5 Cara dan Tips Melakukan Self Healing Agar Pikiran Lebih Positif

15 Jun 2021 by kreditpintar
5 Cara dan Tips Melakukan Self Healing Agar Pikiran Lebih Positif

Dalam diri manusia, seseorang bisa saja memiliki kondisi fisik atau mental yang buruk. Mental yang buruk bisa menghasilkan banyak keadaan psikologis lainnya, seperti stres, depresi, dan lain-lain. Untuk memulihkannya, Sobat Pintar bisa menggunakan self healing atau penyembuhan mandiri. Apa yang dimaksud dengan penyembuhan mandiri?

Penyembuhan mandiri adalah proses meredakan luka batin akibat adanya kelelahan emosi. Kelelahan emosi ini bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti kepergian orang terdekat, atau masalah lainnya. Kelelahan emosi ini juga bisa terjadi akibat terlalu pesimis dengan masa depan, kegagalan, dan lain-lain. Bahkan hampir sebagian besar manusia pernah merasakan kondisi ini dengan latar belakang yang berbeda. 

Metode Penyembuhan Mandiri

Jika Sobat Pintar sedang berada dalam situasi lelah terhadap emosi, ada baiknya untuk segera diobati. Ada beberapa metode tertentu yang bisa dilakukan secara mandiri tanpa bantuan orang lain. Jika masih bingung, berikut adalah penjelasan dari metode dalam cara melakukan penyembuhan mandiri.

1. Meluangkan Waktu Pribadi (Me Time

Metode pertama adalah dengan cara meluangkan waktu untuk diri sendiri. Ketika sedang berada dalam kondisi ‘bermasalah’, maka ada baiknya Sobat Pintar meluangkan waktu terlebih dahulu. Isilah waktu ini untuk memfokuskan diri pada kebahagiaan. Tujuan dari adanya me time ini adalah untuk menyediakan ruang di mana Sobat Pintar bisa bebas.

Tidak ada salahnya untuk memikirkan diri sendiri terlebih dahulu sebelum kembali ke berbaur dengan orang banyak. Selain itu, metode ini juga bisa meningkatkan kesadaran bahwa kehidupan yang Sobat Pintar jalani saat ini adalah penuh makna. Buatlah dirimu sebagai pusat dari kebahagiaan itu sendiri.

2. Mindfulness

Metode kedua adalah mindfulness atau dikenal juga sebagai berpikir dengan kesadaran penuh. Dalam kondisi ini Sobat Pintar dapat mengelola perasaan dan kondisi lingkungan lalu menghubungkannya ke berbagai titik dalam pikiran. Selain Itu, metode ini juga bisa berguna dalam memaknai setiap momen di kehidupan dunia.

Cara termudah untuk melakukan mindfulness adalah memfokuskan diri sambil memejamkan mata di tempat tenang. Lakukanlah pemfokusan tentang apa saja yang sudah dilakukan hingga detik ini. Metode ini juga bisa membuat Sobat Pintar lebih baik apabila dilakukan secara rutin sebelum beraktivitas.

3. Berdialog dan Berdamai Dengan Diri Sendiri

Lakukan dialog pada diri sendiri dan berusaha untuk berdamai. Dialog yang dimaksud disini adalah sebuah kondisi dimana Sobat Pintar mengatakan setiap yang ingin dikatakan. Dialog in bertujuan untuk melatih Sobat Pintar dalam mengatakan kejujuran pada diri sendiri. Lalu, bagaimana dengan berdamai? Jika Sobat Pintar sudah jujur dengan diri sendiri, maka berikutnya adalah berdamai. Setiap orang pasti memiliki pengalaman tidak menyenangkan tersendiri. Tapi, jangan biarkan hal tersebut mengambil alih seluruh dirimu. Ingatlah bahwa semua itu sudah terjadi. Sobat Pintar tidak perlu menyalahkan keadaan karena keadaan itu sendiri yang akan membantu Sobat Pintar dalam berkembang.

4. Self Compassion

Dalam penyembuhan mandiri, ada sebuah istilah yang sering disebut dengan self compassion. Artinya, ini merupakan sebuah kemampuan dalam diri manusia dalam memahami dan merespons setiap emosi dan penderitaan. Metode ini juga masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Tujuan dari self compassion ini adalah untuk meningkatkan rasa peduli terhadap diri sendiri. 

5. Menulis

Menulis bisa menjadi salah satu langkah yang baik untuk menghilangkan rasa lelah akibat emosi. Dengan menulis, Sobat Pintar bisa mengutarakan apa yang Sobat Pintar rasa secara langsung melalui pena dan kertas. Tulislah semuanya tanpa perlu khawatir soal tanda baca. Metode ini bisa digunakan untuk melatih Sobat Pintar agar bisa jujur terhadap diri sendiri. 

Tips Melakukan Penyembuhan Mandiri

Jika sudah mengetahui beberapa metode untuk melakukan penyembuhan terhadap kondisi mental, berikutnya adalah soal tips. Ada beberapa saran yang bisa dilakukan untuk membantu Sobat Pintar selama proses self healing. Berikut adalah beberapa poin di antaranya. 

1. Membuat Sugesti

Saran pertama adalah dengan memberikan sugesti yang bisa tertanam dalam diri Sobat Pintar seutuhnya. Sugesti ini bisa mendorong Sobat Pintar untuk terus berkembang dan berpikiran positif. Agar semua hal tersebut bisa terkabul, maka dibutuhkan sugesti yang positif pula. Contohnya adalah meyakinkan diri Sobat Pintar yang masih beruntung karena memiliki solusi dari masalah. 

2. Jaga Jarak dan Fokus Pada Diri Sendiri

Poin berikutnya adalah melakukan jaga jarak terhadap berbagai hal yang mampu mengingatkan Sobat Pintar terhadap peristiwa tidak menyenangkan. Lakukan juga jaga jarak sementara dengan beberapa orang untuk fokus terhadap diri sendiri. Selain itu, fokuskan saja perhatianmu ke hari ini sepenuhnya. Dengan begitu, Sobat Pintar bisa mengurangi dampak dari masa lalu maupun di masa depan nantinya. 

3. Biarkan Emosi Mengalir Dengan Sendirinya

Hal penting dalam melakukan self healing  adalah berusaha menerima semua yang terjadi, termasuk emosi. Biarkan emosimu mengalir dengan sendirinya, tidak perlu ditahan. Keluarkan semua rasa kecewa, amarah, dan emosi negatif lainnya agar Sobat Pintar merasa lebih tenang.

Untuk mendampingi, cobalah bersikap lembut terhadap diri sendiri. Jika biasanya Sobat Pintar mengkritik dan memaki diri sendiri karena merasa kesal, sekarang usahakan untuk menghindar. Perlakukan dirimu dengan penuh kasih sayang. Anggap saja seperti seorang teman atau orang lain yang harus Sobat Pintar jaga perasaannya. 

4. Izinkan Diri Sobat Pintar Untuk Berbicara

Jangan lupa untuk memberikan izin kepada dirimu untuk berbicara tentang masalah yang dihadapi. Carilah sosok teman atau orang yang benar-benar dapat dipercaya untuk menyimpan cerita. Bercerita kepada orang lain bisa membantu Sobat Pintar dalam proses penyembuhan mandiri. Hal ini juga mampu mempermudah diri dalam melepaskan masalah.

5. Izinkan Diri Sobat Pintar Untuk Memaafkan

Selain memberikan izin untuk berbicara, ada baiknya Sobat Pintar juga mengizinkan diri sendiri untuk memaafkan. Maafkanlah diri sendiri atau orang lain terlebih dahulu agar merasa lebih tenang. Poin ini akan berpengaruh besar terhadap proses penyembuhan. Berbeda dengan menunggu orang lain meminta maaf yang hanya akan menambah perasaan negatif Sobat Pintar.

6. Merawat Diri

Poin berikutnya adalah merawat diri, yaitu sebuah tindakan di mana Sobat Pintar memedulikan diri sendiri. Contoh hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengatakan tidak untuk melakukan hal tidak menyenangkan, berpendapat, dan menetapkan batasan. Sobat Pintar juga bisa memfokuskan pada kebutuhan diri sendiri terlebih dahulu agar merasa lebih baik lagi.

7. Mencari Bantuan Dari Ahli

Poin terakhir adalah meminta bantuan pada orang yang memang sudah ahli di bidangnya. Sobat Pintar bisa mengunjungi psikolog atau konselor untuk berkonsultasi. Minta bantuan pada mereka untuk melepaskan diri dari rasa lelah akibat emosi. Hal ini akan sangat membantu mengingat mereka adalah orang ahli dan tahu mengenai apa saja yang harus dilakukan. 

Itulah penjelasan tentang self healing, metode dan saran dalam melakukan penyembuhan mental diri sendiri. Jika Sobat Pintar ingin mengunjungi psikolog juga tidak ada salahnya. Hanya saja Sobat Pintar mungkin akan dikenakan sedikit biaya. Jika membutuhkannya secara cepat, cobalah untuk menghubungi Kredit Pintar. Kredit Pintar adalah layanan pinjaman instan yang melayani seluruh Indonesia. Pinjaman instan tersedia dalam bentuk tunai yang bisa digunakan untuk kebutuhan apapun.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk