4 Tips Ampuh Dapatkan Konsultan Keuangan Handal!

06 Sep 2021 by Laruan

Di sekolah kita mungkin belajar akuntansi dan ekonomi, namun mengertikah Sobat Pintar bagaimana mengelola uangmu sendiri ketika sudah mendapat pemasukkan tetap? Bagaimana Sobat Pintar bisa mendapat rumah yang harganya 100 kali gajimu disaat Sobat Pintar juga harus memiliki mobil yang seharga 50x gajimu? Tentu Sobat Pintar tidak perlu menunggu 20 tahun baru bisa memiliki rumah dan mobil kan untuk bisa disebut ‘mapan’. Saatnya Sobat Pintar mengenali berbagai jenis solusi yang bisa ditangani oleh konsultan keuangan.

Apa Itu Konsultan Keuangan?

4 Tips Ampuh Dapatkan Konsultan Keuangan Handal!

Seorang profesional dalam masalah keuangan pribadi yang senantiasa membantu dompetmu tidak boncos adalah Konsultan Keuangan. atau financial advisor. Seorang financial advisor sebenarnya sudah sering kita temui, baik itu seorang agen asuransi, broker saham, hingga papa Sobat Pintar sendiri yang sudah jatuh bangun gagal membangun usaha. Tugas-tugas yang sepatutnya ditangani adalah sebagai berikut:

Lindungi Kartu SIM dari Penipuan SIM Swap!

  1. Analisa situasi dan kondisi keuanganmu.

Bersama dengan financial advisor, Sobat Pintar akan mendiskusikan berbagai topik, seperti berapa uang yang akan Sobat Pintar tabung, rekening bank apa yang Sobat Pintar butuhkan, jenis asuransi terbaik untukmu dan keluarga, perpajakan hingga perencanaan kepemilikan properti.

2. Mendidikmu dalam pengetahuan finansial

Sebagai konsultan adalah menjadi pendidik juga, setidaknya untuk kliennya sendiri. Pertama-tama Sobat Pintar akan diberi dasar mengenai penganggaran dan menabung. Ketika Sobat Pintar sudah bisa mandiri terkait dua hal tersebut, maka Sobat Pintar akan dibantu terkait investasi, saham, asuransi, hingga pajak.

3. Membantu mencapai target keuangan. 

Diluar konsep “rejeki ga kemana”, bijak dalam mengelola uang juga bisa membantu Sobat Pintar untuk menghindari bangkrut di usia muda. Tentu Sobat Pintar ingin anak-anakmu sekolah setinggi mungkin, namun mungkinkah hanya ditunjang dengan gaji UMR saja? Cita-citamu dan keterbatasan bisa dibantu oleh financial advisor, yang berfungsi agar Sobat Pintar bisa mengalihkan jajan kopi susu-mu untuk menabung pendidikan anakmu ke New Zealand.

4. Membantu menghindari jebakan keuangan.

Baik dari pembelian properti atau saham hingga segala macam pinjaman online, bisa Sobat Pintar konsultasikan dengan financial advisor mana yang benar dan mana yang tipu-tipu. Seorang financial advisor yang kredibel akan senantiasa membantu Sobat Pintar menjauhi jatuh ke keputusan-keputusan buruk yang mengakibatkan Sobat Pintar bangkrut. 

5. Ikut andil dalam membangun usaha Sobat Pintar.

Financial advisor yang ahli dalam tata kelola finansial perusahaan bisa membantu Sobat Pintar dalam menelaah hingga memberikan nasihat tentang anggaran Sobat Pintar mencapai keuntungan yang lebih banyak dan kerugian yang minimal. 

Tips mencari Financial Advisor Terbaik

4 Tips Ampuh Dapatkan Konsultan Keuangan Handal!

Saat ini di Sosial Media  sudah mulai marak pengetahuan finansial secara gratis, bahkan semakin banyak anak muda yang masuk ke dunia investasi sejak pandemi berlangsung. Tetapi banyak pula korban para pom-pom yang menjebloskan mereka ke investasi abal-abal, sampai berhutang segala. Hindari ‘gali lubang tutup lubang’ dengan tips mencari financial advisor yang tidak abal-abal.

1. Memiliki sertifikat.

Setiap profesional pasti memiliki ijazah hingga sertifikat yang menunjukkan bahwa mereka kredibel dalam bidangnya. Begitu juga dengan financial advisor, bahwa terdapat dua jenis sertifikasi financial advisor. Yaitu yang memiliki keahlian di perencanaan keuangan atau Certified Financial Planner, dan Chartered Financial Analyst, atau financial advisor dengan kemampuan manajemen investasi hingga alokasi aset-aset Sobat Pintar.

2. Tanda Pelayanan Fidusiari.

Tanda Fidusiari adalah tanda bahwa financial advisor terikat akan hukum dalam segala jenis pelayanannya. Mereka tidak akan menyesatkan Sobat Pintar melakukan hal yang berlawanan dengan hukum di tempat pengesahan tanda Fidusiari mereka. 

3. Memiliki konsep yang sama dengan Sobat Pintar.

Kenali jenis financial advisor Sobat Pintar dari berbagai pengalamannya dan hasil dari klien-kliennya. Hindari financial advisor yang terlalu agresif dimana pendekatan Sobat Pintar terhadap uang lebih moderat.

4. Transparan.

Ketika memilih financial advisor yang paling tepat dengan Sobat Pintar, Sobat Pintar juga harus transparan akan apa yang ingin Sobat Pintar tuju, dengan kondisi keuangan yang Sobat Pintar miliki sekarang untuk financial advisor bisa bekerja dengan maksimal. Di lain pihak, Sobat Pintar juga wajib mengerti jasa financial advisor tersebut menawarkan layanan apa saja serta segala macam biaya tambahan yang mungkin bisa ditagih ketika Sobat Pintar dalam kontrak. 

Arungi dunia keuangan lebih dalam dan kenali berbagai tugas serta fungsi-fungsi berbagai macam jenis financial advisor. Disaat Sobat Pintar butuh solusi dana dadakan, maka Kredit Pintar jawabannya!

Berapa Besar Biaya Jasa Konsultan Keuangan?

1. Tipe Berbasis Komisi

Dengan mematuhi standar pelayanan keuangan, financial advisor biasanya bekerja berdasarkan komisi untuk produk yang mereka jual kepada klien. Ini berarti klien mungkin tidak pernah menerima tagihan dari financial advisor. Di sisi lain, mereka bisa berakhir dengan produk keuangan yang membebankan biaya lebih tinggi daripada produk serupa lainnya di pasar. Produk keuangan yang sama ini dapat mengakibatkan konsultan mendapatkan komisi yang tinggi.

2. Tipe Berbasis Biaya

Di bawah standar fidusia, konsultan menagih klien per jam atau sebagai persentase dari aset yang dikelola. Biaya persentase tipikal adalah 1%, sedangkan biaya tipikal per jam untuk financial advisor berkisar antara 15 juta hingga 100 juta. Biaya bervariasi menurut lokasi dan pengalaman konsultan. Beberapa konsultan mungkin menawarkan tarif yang lebih rendah untuk membantu klien yang baru memulai perencanaan keuangan dan tidak mampu membayar tarif bulanan yang tinggi. Biasanya, financial advisor akan menawarkan konsultasi awal gratis. Konsultasi ini memberikan kesempatan bagi klien dan penasihat untuk melihat apakah mereka cocok satu sama lain.

3. Tipe Kombinasi Biaya dan Komisi.

financial advisor juga dapat memperoleh kombinasi biaya dan komisi. Konsultan berbasis biaya dapat memperoleh uang untuk mengembangkan rencana keuangan untuk Sobat Pintar, sementara juga mendapatkan komisi untuk menjual produk asuransi atau investasi tertentu kepada Sobat Pintar.

Kapan Harus Memakai Jasa Konsultan Keuangan?

4 Tips Ampuh Dapatkan Konsultan Keuangan Handal!

Beberapa konsumen mungkin menolak gagasan membayar beberapa juta rupiah hanya untuk merencanakan, menganggarkan, dan menginvestasikan uang mereka, tetapi anggaplah sebagai investasi agar Sobat Pintar dan orang-orang terdekatmu hidup yang bahagia dan berkualitas lebih lama.

Seringkali, peristiwa tertentu mendorong seseorang untuk mendapatkan tips mencari financial advisor. Peristiwa ini biasanya melibatkan:rejeki tak terduga atau kerugian besar—atau peristiwa besar dalam hidup. Peristiwa tersebut adalah, ketika  akan pensiun dan bagaimana Sobat Pintar mau menghabiskan hidup dan warisan Sobat Pintar, ketika baru menikah atau baru bercerai, hingga ketika menyadari orangtua sudah mulai tua, dan sebagainya. Hal diatas bisa menjadi titik balik anda untuk menyadari bahwa pengelolaan keuangan yang tepat bisa menyelamatkanmu hingga keluargamu. 

Terakhir, saat memutuskan jenis dan cakupan saran yang mungkin Sobat Pintar perlukan dari financial advisor, penting untuk mengajukan pertanyaan yang tepat tentang kebutuhan uangmu sendiri dan menilai tingkat kenyamanan dalam mengelola keuangan sendiri. Tidak pula lupa, bahwa manajemen keuangan akan berbagai sumber pendapatan baik dari gaji atau pinjaman online bisa diatasi dengan lebih maksimal dengan menggunakan Kredit Pintar!

Cuan dari Rumah Dengan Jadi Partisipan Survey Berbayar!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload