4 Cara Mengatasi Culture Shock di Kantor Baru

23 Jun 2021 by Laruan
4 Cara Mengatasi Culture Shock di Kantor Baru

Tidak semua orang mudah untuk beradaptasi, apalagi untuk mereka yang introvert. Lingkungan baru akan menjadi sebuah masalah dan beban bagi mereka yang sulit beradaptasi. Walaupun sebenarnya, sebagian besar dari kita yang notabene bukan introvert-pun butuh waktu untuk menyesuaikan diri dan bergaul dengan lingkungan baru. Kasus seperti ini seringkali kita hadapi ketika kita masuk ke sebuah kantor baru yang tentunya masih sangat asing bagi kita. Culture Shock pun tak bisa dihindarkan. Kita akan menemui berbagai hal baru yang mengejutkan mulai dari kebiasaan di kantor baru, etos kerja, maupun cara berkomunikasi. Hal ini wajar sekali untuk dialami karena sifat dasar manusia yang menyukai kenyamanan dan kurang menyukai hal baru. Namun, kita harus melawan sikap ini agar segera beradaptasi dan berbaur dengan teman sekantor kita. Lantas bagaimana cara mengatasi culture shock di kantor baru? Berikut ulasannya.

1. Cari dan Dekati Teman Satu Divisi 

Cara mengatasi culture shock di Kantor Baru yang pertama adalah cari dan dekati teman satu divisi. Circle atau ruang lingkup pertama yang dapat Sobat Pintar jangkau adalah teman sejawat Sobat Pintar. Tidak mudah untuk akrab dengan orang yang tidak satu frekuensi pekerjaan dengan Sobat Pintar. Jadi mulailah untuk mendekati teman satu divisi. Siapa pun itu tanpa melihat ras dan agama. Perbanyak diskusi dan komunikasi. Lalu ajak dia untuk makan bersama atau menghabiskan waktu bersama di jam istirahat kantor. Mulailah dari relasi yang kecil, seiring dengan berjalannya waktu relasi Sobat Pintar akan bertambah banyak. 

2. Pelajari Budaya atau Kebiasaan di Kantor Baru

Kebiasaan karyawan di setiap kantor pasti berbeda-beda. Jika Sobat Pintar sudah mendapat satu rekan satu divisi, cobalah untuk mempelajari culture di kantor baru dari dia. Coba ajukan sejumlah pertanyaan guna menggali informasi mengenai kebiasaan, rutinitas bahkan larangan tak tertulis yang ada pada kantor baru tersebut. Sediakan waktu santai untuk berbincang mengenai hal ini dengan rekan dan relasi kecil yang Sobat Pintar miliki.

3. Jangan Terlalu Sensitif  

Cara mengatasi culture shock di Kantor Baru yang ketiga adalah tidak bersikap sensitif. Jangan menunjukkan siapa diri Sobat Pintar di hari pertama Sobat Pintar kerja. Bukan berarti Sobat Pintar menjadi orang lain juga. Jangan terlalu apa adanya dan sensitif. Dengan demikian, Sobat Pintar akan jauh lebih mudah untuk beradaptasi. Di hari pertama, Sobat Pintar akan dikejutkan dengan berbagai kebiasaan dan sikap rekan kerja Sobat Pintar. Pada situasi seperti ini, Sobat Pintar harus menjaga sikap Sobat Pintar agar tidak sensitif atau terbawa perasaan. Candaan di setiap kantor pun berbeda. Cobalah untuk selalu melihat sisi positifnya sampai Sobat Pintar berhasil untuk beradaptasi. 

memperluas relasi

4. Memperluas Relasi 

Jika keberadaan Sobat Pintar sudah diterima oleh relasi kecil yang Sobat Pintar miliki. Kini saatnya Sobat Pintar mengekspansi diri ke relasi yang lebih besar. Coba cari teman divisi lain yang mungkin memiliki hobi yang sama seperti selera musik, selera film atau selera olahraga yang sama. Di fase-fase inilah, Sobat Pintar bisa menunjukkan siapa diri Sobat Pintar secara personal kepada orang lain. 

Cara mengatasi culture shock di Kantor Baru dapat Sobat Pintar lakukan secara natural dan jangan dipaksakan. Pada dasarnya, apa yang Sobat Pintar rasa adalah hal yang wajar dan hampir dialami oleh banyak orang. Memaksa diri untuk beradaptasi sekuat mungkin justru akan membuat situasi menjadi canggung dan kurang baik untuk kesehatan mental Sobat Pintar. Berusahalah untuk menerapkannya sewajar dan se-elegan mungkin.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
23 Jun 2021
mobile-closeKredit PintarDownload