6 Tips Penting saat Jual Barang Bekas

27 Jul 2021 by Laruan

Dalam hidup setiap orang, barang bekas biasanya memiliki dua jenis. Jenis yang pertama adalah barang yang sudah tidak lama dipakai tetapi masih layak guna. Sedangkan jenis yang kedua adalah barang yang tidak akan digunakan lagi karena ada penggantinya yang lebih baru. Contoh dari jenis barang bekas yang pertama adalah kereta dorong bayi, mainan anak, dll. Sedangkan contoh dari jenis barang bekas kedua adalah gadget atau barang elektronik lainnya.

Jual Barang Bekas

Akan sangat disayangkan jika barang-barang bekas ini dibuang begitu saja. Ada berbagai tips yang bisa kita lakukan untuk membuat barang bekas ini jadi lebih bermanfaat, salah satunya adalah dengan melakukan proses jual. Menjual barang bekas tidak bisa sembarangan, mengingat yang Sobat Pintar jual bukanlah barang baru dan bersegel. Sobat Pintar perlu melakukan beberapa tips berikut ini agar dapat menjual barang bekas Sobat Pintar.

1. Siapkan Foto Asli Barang Bekas Sobat Pintar Secara Detail

Hal pertama dan terpenting yang akan calon pembeli Sobat Pintar lihat dari barang bekas yang Sobat Pintar jual adalah tampilannya. Oleh karena itu, untuk menunjang penampilan barang bekas Sobat Pintar, pastikan Sobat Pintar menyiapkan foto asli, terbaru, serta bersifat detail dari barang tersebut. Ambil gambar barang ini dari setiap sisi, lalu sebutkan juga kelebihan serta kekurangannya. Untuk hasil foto yang lebih bersih dan jelas, jangan lupa untuk memakai latar belakang putih dan mengatur pencahayaannya.

Jual Barang Bekas

2. Cantumkan Deskripsi Barang Bekas dengan Jelas

Pastikan Sobat Pintar menulis sejujur-jujurnya deskripsi barang bekas yang akan Sobat Pintar jual sebagai salah satu tips ampuh untuk menjual barang bekas. Jangan mengecewakan pembeli dengan tidak menyesuaikan kualitas asli barang dengan deskripsinya. Hal ini akan membuat reputasi Sobat Pintar menjadi kurang baik dan bahkan Sobat Pintar bisa dicap sebagai penipu. Ingatlah bahwa kejujuran adalah hal utama yang harus Sobat Pintar junjung saat melakukan jual-beli.

3. Sesuaikan Harga Barang Bekas yang Akan Sobat Pintar Jual

Sebelum Sobat Pintar memutuskan untuk menjual barang bekas yang Sobat Pintar miliki, Sobat Pintar sebaiknya melakukan survey harga terlebih dahulu. Kira-kira untuk barang bekas yang Sobat Pintar jual dengan kualitas tertentu akan masuk akal apabila dijual di harga berapa? Barang yang dijual dengan harga di atas rata-rata akan membuatnya tidak laku. Sedangkan apabila Sobat Pintar menjualnya terlalu murah, tentu akan mendatangkan kerugian bagi Sobat Pintar. Jadi, pastikan harga barang bekas yang Sobat Pintar jual sesuai.

4. Cantumkan Alasan Barang Bekas Sobat Pintar Dijual

Perbedaan kondisi yang dimiliki oleh barang bekas Sobat Pintar dengan barang baru membuat Sobat Pintar perlu menjelaskan alasan mengapa Sobat Pintar menjual barang tersebut. Contohnya, apakah Sobat Pintar memang sudah tidak akan pakai lagi, ada pengganti barang baru, atau membutuhkan dana. Alasan Sobat Pintar akan membuat calon pembeli lebih tertarik karena Sobat Pintar telah bersikap jujur.

5. Manfaatkan E-Commerce untuk Menjual Barang Bekas

Tips selanjutnya untuk menjual barang bekas Sobat Pintar, Sobat Pintar tidak hanya harus menggunakan media sosial yang Sobat Pintar punya. Manfaatkan berbagai e-commerce yang memiliki wadah penjualan barang bekas di dalamnya. Di sana, Sobat Pintar bisa memasarkan barang bekas Sobat Pintar ke orang-orang yang tepat. Biasanya, ada banyak calon pembeli yang tertarik jika Sobat Pintar memajang iklan ada di e-commerce.

6. Pastikan Barang Bekas dalam Keadaan Bersih saat Akan Dikirim

Meski barang yang Sobat Pintar jual adalah barang bekas, Sobat Pintar tetap harus membersihkan barang tersebut terlebih dahulu apabila barang tersebut sudah laku Sobat Pintar pasarkan. Hal ini perlu dilakukan untuk menunjukkan kesungguhan Sobat Pintar sebagai seorang penjual dan agar pembeli tidak kecewa. Bagaimanapun, barang bekas yang Sobat Pintar jual adalah barang layak guna yang perlu Sobat Pintar jaga kualitasnya.
Itulah keenam tips yang harus Sobat Pintar lakukan saat ingin melakukan proses jual barang bekas. Meskipun barang yang akan Sobat Pintar jual bukanlah barang baru, Sobat Pintar tetap harus menjaga kualitas barang bekas Sobat Pintar tersebut. Hal ini perlu dilakukan agar reputasi Sobat Pintar sebagai penjual tetap baik dan Sobat Pintar tidak mengecewakan pembeli Sobat Pintar.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload