7 Cara Ekspansi Bisnis yang Efektif

26 Jul 2021 by Laruan

Jika skala usaha sudah meningkat, ada satu titik dimana Sobat Pintar perlu memikirkan cara ekspansi bisnis. Ekspansi ini bertujuan untuk semakin mendekatkan produk ke masyarakat, menyerap lebih banyak tenaga kerja, dan meraup laba. Namun, semakin tinggi pohon, maka akan semakin tinggi pula angin yang menerpanya.

7 Cara Ekspansi Bisnis yang Efektif

Ekspansi bisnis akan menghadirkan tantangan hukum, SDM, finansial, dan manajerial baru. Maka dari itu, pastikan Sobat Pintar memahami beberapa strategi ekspansi bisnis berikut ini.

  1. Menambah Produk dan Layanan

Sobat Pintar tentu punya produk andalan dan konsumen setia. Namun, tidak ada salahnya jika Sobat Pintar mencoba mengeluarkan produk dan layanan baru untuk mengetes reaksi pasar. Produk ini sebaiknya benar-benar baru agar konsumen merasakan perbedaannya. Kehadiran produk baru adalah sinyal dari pertumbuhan sebuah bisnis.

Misalnya Sobat Pintar memiliki bisnis produksi jersey olahraga, seperti baju, celana, dan jaket. Maka Sobat Pintar bisa mencoba meluncurkan produk baru yang masih berbasis olahraga, seperti makanan atau minuman suplemen.

  1. Aktif Promosi

Demi totalitas dalam ekspansi bisnis, jangan ragu untuk menggelontorkan anggaran untuk marketing. Lakukan promosi besar-besaran di media sosial dan gandeng influencer, pastikan target market benar-benar mengetahui produk bisnis Sobat Pintar. Gunakan beragam medium, mulai dari sekadar deskripsi produk, foto, hingga video.

Jelaskan apa kelebihan produk Sobat Pintar dan mengapa konsumen harus membelinya. Orang akan lebih nyaman jika membeli barang yang sering mereka lihat iklannya. 

  1. Menggarap Target Pasar Baru

Cara ekspansi bisnis yang perlu Sobat Pintar pertimbangkan berikutnya adalah mencari target pasar baru. Adapun target pasar baru ini tidak hanya bisa didapatkan jika Sobat Pintar membuat produk baru. Sobat Pintar bisa saja memasarkan produk lama di daerah yang berbeda.

Pelajari karakteristik target pasar Sobat Pintar, mulai dari kebiasaan mereka saat membeli hingga keluhan yang biasa terjadi. Dari sana bisa mulai digali kemungkinan dimana Sobat Pintar akan menemukan target yang belum tergarap.

  1. Membuka Cabang

Pembukaan cabang baru merupakan penerapan ekspansi bisnis yang paling nyata. Langkah ini diambil untuk memperluas jangkauan konsumen. Oleh karena itu, lakukan pembukaan cabang baru di lokasi yang jauh dari cabang lama agar tidak saling berebut pembeli. 

Sobat Pintar perlu melakukan riset mengenai dimana lokasi terbaik untuk membuka cabang usaha. Lokasi usaha terbaik biasanya dekat dengan rumah penduduk dan perkantoran.

  1. Menerapkan Sistem Penjualan Online

Pandemi Covid-19 telah membentuk banyak cara ekspansi bisnis baru, salah satunya adalah penjualan digital. Saat ini orang lebih gemar berbelanja secara online karena mudah dan tidak perlu keluar rumah. Dalam rangka ekspansi usaha, bisnis Sobat Pintar harus juga tersedia secara online. 

Sobat Pintar bisa memulainya dengan membuka toko online di marketplace populer, seperti Shopee atau Tokopedia. Konsumen masa kini senang berbelanja di marketplace karena ada fitur gratis ongkos kirim dan voucher cashback.

  1. Kolaborasi dengan Perusahaan Lain

Kolaborasi akan menguntungkan kedua belah pihak karena berarti konsumen perusahaan A akan membeli produk perusahaan B dan sebaliknya. Misalnya, sebagai pengusaha martabak, Sobat Pintar dapat menjalin kerja sama dengan brand selai coklat tertentu untuk dijadikan topping spesial di olahan martabak.

  1. Akuisisi atau Merger dengan Kompetitor

Selain kolaborasi, Sobat Pintar bisa melakukan ekspansi bisnis dengan membeli perusahaan kompetitor. Adapun pembelian bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu akuisisi atau merger. Ini merupakan langkah besar, sehingga Sobat Pintar perlu mempertimbangkan secara matang sebelum mencaplok perusahaan lain.

Itulah 7 cara ekspansi bisnis yang bisa Sobat Pintar lakukan untuk mengembangkan usaha. Jangan sampai aktivitas ekspansi bisnis Sobat Pintar terganggu karena kekurangan modal. Tenang, saat ini sudah banyak penyedia jasa pinjaman uang di internet. Namun, pastikan Sobat Pintar memilih perusahaan pinjaman uang yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, salah satunya adalah Kredit Pintar. Download aplikasi Kredit Pintar di Play Store untuk ajukan pinjaman dan wujudkan ekspansi bisnismu sekarang juga.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload