YouTuber adalah Saat Sobat Pintar membuat nama untuk akun yang akan Sobat Pintar gunakan untuk video, ada baiknya nama tersebut terlihat unik untuk memberikan kesan khusus pada saluran Sobat Pintar. Pastikan nama yang Sobat Pintar pilih dapat dengan mudah diingat dan nama tersebut dapat menggambarkan konten-konten yang terdapat dalam saluran Sobat Pintar. 

2. Akun AdSense Penting Bagi Youtuber

Jika Sobat Pintar ingin mendapat gaji dari platform ini Sobat Pintar wajib mengaktifkan fitur monetization dengan tujuan agar pihak dari YouTube tahu bahwa Sobat Pintar menginginkan bayaran dari akun Sobat Pintar. Ada beberapa syarat yang wajib Sobat Pintar patuhi terkait kebijakan monetisasi dari pihak YouTube yaitu, tinggal di negara partner yang tersedia pada YouTube, 4000 jam tayang dalam setahun terakhir , subscriber di atas 1.000, menautkan akun AdSense (akun Google AdSense).

Mendaftarkan akun Google AdSense pada pengaturan klik creator studio, kemudian, pilih saluran status dan fitur. Pada kolom monetasi pilih aktifkan,ceklis semua kolom lalu klik saya setuju dan akan ditinjau oleh pihak Google Adsense. Kemudian klik monetisasi dan pilih bagaimana saya akan dibayar lalu mengaitkan akun AdSense klik berikutnya lalu isi data dengan benar kemudian pilih kirim permohonan saya. Sobat Pintar akan menerima email pengajuan nantinya.

3. Tentukan Ide dan Konsep Konten 

Konten adalah isi dari saluran YouTube Sobat Pintar. Konten yang Sobat Pintar pilih berisi ide dan konsep yang akan Sobat Pintar gunakan untuk menghasilkan video yang nantinya dapat mewakili isi dari akun tersebut. Jika Sobat Pintar telah memilih ide dan konsep untuk video Sobat Pintar, sebaiknya Sobat Pintar tetap pada konsep.

Sobat Pintar dapat memilih konten sesuai keinginan dan dapat menjual. Lihatlah apakah ide konten yang Sobat Pintar buat sesuai dengan selera pasar untuk memudahkan Sobat Pintar dalam menghasilkan uang. Sobat Pintar dapat memilih konsep kecantikan, fashion, tips, daily vlog, DIY (do it yourself), kuliner, masak, games, mukbang dan masih banyak lagi yang dapat Sobat Pintar pilih. 

4. Perlengkapan yang Mendukung

Penggunaan peralatan yang menunjang harus menjadi perhatian jika Sobat Pintar ingin menjadi YouTuber. Hal ini urgent untuk menghasilkan video yang memiliki kualitas bagus. Penggunaan peralatan utama selain telepon genggam atau laptop serta kamera. Sobat Pintar akan memerlukan alat penunjang lainnya sesuai dengan konsep video yang akan dibuat.

5. Membagikan Konten di Media Sosial

Video yang Sobat Pintar upload tidak serta merta dapat memiliki jutaan penonton. Karena Sobat Pintar masih pemula di dunia YouTuber maka, Sobat Pintar perlu berpikir cara lain untuk mendatangkan penonton. Cara yang dapat Sobat Pintar lakukan adalah membagikan video Sobat Pintar ke media sosial yang Sobat Pintar miliki seperti Facebook,  Twitter, Instagram dan lain sebagainya. 

6. Konsisten

Sobat Pintar perlu konsisten dalam menjalankan akun YouTube Sobat Pintar. Sering-seringlah Sobat Pintar mengunggah video agar akun Sobat Pintar dapat muncul di laman berSobat Pintar YouTube. Apabila orang sudah pernah menonton video Sobat Pintar sebelumnya kemungkinan akun Sobat Pintar akan muncul di berSobat Pintar YouTube penonton itu. Dengan menerapkan konsistensi jumlah pengunjung Sobat Pintar akan bertambah dan akan semakin banyak orang yang mengapresiasi video Sobat Pintar.

7. Memanfaatkan SEO

Mengapa SEO dapat berguna bagi youtuber? Tidak hanya untuk blog dan website saja SEO juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan pengunjung saluran Sobat Pintar. Dengan menggunakan SEO konten yang Sobat Pintar upload akan gampang ditemukan pada mesin pencarian. Pada mesin pencarian cobalah mengetikkan kata kunci sesuai konten Sobat Pintar apakah video Sobat Pintar muncul pada pencarian teratas. Jika demikian kerja Seo YouTube Sobat Pintar sudah terbilang bagus.

Alat Rekaman yang Dapat Menunjang Kualitas Video Seorang Youtuber

1. Kamera

Kamera tentu saja menjadi alat terpenting untuk mengambil video Sobat Pintar. Kamera yang dapat Sobat Pintar gunakan dapat dimulai dari kamera smartphone hingga kamera profesional. Apabila Sobat Pintar belum memiliki kamera profesional karena harganya, Sobat Pintar dapat menggunakan kamera smartphone Sobat Pintar untuk mengambil video.

2.Mikrofon

Dalam video yang akan diunggah audio menjadi yang berkualitas juga perlu dipertimbangkan. Jika kualitas audio yang dimiliki video Sobat Pintar memadai maka akan membuat nyaman penonton saluran Sobat Pintar. Jenis mikrofon yang dapat Sobat Pintar gunakan antara lain. Microfon USB, mikrofon kondensor, mikrofon shotgun dan mikrofon lapel.

3. Tripod atau Gimbal Stabilizer

Tripod berfungsi untuk menyeimbangkan kamera sehingga hasil video yang Sobat Pintar ambil tidak akan goyang. Sedangkan gimbal stabilizer merupakan alat pegang yang memiliki sensor cerdas dan motor yang memiliki tujuan sama seperti tripod. Sobat Pintar dapat menggunakan salah satu dari alat di atas sebagai cara memulai jadi YouTuber.

4. Lighting

Lighting atau pencahayaan dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas video terutama jika Sobat Pintar merekam dalam ruangan dengan pencahayaan minim. Pada pencahayaan memadai pun lighting dapat berfungsi untuk menciptakan atmosfer berbeda. Ada beberapa jenis pencahayaan yang dapat Sobat Pintar gunakan sebagai pemula seperti lampu softbox dan ring light. 

5. Laptop atau Komputer

Laptop atau komputer digunakan pada proses editing video. Pastikan laptop Sobat Pintar memiliki software untuk melakukan pengeditan. Sobat Pintar dapat mengunduh aplikasi di play store/app store secara gratis. Jika Sobat Pintar ingin aplikasi edit profesional Sobat Pintar perlu membeli. Aplikasi edit dengan kualitas bagus yaitu Adobe Premiere dan Final Cut Pro X. 

Jadi, apakah Sobat Pintar sudah tertarik untuk memulai jadi YouTuber?. ?. Sobat Pintar dapat memulai dengan menerapkan tips memulai jadi YouTuber di atas dan menggunakan alat rekaman sederhana. Namun, perlu Sobat Pintar ketahui kesuksesan saat menjadi  YouTuber tidak langsung didapatkan begitu saja perlu usaha dan tekad.

Butuh pinjaman Kredit Pintar? Tak perlu khawatir, ajukan pinjaman tunai tanpa ribet serta verifikasi tidak perlu waktu lama karena proses pengajuan pinjaman Kredit Pintar berlangsung kurang dari 10 menit aja. Download aplikasinya sekarang, hanya di Play Store.

Menarik untuk dibaca: Latte Factor, Salah Satu Penyebab Susah Menabung

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload