5 Pertimbangan Dana Pensiun Terbaik

06 Sep 2021 by Laruan

Dana pensiun, adalah jenis skema tabungan di mana Sobat Pintar (sebagai karyawan) menginvestasikan sebagian kecil dari pendapatan/gaji Sobat Pintar ke dalam rencana tabungan yang ditentukan. Fungsi utama dari dana pensiun adalah untuk mendapatkan aliran pendapatan yang stabil setelah Sobat Pintar menyelesaikan masa kerja aktif Sobat Pintar. 

Mengingat fakta bahwa inflasi akan selalu meningkat, apalagi dengan bencana virus corona, dana pensiun telah menjadi kebutuhan untuk semua. Bahkan jika Sobat Pintar memiliki cukup banyak tabungan di bank, Sobat Pintar masih dapat memilih skema pensiun karena Sobat Pintar tidak pernah tahu kapan keadaan darurat akan muncul.

Program pensiun akan membantu Sobat Pintar mendapatkan penghasilan dan menghidupi keluarga Sobat Pintar ketika Sobat Pintar tidak memiliki sumber penghasilan lain.

Bagaimana Dana Pensiun Bekerja?

5 Pertimbangan Dana Pensiun Terbaik

Pada umumnya, program pensiun adalah program manfaat pasti, yang berarti bahwa karyawan akan menerima pembayaran pensiun sebesar persentase tertentu dari gaji rata-rata yang dibayarkan selama beberapa tahun terakhir masa kerja mereka. Berikut adalah dua tipe uang pensiun. 

1. Uang Pensiun Terbuka

Uang Pensiun terbuka adalah dana yang menjaga Sobat Pintar setidaknya dengan satu program pensiun tanpa batasan keanggotaan. Uang Pensiun tertutup mendukung program pensiun yang hanya terbuka untuk karyawan tertentu.

2. Uang Pensiun tertutup dapat diklasifikasikan lebih lanjut menjadi:

  • Pemberi kerja tunggal
  • Multi-pemberi kerja
  • Anggota terkait
  • Pperorangan
5 Pertimbangan Dana Pensiun Terbaik

Peraturan Dana Pensiun Oleh Pemerintah 

Uang Pensiun diatur oleh badan hukum yang menyelenggarakan dan menyelenggarakan program yang menjanjikan fungsi pensiun. Diatur dalam UU RI Nomor 11 Tahun 1992  Tentang Uang Pensiun, yang berisi mengenai jenis Uang Pensiun, yaitu 

Berdasar keterangan dari Otoritas Jasa Keuangan, yang didasari atas UU RI No 11 Tahun 1992, berikut adalah macam-macam Uang Pensiun:

1. Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK)

yang didirikan oleh orang pribadi atau badan yang mempekerjakan pegawai dalam kedudukannya sebagai pendiri, dalam rangka menyelenggarakan program pensiun manfaat pasti atau iuran pasti untuk kepentingan sebagian atau seluruh pegawainya sebagai tertanggung, yang menimbulkan kewajiban bagi pemberi kerja.

2. Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)

yaitu Uang Pensiun yang didirikan oleh bank atau perusahaan asuransi jiwa dalam rangka penyelenggaraan program pensiun manfaat pasti bagi perorangan baik pegawai maupun pekerja mandiri, yang dipisahkan dari Uang Pensiun pemberi kerja bagi pegawai bank atau asuransi jiwa yang bersangkutan. perusahaan.

3. Dana Pensiun Manfaat

yaitu Uang Pensiun pemberi kerja yang menyelenggarakan program pensiun manfaat pasti, dengan iuran hanya berasal dari pemberi kerja dan berdasarkan formula yang relevan dengan keuntungan pemberi kerja.

Pertimbangan Dalam Memilih DPLK Untuk Pensiun Bermutu

5 Pertimbangan Dana Pensiun Terbaik

1. JANGKAUAN INVESTASI YANG TERSEDIA

Pertama, Sobat Pintar harus melihat kisaran investasi yang disediakan oleh pensiun. Kebanyakan orang akan berinvestasi ke “dana” sebagai cara investasi yang nyaman dan beragam, dan Sobat Pintar harus mencari tahu tentang kisaran dana yang tersedia.

2. BIAYA KONTRAK

Sobat Pintar harus membandingkan biaya kontrak penyedia. Penyedia pensiun Sobat Pintar akan memotong biaya langsung dari Uang Pensiun daripada menagih Sobat Pintar secara langsung. Ini akan menjadi biaya persentase (mungkin dengan diskon untuk nilai dana yang besar) atau jumlah uang.

3. AKSES ONLINE KE PENSIUN Sobat Pintar

Apakah Sobat Pintar dapat mengakses nilai pensiun Sobat Pintar dan beralih dana secara online? Penting untuk dapat mengakses akun Sobat Pintar dengan cepat dan mudah!

4. KEKUATAN FINANSIAL

Sobat Pintar harus memeriksa kekuatan keuangan penyedia pensiun. Salah satu indikasi kekuatan finansial penyedia adalah peringkat yang diberikan oleh lembaga pemeringkat kredit. Meskipun semua penyedia pensiun diwajibkan oleh regulator dan pengawas keuangan (OJK) untuk menjaga tingkat stabilitas keuangan minimum, semakin kuat posisi keuangan penyedia semakin baik.

5. FLEKSIBILITAS DAN ADMINISTRASI

Terakhir, seberapa fleksibel kontrak pensiun? Seberapa mudah untuk menghentikan dan memulai kontribusi rutin atau melakukan pembayaran sekaligus? Apa reputasi mereka untuk keluhan dan administrasi? Seberapa mudah beradaptasi investasi Sobat Pintar bisa membantu Sobat Pintar dalam segala perubahan rencana yang mendadak.

Daftar Dana Pensiun terbaik yang baik untuk kamu pertimbangkan:

Ingin memiliki masa tua yang damai tanpa kerja keras? Untuk kamu yang masih awam mengenai Uang Pensiun dan bukan pegawai negeri yang ditanggung oleh negara, ada baiknya kamu melirik beberapa contoh DPLK terbaik dibawah ini. 

NoNama ProgramProgram Pensiun Iuran PastiProgram Pensiun untuk Kompensasi Paska KerjaKeunggulan
1Mandiri DPLK Program Pensiun Iuran PastiIuran berdasarkan Peraturan Uang PensiunAkumulasi pembayaran iuran, investasi yang dipilih, dan pengalihan danaContoh DPLK ini dapat membayarkan manfaat pensiun sekaligus.Memiliki 4 macam manfaat pensiun.
2Tabungan pensiun DPLK BRIIuran berdasarkan Peraturan Uang PensiunAkumulasi pembayaran iuran, investasi yang dipilih, dan pengalihan danaUang Pensiun bisa berkembang hingga 8%Memiliki keunggulan berupa Diizinkan mengubah pilihan investasi sekali setahun.Contoh keuntungan yang diberikan yaitu bisa dua kali tarik iuran sebagian dalam setahun.
3Tabungan pensiun BNI SimponiTidak ada.Tidak ada.Keunggulannya adalah, iuran minimal bulanan mulai dari Rp50 ribu.
bisa mendapat rata-rata return sekitar 6%– 11%tiap tahunnya
4DPLK Generali Indonesia.iPension (DPLK PPIP)PeiSeverance atau DPLK PPUKPTersedia informasi secara onlineTerdapat Auto Risk Management System (ARMS)Fleksibilitas dalam merubah tipe investasi

Apabila skenario buruk terjadi, yaitu Sobat Pintar meninggal, pasangan Sobat Pintar, mitra sipil atau ahli waris mungkin dapat mengakses pensiun Sobat Pintar. Aturan untuk manfaat kematian pensiun akan bervariasi tergantung pada jenis pensiun yang Sobat Pintar miliki dan usia Sobat Pintar saat Sobat Pintar meninggal.

Apa Yang Terjadi Dengan Pensiun Sobat Pintar Ketika Sobat Pintar Meninggal?

Peraturan pensiun baru yang mengatur segala sesuatu mulai dari bagaimana Sobat Pintar mengakses pensiun Sobat Pintar hingga apa yang dapat terjadi pada pot pensiun Sobat Pintar setelah Sobat Pintar meninggal. Pensiun dianggap berada di luar warisan Sobat Pintar, yang berarti bahwa ketika Sobat Pintar meninggal, ahli waris Sobat Pintar dapat mengakses tabungan pensiun Sobat Pintar tanpa harus membayar pajak warisan.

Sebagian besar skema pensiun di tempat kerja dan swasta memberikan manfaat kematian dan, jika Sobat Pintar meninggal dunia, ahli waris Sobat Pintar harus menghubungi administrator skema pensiun Sobat Pintar untuk informasi lebih lanjut. Jika Sobat Pintar sudah menarik Pensiun Negara Sobat Pintar ketika Sobat Pintar meninggal, penerima manfaat pensiun Sobat Pintar harus menghubungi Layanan Pensiun.

Bayangkan, Sobat Pintar berkumpul dengan anak-anak dalam kondisi sehat bisa jajanin apa saja yang cucu Sobat Pintar inginkan. Dengan pengaturan Uang Pensiun yang maksimal, maka masa pensiun Sobat Pintar akan senantiasa lebih aman, nyaman, dan terjamin.  Ayo persiapkan Uang Pensiun Sobat Pintar atau orang-orang yang Sobat Pintar kasihi dari sekarang! 

Butuh dana untuk segala kebutuhan?Ajukan pinjaman online di Kredit Pintar. Kredit Pintar telah terdaftar sebagai penyedia layanan pinjaman online aman karena telah terdaftar dan diawasi OJK.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload