5 Cara Merawat HP Agar Awet, Edisi HP Touchscreen

30 Jul 2021 by Laruan

Cara merawat HP agar awet. — Handphone (HP) sudah menjadi kebutuhan pokok, karena memberikan bisa multifungsi sebagai alat komunikasi, hiburan, agenda, to do list, calendar, kalkulator, kamus, radio, kamera, bahkan mesin e money, E-banking dan M-banking dan semua pendukung kerja dan aktivitas kita ada di dalamnya, makanya sekarang ketinggalan dompet masih biasa jika dibandingkan ketinggalan HP orang sudah panik

Cara Merawat HP Agar Awet, Edisi HP Touchscreen

Supaya Handphone awet dan berfungsi optimal maka dibutuhkan perawatan HP yang baik, jangan sampai tiba – tiba HP off dan data ilang semua, karena di dalam smartphone banyak data penting yang tersimpan. Sering sekali pengguna HP tidak benar-benar memahami bagaimana merawat HP, makanya ada yang HP bisa sampai bertahun – tahun masih optimal, tapi ada juga yang HP baru sebulan dua bulan sudah bermasalah. 

Berikut cara merawat HP agar tetap awet dan optimal sesuai yang seharusnya :

  1. Merawat Baterai Handphone

Supaya baterai HP awet sebaiknya setiap charger yang digunakan adalah changer original, karena charger original sudah dirancang sesuai dengan kapasitas Daya dan tegangan dari HP yang kita gunakan. Charger yang tidak sesuai akan menyebabkan HP cepat rusak apabila dayanya terlalu besar atau kekecilan. 

Mengisi daya pada HP sesuai kebutuhan, mengisi daya jangan sampai 100 persen supaya baterai HP dapat bertahan lama. Baterai lithium ion (Li-on) kapasitasnya bisa menurun bila mendapatkan tegangan yang tinggi. Lapisan Lithium metal baterai terus mendapat arus listrik, akan memicu baterai menjadi tidak stabil. Disarankan mengisi daya smartphone antara 30% – 80% persen agar voltase tetap rendah sehingga baterai lebih awet. 

Hal yang perlu diperhatikan lagi adalah pengisian baterai saat 0% bisa membuat daya baterai cepat rusak. Sebabnya tegangan akan menjadi semakin bertambah sehingga baterai jadi tertekan. Baterai ponsel bisa bekerja baik dari kapasitas 30%-80%. Jadi bisa mengisi baterai saat pada kondisi dibawah 30% dan maksimal 80% supaya tegangannya tidak tinggi.

  1. Merawat Body Handphone

Merawat body HP merupakan salah satu hal yang penting bagi para pengguna HP, banyak yang menggunakan Case HP yang sudah bukan bawaan aslinya untuk melindungi HP dari goresan dan kerusakan yang parah seperti jatuh atau kebentur sesuatu. Saat memilih Case sebaiknya yang bisa melindungi secara penuh dan anti benturan dan goresan sebagai cara merawat HP agar awet. 

Sebelum membeli Case HP sebaiknya searching dulu model dan bentuknya yang sesuai dengan HP kita supaya pada saat kita memutuskan untuk membeli benar – benar sesuai, karena di pasaran terdapat banyak aksesoris/case smartphone yang terkadang bisa membuat kita bingung untuk memilih yang terbaik.  Penggunaan aksesoris yang salah bisa membuat HP lebih cepat panas. Bila aksesoris yang digunakan susah melepas panas, maka sebaiknya bisa melepasnya saat sedang mengisi daya baterai. Tujuannya supaya HP tidak panas. 

  1. Merawat Processor dan Hardware Handphone supaya awet

Handphone sering mengalami slow respon atau lambat dalam membuka aplikasi. Salah satu penyebabnya adalah adanya aplikasi yang memakan CPU dan RAM cukup besar. Imbasnya, kinerja HP lebih cepat menurun. Cara merawat HP Android yang kinerjanya menurun bisa dengan menghapus aplikasi yang jarang digunakan. Jadi jangan memasang aplikasi yang hanya memenuhi ruang penyimpanan saja. Perhatikan kapasitas RAM dan ROM serta chipset yang ada pada HP maupun pada memory card. Selain itu aplikasi yang sering membuat performa HP menurun adalah Games yang kapasitas dan tipenya membutuhkan HP yang level yang tinggi dipaksakan ke HP yang berpotensi menghabiskan RAM dan CPU dalam HP. 

  1. Melindungi Layar Handphone Menggunakan Screen Protector yang Hardcase supaya Layar Awet

Cara merawat HP agar awet, terutama di bagian layarnya yakni dengan menggunakan pelindung layar atau screen protector. Screen protector bisa menjaga layar sentuh terhindar dari goresan-goresan dan menyelamatkan layar LCD bila smartphone tidak sengaja jatuh.

Untuk merawat layar HP harus dihindarkan dari medan magnet, sebabnya, medan magnet, air dan juga logam lainnya bisa merusak speaker. Speaker menjadi salah satu bagian yang amat penting, baik untuk mendengarkan musik dan maupun menelpon. Tanpa sadar kita kerap meletakkan HP di atas TV, radio dan sesuatu yang berbau magnet lainnya. Kebiasaan di atas bisa membuat HP cepat rusak..

Mencadangkan data HP amat penting dilakukan untuk memastikan semua data mulai dari kontak, foto, video, dan dokumen tersimpan bila di kemudian hari mengganti smartphone. Dengan banyaknya data yang dipindahkan, membuat kinerja chipset, RAM, dan ROM smartphone menjadi lebih ringan. Jadi performa HP awet dan lebih cepat.

  1. Merawat Software Handphone 

Merawat software HP menjadi cepat dengan cara Install aplikasi seperlunya dan hanya install aplikasi terpercaya saja. Sebaiknya jangan unduh aplikasi di luar Google Playstore karena berpotensi membawa malware dan jelas tidak aman. Pada bagian software/aplikasi, yang harus diperhatikan seputar widget aplikasi yang ada pada ponsel. Widget yang bertebaran secara tidak teratur memberatkan kinerja smartphone karena widget biasanya masih aktif di latar belakang tanpa sepengetahuan pengguna. 

Hal penting yang lain adalah membersihkan cache aplikasi pada menu pengaturan di HP kemudian pilih opsi Application. Selanjutnya masuk ke bagian Manage Application dan tekan aplikasi yang bermasalah. Menghapus cache tidak akan ikut menghapus data dan pengaturan dari suatu aplikasi. Aktivitas ini hanya membuang file temporary yang bisa menjadi sumber masalah.

Kredit Pintar memberikan fasilitas pinjaman untuk pembelian peralatan pendukung kerja seperti handphone, laptop, dengan proses cepat dan cicilan ringan sesuai kebutuhan. Dengan Kredit Pintar. Sobat Pintar bisa mewujudkan impian untuk memiliki barang – barang yang dibutuhkan dalam aktivitas kerja yang produktif dan menghasilkan uang kembali. Kredit Pintar prosesnya sangat cepat dan angsurannya bisa di sesuaikan dengan jatuh tempo yang diperlukan. Proses pinjaman cepat, hanya perlu KTP dan tanpa agunan. Tapi harus disiplin soal pembayaran cicilan dan pastikan bayar tepat waktu. Sukses pendidikan bersama Kredit Pintar. Untuk info lebih lanjut silahkan klik disini.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
06 Aug 2021
mobile-closeKredit PintarDownload