6 Cara Membersihkan Layar HP Tanpa Merusak Layar, Pasti Ampuh

6 Cara Membersihkan Layar HP Tanpa Merusak Layar, Pasti Ampuh

08 Jun 2021 by kreditpintar
6 Cara Membersihkan Layar HP Tanpa Merusak Layar, Pasti Ampuh

Di situasi pandemi Covid-19, sangat penting untuk menjaga kebersihan, baik kebersihan diri dan juga barang-barang yang sering dipegang dan digunakan sehari-hari. Mencuci tangan setiap 30 menit sekali dan membersihkan yang sering digunakan sangat dianjurkan oleh pemerintah. Contoh barang yang dimaksud adalah kunci, dompet, dan juga barang elektronik seperti HP dan laptop. Dianjurkan bagi kita untuk membersihkan HP minimal 3 hari sekali dan jika kita bekerja keluar rumah, maka sebaiknya barang tersebut dibersihkan setiap kali pulang. Kemudian bagaimana cara untuk membersihkan barang elektronik seperti HP? Berikut adalah 6 cara membersihkan layar hp tanpa takut untuk merusak layar. 

1. Menggunakan lap bersih 

Cara membersihkan layar HP yang pertama adalah dengan menggunakan lap bersih. Akan lebih baik jika lap yang digunakan mempunyai tekstur yang lembut seperti microfiber sehingga tidak menggesek layar HP terlalu kasar. Untuk mengelap layar HP tidak perlu memerlukan banyak tenaga, cukup dengan lembut menggosok layar HP yang kotor. 

2. Menggunakan air bersih 

Jika hanya dengan menggunakan lap bersih belum terasa bersih dan noda masih menempel maka Sobat Pintar dapat menggunakan air bersih untuk membersihkannya. Sebelum menggunakan metode ini, diharuskan layar ponsel Sobat Pintar dalam keadaan mati. Kemudian air yang digunakan disarankan jangan terlalu banyak. Basahkan lap bersih dengan air secara secukupnya, kemudian Sobat Pintar dapat mengelap dengan lembut. Alternatif lain dari lap basah adalah dengan menggunakan tisu basah. 

Jika Sobat Pintar menggunakan metode ini jangan lupa untuk mengelap kembali layar HP Sobat Pintar dengan tisu kering atau lap kering agar layar HP tidak rusak. Jangan menggunakan HP yang masih basah atau layar ponsel Sobat Pintar akan mengalami error. Pastikan layar ponsel Sobat Pintar dalam keadaan kering sebelum menggunakannya kembali.  

3. Menggunakan cotton bud

Cara membersihkan layar HP yang selanjutnya adalah dengan menggunakan cotton bud. Selain membersihkan layar ponsel, kotoran juga dapat menempel pada sela-sela pinggiran ponsel. Menggunakan cotton bud dapat dijadikan solusi untuk mengatasi hal tersebut. Usap dengan pelan pada pinggiran ponsel dan sekitaran tombol untuk membersihkan debu yang menempel. 

4. Menggunakan sikat lembut

Jika dirasa bila menggunakan cotton bud belum menjangkau sela-sela tombol ponsel, maka Sobat Pintar dapat menggunakan sikat halus atau sikat gigi bekas dengan bulu yang halus. Penggunaan sikat lembut ini disarankan hanya untuk membersihkan pinggiran ponsel dan sela-sela tombol HP Sobat Pintar. 

5. Menggunakan alkohol 70%

Cara membersihkan layar HP yang paling efektif untuk membunuh kuman dan virus adalah dengan menggunakan alkohol 70% sebagai cairan pembersih. Dengan menggunakan cairan alkohol 70% maka ponsel akan menjadi steril. Penggunaan alkohol 70% sangat cocok pada saat situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini. 

Tips membuat layar hp bersih menggunakan alkohol sama seperti membersihkan dengan air. Tuang alkohol secukupnya ke lap bersih. Kemudian gosok secara perlahan pada layar HP. Setelah selesai membersihkan layar, jangan lupa untuk mengeringkan terlebih dahulu layar ponsel sebelum digunakan kembali. 

6. Menggunakan cairan pembersih layar

Pilihan cara membersihkan layar HP yang terakhir adalah dengan menggunakan cairan khusus pembersih layar. Dengan menggunakan cairan pembersih khusus Sobat Pintar tidak perlu khawatir jika layar ponsel Sobat Pintar akan rusak, karena formulasi cairan pembersih layar telah diformulasikan agar tidak merusak layar ponsel. 

Selain 6 cara di atas ada banyak situs yang menganjurkan untuk memakai cara lain seperti menggunakan odol ataupun minyak kayu putih. Kedua hal tersebut sangat tidak disarankan karena dikhawatirkan dua bahan tersebut dapat merusak layar ponsel Sobat Pintar.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk