5 Makanan Tinggi Serat serta Manfaat Konsumsi Serat

11 May 2021 by kreditpintar
makanan tinggi serat

Serat adalah zat gizi atau makanan dari bahan nabati yang tidak dapat dicerna atau diserap oleh tubuh. Ia tidak seperti makanan lainnya, yakni lemak, protein, atau karbohidrat. Komponen makanan satu ini tidak dapat dipecah dan diserap oleh tubuh. Malah ia relatif utuh saat melewati perut, usus kecil, usus besar, dan keluar dari tubuh setelah dikonsumsi.

Namun, serat sangat membantu dalam hal proses pencernaan makanan. Ia dapat membuat feses dihasilkan organ pencernaan jadi lebih banyak dan lunak. Makanan mengandung serat amat perlu kita konsumsi, karena kekurangan zat gizi ini dapat membuat kita sembelit atau susah BAB (buang air besar).

Pada umumnya, serat dibagi ke dalam dua jenis, yaitu serat larut dan serat tidak larut. Serat yang larut dalam air biasanya berbentuk layaknya gel. Jenis serat ini dinilai bisa membantu kita dalam menurunkan kadar kolesterol dan glukosa darah. Lalu untuk jenis serat tidak larut, ia bisa mendorong pergerakan materi melalui sistem pencernaan dan meningkatkan massa tinja. Hal ini membuat serat tidak larut bermanfaat bagi kita yang mengalami BAB tidak teratur.

Makanan-Makanan Tinggi Serat

Berikut adalah makanan-makanan tinggi serat yang bisa Sobat Pintar konsumsi untuk melancarkan pencernaan serta mengurangi kadar kolesterol dan glukosa:

1. Strawberry

Strawberry adalah makanan tinggi serat yang perlu kita konsumsi. Ia merupakan buah dengan padat nutrisi. Buah ini mengandung banyak serat, vitamin C, mangan, serta berbagai antioksidan kuat. Serat yang dikandung oleh strawberry bisa mencapai 1 gram per 100 gram bahan.

2. Apel

Makanan tinggi serat satu ini amat disukai oleh banyak orang. Apel bisa dibilang merupakan buah paling lezat dan paling memuaskan saat dikonsumsi. Ia dapat menunda lapar orang-orang yang sedang melakukan diet. Kandungan serat yang ada dalam satu buah apel sedang dapat mencapai 2,4 – 2,4 gram per 100 gram bahan.

3. Buah Bit

Buah bit termasuk ke dalam makanan yang tinggi serat. Sebenarnya, bit adalah sayuran akar yang kaya akan berbagai nutrisi penting seperti folat, besi, tembaga, mangan, dan kalium. Ia juga banyak mengandung nitrat anorganik. Nitrat anorganik ini terbukti punya banyak manfaat untuk pengaturan tekanan darah dan kinerja olahraga. Buah bit juga tinggi serat dengan kandungan dalam 1 cup (145 gram) mencapai 2,8 – 3,8 gram per 100 gram bahan.

4. Pisang

Pisang yang memiliki kalori tinggi ini juga merupakan makanan tinggi serat. Ia adalah sumber nutrisi vitamin C, vitamin B6, serta kalium yang baik. Yang berwarna hijau maupun yang mentah juga mengandung pati resisten. Pati resisten ini adalah karbohidrat yang tidak dapat dicerna dan berfungsi seperti serat. Kandungan serat dalam 1 buah pisang berukuran sedang mencapai 2,6 – 3,1 gram per 100 gram bahan.

5. Alpukat

Buah unik satu ini juga kaya akan serat. Alpukat sarat akan lemak sehat dan juga tinggi vitamin C, kalium, magnesium, vitamin E, dan berbagai vitamin B. Ia juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, dengan kandungan seratnya yang mencapai 6,7 gram per 100 gram bahan.

Manfaat Konsumsi Makanan dengan Serat Tinggi

Mengonsumsi makanan dengan serat yang tinggi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa di antaranya adalah:

Dapat Menormalkan Gerakan Usus

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, serat makanan dapat meningkatkan massa dan ukuran feses, serta melembutkannya. Hal ini membuat sisa makanan tersebut lebih mudah dikeluarkan dan dapat menghindarkan Sobat Pintar dari masalah sembelit. Serta jika Sobat Pintar punya feses yang encer atau berair, serat bisa membantu memadatkannya dengan menyerap air dan menambahkan massa.

Membantu Sobat Pintar Memiliki Berat Badan Ideal

Untuk Sobat Pintar yang sedang dalam proses diet, mengonsumsi makanan tinggi serat jauh lebih mengenyangkan dibandingkan makanan yang rendah serat. Jadi, meski Sobat Pintar makan lebih sedikit, Sobat Pintar tetap akan kenyang lebih lama. Selain itu, makanan tersebut juga membutuhkan waktu lebih lama untuk dikonsumsi. Ia punya kandungan kalori yang lebih sedikit untuk volume makanan yang sama.

Itulah info lengkap mengenai makanan-makanan yang tinggi akan serat serta manfaatnya saat kita konsumsi. Kurangi memakan junk food kekinian yang belum jelas kandungan gizi dan serat yang dimilikinya. Perbanyak konsumsi makanan organik demi kesehatan pencernaan juga tubuh ideal yang kita dambakan

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload