4 Metode Mengatur Uang Paling Ampuh! Kamu Pakai yang Mana?

25 Nov 2020 by Edwin

Mengatur uang pribadi dalam skala bulanan bahkan hingga harian memang penting bagi kondisi keuangan Sobat Pintar. Tapi terkadang banyak orang yang terlalu percaya pada dirinya sehingga tak menghiraukan perencanaan keuangan pribadi mereka. Alhasil, tanpa strategi yang baik dalam mengatur uang, kondisi keuangan pribadi jadi berantakan! Ada yang tidak bisa menyisihkan uang untuk menabung, ada yang uang bulanannya habis sebelum waktunya, bahkan ada pula yang sampai harus berhutang karena tidak punya perencanaan keuangan yang matang.

4 Metode Mengatur Uang Paling Ampuh! Kamu Pakai yang Mana?

Berikut Kredit Pintar sudah mengumpulkan berbagai metode mengatur uang pribadi paling ampuh yang bisa Sobat Pintar coba:

Metode Amplop

Metode ini memang paling tradisional. Mengatur uang dengan amplop membuat Sobat Pintar membagi uang satu bulan dalam beberapa amplop untuk berbagai pengeluaran. Satu amplop bisa dipakai sebagai tempat uang untuk satu keperluan, misalnya untuk uang belanja keperluan bulanan. Dengan begini Sobat Pintar akan punya beberapa amplop untuk beberapa keperluan dalam satu bulan.

Kuncinya, satu amplop tidak boleh diganggu untuk pengeluaran lainnya. Nah, kalau ada satu amplop sisa, uangnya bisa digunakan untuk keperluan lain atau bisa juga ditabung.

Aplikasi pengatur uang

Kalau mau mengatur uang dengan cara yang lebih praktis, Sobat Pintar bisa menggunakan aplikasi pengatur uang yang sudah banyak tersedia di Google Playstore. Dengan aplikasi ini, Sobat Pintar bisa mencatat semua sumber pemasukan, mencatat pengeluaran secara detil, hingga menghitung sisa uang dan prediksi pengeluaran dengan sisa uang tersebut. Dengan aplikasi ini, Sobat Pintar bisa melakukan perencanaan keuangan bulanan dengan lebih mudah!

Skema 50/30/20

Skema mengatur uang ini sudah banyak digunakan dan terbukti ampuh untuk mengatur uang pribadi. Skema 50/30/20 akan membagi gaji bulanan Sobat Pintar ke dalam berbagai porsi yang sudah ditetapkan, seperti berikut:

  • 50% dari gaji harus dialokasikan untuk kebutuhan hidup selama sebulan. Porsi ini mencakup kebutuhan primer seperti tagihan tempat tinggal, uang makan, uang transport, hingga uang untuk beli pulsa dan paket internet.
  • 30% dari gaji merupakan dana flexible untuk hal-hal yang sifatnya hiburan, misal untuk nongkrong bareng teman, untuk nonton di bioskop, dan untuk beli barang-barang keinginan.
  • 20% dari gaji masuk dalam tujuan finansialmu, seperti untuk membayar hutang atau cicilan dan untuk ditabung.

Metode Snowball

Kalau Sobat Pintar punya hutang atau sedang mencicil sesuatu, maka mengatur uang dengan metode snowball merupakan cara yang paling tepat! Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat daftar hutang. Catat semuanya, mulai dari besar pokok hutang, besar bunganya, hingga jatuh tempo pelunasannya. Setelah itu Sobat Pintar bisa membayarnya sesuai urutan waktu pelunasan, atau bisa menggunakan Metode Snowball. Dengan metode snowball, Sobat Pintar diharuskan untuk membayarkan hutang mulai dari hutang dengan pokok terkecil, tanpa memerhatikan jatuh temponya. Sekilas memang metode ini tidak masuk akal, namun metode ini memberikan dampak psikologis positif selama proses pembayaran hutang. Ulangi terus proses ini secara bertahap hingga semua hutang terlunasi.


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan tips mengatur keuangan lain yang bermanfaat. Ingin mengenal Kredit Pintar lebih dekat?

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload