5 Cara Mengatasi Gugup Saat Interview Agar Tenang

09 Aug 2021 by Laruan

Cara mengatasi gugup saat interview seringkali ditanyakan oleh para pelamar kerja yang akan segera menghadapi proses wawancara. Rasa gugup yang muncul sebenarnya wajar saja karena proses wawancara ini adalah proses yang sangat menentukan masa depan.

5 Cara Mengatasi Gugup Saat Interview Agar Lebih Tenang

Cara Mengatasi Gugup Saat Interview dengan Sukses

Jika Sobat Pintar gagal melewati proses interview ini, peluang untuk bergabung dengan perusahaan akan berkurang. Jadi, sebelum Sobat Pintar menghadiri wawancara atau interview, ada beberapa cara yang bisa Sobat Pintar lakukan untuk mengatasi rasa gugup.

  1. Mencari tahu profil dari pewawancara

Biasanya, pada tahap awal wawancara, recruiter atau orang yang merekrut akan memberitahukan nama orang dari sebuah perusahaan yang nantinya akan melakukan proses wawancara. Sobat Pintar bisa mencari tahu terlebih dahulu profil orang tersebut melalui berbagai media profesional.

Misalnya, Sobat Pintar bisa mencari tahu profil pewawancara tersebut melalui akun LinkedIn yang dimilikinya. Dari foto yang dipasang Sobat Pintar bisa membaca karakter pewawancara tersebut. Sobat Pintar bisa melihat apakah orang itu mempunyai kepribadian lembut, tegas, atau bahkan keras kepala.

Dengan demikian Sobat Pintar jadi bisa mempersiapkan diri dengan lebih matang dan mengantisipasi sikap yang ditunjukkan oleh pewawancara ketika nanti bertemu dengannya secara langsung.

  1. Buat interview lancar tanpa gugup dengan mempelajari pertanyaan

Sebenarnya, berbagai pertanyaan di setiap wawancara kerja tidak jauh berbeda. Sobat Pintar akan selalu menemukan pertanyaan seperti pengalaman kerja, detail pekerjaan sebelumnya, dan lain sebagainya. Tampaknya sederhana tapi jika tidak Sobat Pintar persiapkan jawabannya, rasa gugup akan muncul.

Sangat penting untuk mencari tahu berbagai pertanyaan yang seringkali diajukan ketika wawancara kerja. Buat interview lancar tanpa gugup adalah dengan mempersiapkan jawaban yang terkesan alami dan mengalir tanpa dibuat-buat.

  1. Berhati-hati dalam memilih jawaban

Setiap pelamar harus menjawab dengan jujur sesuai dengan kenyataan. Tapi Sobat Pintar harus memperhatikan nilai atau value dari jawaban yang Sobat Pintar ucapkan karena akan menjadi perhatian bagi pewawancara. Selalu hindari menjawab dengan menggunakan kata mungkin.

Ada pertanyaan menjebak, misalnya menceritakan kekurangan yang Sobat Pintar miliki. Dalam hal ini, Sobat Pintar sebaiknya tidak menyebutkan salah satu kekurangan Sobat Pintar yang bentrok dengan posisi yang Sobat Pintar inginkan. Misalnya hindari mengatakan bahwa Sobat Pintar boros jika melamar posisi accounting dan finance.

Dengan tenang ucapkan kekurangan Sobat Pintar yang tidak berhubungan dengan posisi yang dilamar. Tidak perlu berbohong karena berbohong akan membuat Sobat Pintar merasa gugup.

  1. Buat interview lancar tanpa gugup dengan menjaga sikap

Di berbagai momen penting seperti interview, Sobat Pintar perlu menjaga sikap seperti selalu sopan dalam berbicara, menjaga kontak mata serta bahasa tubuh. Hindari berbagai gerakan yang tidak perlu, misalnya merapikan baju, menyilangkan kaki, atau menggaruk kepala.

Gerakan tersebut akan mengganggu pemandangan pewawancara. Selain itu Sobat Pintar sendiri akan kehilangan rasa fokus dan malah merasa gugup sepanjang proses wawancara tersebut. Cara mengatasi gugup saat interview adalah duduk dengan tegak agar Sobat Pintar bisa bernafas dengan baik.

Jika Sobat Pintar bisa bernafas dengan baik dan lancar, Sobat Pintar bisa merasa lebih tenang dan tidak takut untuk menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan.

  1. Miliki pikiran yang positif

Cara mengatasi gugup saat interview yang satu ini sangat penting. Rasa takut bisa jadi menghantui Sobat Pintar mendekati hari interview. Tapi coba ciptakan pikiran yang positif sehingga semua pertanyaan bisa Sobat Pintar jawab dan atasi dengan sangat baik.

Ingat-ingat kelebihan yang Sobat Pintar miliki yang bisa berguna untuk perusahaan tempat Sobat Pintar melamar. Hindari memikirkan kelebihan dari para kandidat yang lainnya yang lebih hebat. Pikiran positif bisa membantu Sobat Pintar agar mampu menghadapi wawancara dengan percaya diri dan tidak gugup.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
09 Aug 2021
mobile-closeKredit PintarDownload