6 Tipe Asuransi Mobil Yang Wajib Dipahami

12 Aug 2021 by Laruan, Last edit: 10 Aug 2021

Layaknya jaminan kesehatan, asuransi untuk kendaraan sangat berguna sekali untuk semua orang.  Asuransi mobil umumnya ditawarkan langsung pada saat Sobat Pintar membeli mobil baru, di mana cara perhitungannya sesuai dengan tingkat persentase tertentu dari harga mobil. 

Apabila Sobat Pintar membeli dengan cara kredit, maka harga yang dibayarkan biasanya juga sudah termasuk asuransi di dalamnya. Asuransi tersebut berlaku selama jangka waktu kredit berlangsung. Meski benefitnya tidak bisa diterima dalam waktu dekat, Sobat Pintar pasti bisa merasakannya di kemudian hari.

Bagaimanapun benefit asuransi adalah untuk berjaga-jaga dan memberi perlindungan jika terdapat resiko selama pemakaian mobil.

Tipe Asuransi Mobil Yang Wajib Dipahami

Jenis Asuransi Mobil yang Bisa Sobat Pintar Pertimbangkan

Mobil adalah aset yang perlu dijaga karena erat kaitannya dengan keselamatan pengguna.  Untuk itu sangat disarankan untuk menggunakan asuransi demi ketenangan berkendara. Asuransi dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis dengan fungsi yang berbeda sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Berikut ini adalah jenis yang umumnya ditawarkan:

1. Asuransi gabungan 

Jenis asuransi ini didapatkan ketika Sobat Pintar membeli mobil dengan cara cicilan atau kredit. Selama jangka waktu cicilan masih berlangsung, Sobat Pintar akan dilindungi dengan 2 jenis asuransi. 

Contohnya jika Sobat Pintar memiliki tenor kredit selama 5 tahun, maka tahun pertama Sobat Pintar akan terlindungi dengan jenis asuransi all risk, di mana jika terjadi resiko tak terduga pada mobil Sobat Pintar, baik hanya lecet maupun rusak, maka Sobat Pintar akan mendapatkan pertanggungan.  Sisa 4 tahun berikutnya, Sobat Pintar dilindungi dengan asuransi total loss, yang berarti Sobat Pintar hanya bisa klaim jika mobil tersebut benar-benar rusak total. 

2. Asuransi kerugian total atau total loss

Dengan jenis asuransi ini,  Sobat Pintar akan mendapatkan penggantian jika terjadi resiko hilang karena pencurian. Selain itu, Sobat Pintar juga akan mendapat pertanggungan pada saat terjadi kerusakan dimana biaya penggantian atau perbaikannya bisa mencapai 75% dari harga mobil.

Dengan kata lain, bila kondisi mobil rusak parah dan tidak dapat digunakan, maka bisa melakukan klaim.  Sementara jika kecelakaan terjadi hanya menyebabkan goresan pada body, maka tidak akan mendapatkan penggantian karena pengajuan klaim pasti tidak akan disetujui.

Pihak asuransi kendaraan biasanya hanya menanggung di tingkat kerusakan tertentu saja, jadi Sobat Pintar tidak perlu membayar mahal.  Nominal preminya lebih kecil dibandingkan dengan asuransi all risk. Untuk wilayah Jakarta misalnya hanya sebesar 3, 26% dari harga mobil.

3. Asuransi all risk

Tipe Asuransi Mobil Yang Wajib Dipahami

Sobat Pintar bisa memilih jenis asuransi ini jika ingin mobil Sobat Pintar dilindungi ketika terjadi kerusakan apapun. Jenis ini sangat disarankan bagi Sobat Pintar yang baru saja membeli mobil. Jadi meski hanya lecet sepanjang 1 cm, Sobat Pintar tetap dapat mengajukan klaim.

Begitu juga jika terdapat resiko kerusakan parah seperti kecelakaan, Sobat Pintar akan mendapatkan penggantian secara penuh.  Hal ini karena jenis asuransi ini menanggung semua resiko kerusakan, sehingga nominal premi yang harus dibayar menjadi lebih besar.

4. Collision coverage

Jenis ini memberikan jaminan penggantian yang diberikan ketika terjadi kerusakan yang diakibatkan oleh pengemudi. Ketika terjadi kecelakaan atau kelalaian yang mengakibatkan kerusakan, maka seluruh premi akan melindungi untuk penggantian biaya kerusakannya.

5. Liability insurance

Asuransi ini melindungi semua kerusakan yang terjadi pada kendaraan sama seperti collision coverage. Selain itu, pengemudi juga mendapatkan manfaat dari premi yang telah dibayarkan, jika terjadi cedera atau luka saat terjadi kecelakaan. 

6. Personal injury protection

Jenis asuransi ini lebih melindungi pengendara bukan pada mobilnya. Jadi jika terjadi kecelakaan yang menyebabkan pengemudi luka baik ringan maupun berat, maka biaya pengobatannya akan ditanggung seluruhnya.

Manfaat Menggunakan Asuransi Mobil

Asuransi memiliki banyak benefit bagi nasabah.  Jika dihitung berdasarkan besarnya premi yang dibayarkan, nilai benefitnya sangat besar. Berikut beberapa benefit yang akan Sobat Pintar dapatkan bila ikut asuransi, antara lain:

1. Jaminan perlindungan kendaraan

Sobat Pintar akan mendapat keringanan biaya jika terjadi suatu resiko yang menyebabkan kerusakan mobil, misalnya saja kemungkinan terjadi kecelakaan, perusakan oleh orang lain, dan sebagainya. Menariknya lagi adalah bahkan ketika mobil hilang dicuri, maka akan mendapat ganti rugi.

2. Membantu mengelola keuangan

Sama halnya Sobat Pintar menabung untuk berjaga-jaga. Pada saat resiko buruk benar-benar terjadi pada kendaraan, Sobat Pintar tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk biaya perbaikannya. Sehingga tabungan di rekening Sobat Pintar akan tetap aman terkendali.

3. Menjaga rasa aman

Sobat Pintar tidak perlu was-was selama berkendara, namun bukan berarti boleh kebut-kebutan. Intinya Sobat Pintar lebih tenang karena jika terjadi hal-hal diluar kendali ada yang membantu menanggung semua biaya perbaikan mobil tersebut.

4. Bentuk Investasi

Ini akan Sobat Pintar rasakan benefitnya ketika akan menjual mobil. Mobil dengan kelengkapan asuransi memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Sebab hal ini membuktikan bahwa mobil tersebut terawat, sekaligus memiliki jaminan keamanan dari semua faktor resiko buruk.

5. Bonus layanan

Sebagai nasabah, Sobat Pintar mendapatkan bonus manfaat berupa layanan klaim 24 jam. Selain itu, segala keluhan yang berkaitan dengan kerusakan mobil akan segera ditangani. Dengan kata lain Sobat Pintar bisa mendapat prioritas pelayanan dengan cepat tanpa terbatas oleh waktu.

6. Kemudahan perbaikan dimana saja

Kasus kecelakaan bisa terjadi di mana saja bahkan ketika Sobat Pintar sedang berada di luar kota. Dengan memiliki asuransi, Sobat Pintar bisa melakukan perbaikan di bengkel mana saja tanpa memikirkan biaya karena semua biaya akan ditanggung oleh pihak asuransi. Namun semuanya itu kembali pada jenis yang dipilih karena masing-masing jenis memiliki benefit yang tidak sama.

Baca dulu: 6+ Cara Mendapatkan Dana Bantuan Pemerintah 2021 

Hal yang Dilindungi Oleh Asuransi

Asuransi melindungi hal-hal sesuai dengan ketentuan perusahaan. Dari berbagai tipe asuransi yang telah dijelaskan di atas, bisa ditarik kesimpulan terkait penjaminan oleh perusahaan berdasarkan pembayaran premi.

Berikut hal-hal yang dilindungi:

  1. Kerusakan berat hingga kehilangan, untuk pilihan TLO (total loss only).
  2. Kerusakan ringan sampai berat, untuk pilihan all risk.
  3. Kerusakan mobil dan biaya pengobatan, untuk tipe asuransi liability insurance.
  4. Perluasan pertanggungan resiko all risk, meliputi kerusakan akibat  kebakaran, banjir, bencana alam lainnya.

Untuk perluasan pertanggungan resiko perlu ditambahkan dalam perjanjian polis asuransi (jika belum tercantum). Ini perlu diperhatikan khususnya bagi yang tinggal di wilayah rawan bencana, seperti banjir di ibukota.

Meski kebakaran juga ditanggung, tetapi terdapat klausul yang dapat menyebabkan terjadi pembatalan. Biasanya terjadinya pembatalan tersebut berkaitan dengan penyebab dari kebakaran mobil. 

Salah satunya jika mobil sengaja dibakar oleh anggota keluarga pemilik, maka hal tersebut dinyatakan tidak sah (batal). Sobat Pintar juga perlu memperhatikan bahwa setiap hal-hal yang melanggar peraturan hukum tidak dapat mendapat uang ganti. 

Contoh kecelakaan yang menyebabkan kerusakan pada kendaraan terjadi karena pengemudi di bawah pengaruh alkohol. Melihat hal tersebut, sebaiknya betul-betul harus diperhatikan kebijakannya sebelum melakukan klaim Asuransi.

Butuh modal lebih untuk membayar DP mobil? Sobat Pintar bisa melakukan pinjaman melalui aplikasi Kredit Pintar. Kredit Pintar bekerja sama dengan bank-bank besar yang dapat memberikan pinjaman dana dengan bunga rendah! 

Proses pengajuannya gampang, 5 menit saja pinjaman Sobat Pintar bisa cair! Tidak perlu khawatir karena Kredit Pintar telah diawasi oleh OJK. Tunggu apa lagi? Download aplikasinya sekarang!

Itulah tipe asuransi mobil, manfaat, serta apa saja yang dilindungi. Jika Sobat Pintar ingin membeli mobil baru, sebaiknya beli bersama dengan asuransi.

Baca dulu: 3 Cara Dapat Uang 500rb Sehari: Direkomendasikan Oleh Kredit Pintar

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
10 Aug 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download